HayuKaJabar kampanye untuk memajukan wisata Jawa Barat


Akhir akhir ini, sering kali kita menemukan sebuah hastag atau tanda pagar (tagar) #HayuKaJabar di sosial media seperti Twitter dan Instagram. #HayuKaJabar adalah sebuah program kampanye yang diinisiasi oleh Generasi Pesona Indonesia Jawa Barat ( GenPI Jabar). Sebuah komunitas penggerak pariwisata di Jawa Barat, yang dibentuk oleh Kementrian Pariwisata Indonesia pada Agustus 2016 lalu. Anggota GenPI terdiri atas anak-anak (berjiwa) muda yang selama ini aktif melakukan promosi pariwisata melalui media sosial seperti blog, facebook, twitter, instagram, path, dan lain lain. 
Menurut kang Ghera (koordinator GenPI Jabar) program HayuKaJabar ini merupakan wujud nyata aktifitas GenPI Jabar dalam upaya meningkatkan dan mempromosikan pariwisata Jawa Barat. Agar lebih banyak lagi wisatawan yang datang atau berkunjung ke Jawa Barat. Karena program program HayuKaJabar ini banyak meliputi beberapa cakupan, diantaranya trip, camping, market, kuliner dan merchandise.
GenPI merupakan pengejawantahan dari program program promosi wisata "go digital" yang tengah gencar dilakukan Kemenpar sebagai salah satu strategi pemasaran pariwisata Indonesia. Karena fokus promosi dalam dunia digital maka anggota GenPI ini sering dijuluki Laskar Digital Merah Putih.
Dan ketika ditanya kenapa harus ke Jawa Barat?? mungkin ini adalah beberapa alasan kuat kenapa harus memilih Jawa Barat sebagai destinasi wisata :
1. Jawa Barat adalah surga bagi pecinta kuliner
Dari mulai Peuyeum Bandung, Colenak, Batagor, Durian Majalengka, Nanas Subang, Tauco Cianjur, Moci Sukabumi, hingga Wajit Cililin yang sudah menjadi makanan khas di Jawa Barat.Belum dengan munculnya trend Brownies Amanda, Keripik Ma Icih, Keripik Karuhun, hingga sekarang ada Kunafe, Makuta, atau Princes Cake.

2. Jawa Barat identik dengan wisata alam
Kawah Putih Ciwidey, Gunung Tangkuban Parahu, Pemandian Air Panas Garut, Situ Patenggang, Situ Cileunca, Gleyster Cisolok Sukabumi, pemandian Cibulan Kuningan sebagian wisata alam yang sudah ada dari dahulu. Sekarang muncul beberapa wisata yang baru seperti Gunung Batu Lembang yang sangat cocok untuk pecinta advanture.Belum Stone Garden dengan gugusan batu batu jaman purba yang menyerupai taman.

3. Jawa Barat dan wisata sejarah
Jawa Barat tidak bisa dipisahkan dengan peristiwa sejarah yang ada di negeri ini, dari mulai penjajahan Belanda, Jepang, hingga sesudah kemerdekaan RI. Gedung Asia Afrika di Bandung yang saat berlangsungnya Konfrensi Asia Arika di jadikan tempat berlangsungnya konfrensi.Gedung Linggarjati Kuningan, Istana Presiden Cipanas Cianjur, Istana Bogor, Situs Batu Tulis Bogor, Mausoleum Van Motman Bogor, Keraton Kanoman Cirebon, Gedung Juang Tambun, Pemakaman Kerkoff Cimahi.

4. Jawa Barat serta wisata airnya
Provinsi Jawa Barat yang secara geografis terletak diantara Samudra Hindia di sebelah Selatan dan Laut Jawa di sebelah Utara, menjadikan sebagian wilayahnya berbatasan langsung dengan Laut dan Samudra. Di pesisir pantai utara ada Pantai Karang bolong, Pelabuhan Ratu, Ujung Genteng, Geopark Ciletuh Sukabumi. Pantai Apra, Jayanti di Cianjur Selatan. Pantai Rancabuaya, Santolo di Garut. Pantai Pangandaran, Batu Hiu, Batu Karas di daerah Pangandaran.

5. Jawa Barat dengan ratusan air terjun ( Curug )
Selain wisata alam seperti pantai, gunung, dan pemandangan alam lainnya, Jawa Barat juga mempunyai ratusan air terjun yang sangat indah. Curug Malela, Curug Ngebul, Curug Pelangi di Bandung Barat, Curug Sawer di Sukabumi, Curug Ciputri, Curug Ciherang, Curug Nangka, Curug Ciampea, Curug Cilember, Curug Padalarang di Bogor. Ada Curug Taraje di Garut, Curug Bentang, Curug Sadim, Curug Ponggang di Subang. Curug Cipurut, Curug Taraje, Curug Tilu di Purwakarta.

Jadi?? Mau nunggu apalagi?? HayuKaJabar buat kalian yang ingin menikmati berbagai wisata komplit di satu daerah tanpa harus berpindah pindah lokasi.



Postingan Populer