Perjalanan 51 Tahun Bimbo Berkarya Di Belantika Musik Indonesia

Sumber : wikipedia

Tepat pada tgl 15/12/2017 kemarin group musik legendaris asal bandung, Bimbo merayakan hari jadinya yg ke 51 tahun. Group yang beranggotakan Jaka Purnama Dajat Hardjakusumah (Jaka) , Muhammad Samsudin Dajat Hardjakusumah (Sam) , Darmawan Dajat Hardjakusumah (Acil) serta Parlina Hardjakusumah (Iin Parlina) sudah mengeluarkan 200 album dan 800 lagu dan mencetak 12 piringan emas. Lagu Kumis, Melati Dari Jayagiri, Flamboyan dan Tuhan adalah single single unggulan yang pernah dihasilkan oleh Bimbo.

Sumber : Youtube

Sumber : sumartono.ucoz


Mereka bersenandung tentang cinta. Bercanda dalam lagu, mulai soal kumis, tangan, mata, sampai calon mertua atau membuat satire sosial. Tetapi, Bimbo juga bicara tentang Tuhan lewat lagu Tuhan. Jika group musik lain nya lebih bertemakan lagu2 cinta, Bimbo justru memilih tema religius dan puitis. Selebihnya lagu-lagu cinta dan kritik sosial seperti lagu tante sun yang menyentil masalah korupsi direzim Soeharto sempat membuat Bimbo hampir berurusan dengan pihak berwajib.

Sumber : Google play
Awal mereka turun didunia musik tidak lepas dari hobi nyanyi Sam dan Acil yang dulu adalah pengagum Sam Saimun, penyanyi keroncong Indonesia terkenal di era 50'an. Album perdana mereka justru lahir di label Fontana Singapura dengan lagu Melati Dari Jayagiri karya Iwan Abdurachman sebagai single pilihan.

Hingga saat ini banyak lagu lagu dari Bimbo yang di recycle oleh musisi musisi di tanah air. Diantaranya lagu Tuhan, Lailatul Qadar yang di arransemen ulang oleh GIGI. Sajadah Panjang yang dibawakan kembali oleh Noah (Peterpan saat itu).

Nama Bimbo sendiri diberikan oleh Hamid Gruno, Sutradara TVRI. Bermula pada tahun 1967, ketika muncul di TVRI, band ini belum ada nama. Oleh Hamid Gruno disuruh memakai saja nama Bimbo, Artinya: Bagus laah! Sebab itu mereka pun pun kemudian selalu mengidentikkan diri dengan "Bagus". Sejak itu mereka menggunakan nama Trio Los Bimbos yang masih berbau Latin.

Bimbo pernah mendapatkan penghargaan "lifetime achievement award" di ajang SCTV Music Awards 2006 sebagai dedikasi mereka dibidang musik selama ini. Di ulangtahun nya yang ke 51 ini Bimbo berharap pembajakan karya karya musisi ditanah air bisa diberantas. Karena masih banyak sekali karya karya musisi yang begitu mudahnya dibajak dengan kemajuan teknologi saat ini.

Dan Bimbo juga masih menyayangkan konflik yang terjadi terhadap Palestina sampai dengan saat ini, kepedulian Bimbo akan Palestina sempat dituangkan kedalam sebuah lagu berjudul Yerusalem.

Walau usia para personil Bimbo sudah tidak muda lagi, namun dedikasi mereka terhadap musik tidak perlu diragukan lagi. Seperti kang Sam yang sudah berusia 75 tahun masih sanggup menyanyikan lagu lagu bernada tinggi, meski tarikan nafasnya tidak seperti dahulu.

”Menyanyi adalah media seni yang paling cepat menyentuh perasaan seseorang. Tanpa melalui kata-kata, seseorang bisa dibawa hanyut.”

Postingan Populer