Denmark bisa ditiru negara lain dalam memberantas korupsi

Betapa mengejutkan ketika saya membaca sebuah buku yang menerangkan bahwa Denmark ditempatkan sebagai negara paling jujur di dunia pada tahun 2014. Pasti anda pun bingung bahkan kaget, darimana sumber nya sehingga negaranya Michael Laudrup ini bisa dinobatkan menjadi negara paling jujur se-dunia??
Adalah  Transparency International (TI)  adalah sebuah organisasi Internasional  yang bertujuan memerangi kejahatan korupsi politik. Organisasi yang didirikan di Jerman pada tahun 1995 sebagai organisasi non pemerintah dan berstruktur organisasi demokratik. Publikasi tahunan terkenal yang diluncurkan TI adalah Laporan Korupsi Global. Coruption  Perception Index (CPI) 2014 yang dikeluarkan oleh TI menyebutkan Denmark menjadi negara yang mempunyai indeks persepsi korupsi terendah dengan skor yang dicapai  9.2 .
Tentunya semua hasil indeks tersebut bukan tanpa sebab, pemerintahan Denmark menerapkan beberapa kebijakan yang menurut saya bisa ditiru oleh negara negara berkembang, termasuk Indonesia. Diantaranya kebijakan pemerintahan Denmark yaitu :
- Transparansi di politik dan parlemen
- Transparansi dan akuntabilitas pemerintahan
- Sistem birokrasi yang efisien
- Lembaga ombudsman yang berjalan efektif
- Kebebasan pers dan pemanfaatan keterbukaan teknologi informasi
- Gaya hidup politikus dan pejabat pemerintah yang sederhana
- Fleksibilitas tenaga kerja
- Jaminan sosial dan pelayanan sosial yang baik
- Kesenjangan soisal rendah ( kesejahteraan, pendidikan, dan penghormatan terhadap Hak Asasi   Manusia, semua berada dalam level yang baik)
Dan tidak ada kata malu ataupun terlambat untuk merubah kondisi negara ini, bukan negara lain yang akan merubah kondisi negara kita kecuali kita kembali dijajah seperti dahulu. Dukung pemerintahan yang bersih sehat dan bekerja nyata memberantas korupsi, karena semua tidak akan terwujud tanpa adanya bahu membahu antara rakyat dan pemerintah. Seperti layaknya lidi yang akan sangat sulit untuk membersihkan kotoran jika hanya beberapa buah, berbeda ketika semua lidi disatukan menjadi sebuah sapu lidi. Karena semuanya akan kuat jiga bersama. We strong together !!!

Popular Posts