Hokben Luncurkan Menu Baru Perpaduan Kuliner Indonesia dengan Jepang


Indonesia yang kaya akan rempah rempah sudah tidak terbantahkan sejak jaman dahulu sebelum negeri ini merdeka. Salah satu yang menjadikan Indonesia terkenal dimata dunia adalah kuliner khas nya, dan yang menjadi ciri khas Indonesia adalah sambal. Sebagai pelopor makanan khas Jepang, baru-baru ini Hokben kembali berinovasi meluncurkan 3 menu baru sekaligus yang diberi nama Hoka Suka. Hoka Suka adalah menu baru Hokben yang  berkonsep menyatukan kuliner dua negara, yaitu Jepang dan Indonesia. Kenapa? Karena selain meluncurkan menu baru, Hokben juga meluncurkan aneka sambal khas Indonesia sebagai teman menu barunya.
 
 
Bertempat di Hokben Jl. Pasirkaliki No 160 Bandung, salah satu gerai dari Hokben yang mempunyai konsep outdoor yang berbeda dengan outlet hokben lain nya. Disini berkumpul para Blogger Bdg yang akan mendapatkan penjelasan serta mencicipi langsung menu baru dari Hokben ini. Sebelum acara icip icip dimulai, para blogger ini diberi penjelasan mengenai sejarah singkat berdirinya Hokben oleh Kartina Mangisi selaku ComDiv Head Hokben. Hoka Hoka Bento yang berdiri sejak tahun 1985 di Jakarta, dan pada tahun 2013 berganti nama menjadi Hokben. Merupakan restoran cepat saji yang berfokus pada makanan Jepang tetapi tetap mempertahankan citarasa nusantara pada setiap menu yang disajikan.
Pada tahun 2008, Hoka Hoka Bento memperoleh sertifikasi halal dari MUI untuk memberi kenyamanan lebih kepada customer Indonesia yang notabenenya sebagai negara dengan mayoritas muslim terbesar di dunia. pada tahun 2017, Hokben kembali mendapat Sertifikat Jaminan Halal (SJH) yang berarti semua bahan, proses produksi, sumber daya manusia sampai prosedurnya dipastikan menghasilkan kehalalan secara berkesinambungan dan konsisten.
Menu terbaru dari Hokben ini terdiri dari Hoka Suka 1, Hoka Suka 2, dan Hoka Suka 3. Hoka Suka 1 ini terdiri dari nasi, kentang kering, acar kuning dan Yakitori Grilled. Nah Yakitori Grilled ini adalah potongan daging ayam yang ditusuk seperti sate terus dipanggang. Biar isinya cuma ada 3 dalam satu paket, tapi menurut saya porsinya cukup  pas karena ukuran satenya lumayan gede-gede.
 
Nah untuk Hoka Suka 2 ini isinya ada nasi, kentang kering, acar kuning, dan Ebi Furai. klo ada yang belum tau apa itu Ebi Furai, Ebi Furai adalah udang yang digoreng tepung. Dalam paket Hoka Suka 2 ini ada 3 buah Ebi Furai. Untuk Hoka Suka 3 didalamnya ada nasi, kentang kering, acar kuning, dan Chicken Katsu. Kalau Chicken Katsu ini adalah ayam fillet goreng tepung. Ada 5 potong Chicken Katsu dalam satu porsi, jadi dijamin ga bakal kurang lauknya. Jadi didalam Hoka Suka ini dipadukan makanan Jepang seperti Chicken Katsu, Ebi Furai, dan Yakitori Grilled dengan makanan khas Indonesia yaitu Acar kuning dan kentang kering (kalo di bandung lebih biasa desebut MUSTOPA). FYI setelah nyobain menu Hoka Suka ini yang ga kebayang tuh adalah citarasa Acar kuning, ini yang jadi catatan saya. Kenapa? karena Hokben ini adalah restoran Jepang yang menurut pandangans sebagian orang pasti akan seadanya dalam mengolah masakan khas seperti acar kuning ini. Tetapi yang saya dapat justru lebih dari  ekspektasi, bumbu yanga ada didalam acar kuning ini sama seperti masakan rumahan yang ibu saya biasa masak. Bumbunya itu lekoh kalo kata orang sunda mah.
Nah untuk sambal yang dihadirkan dalam menu hoka Suka ini, Hokben menawarkan 3 jenis sambal Nusantara. Yang pertama Sambal Hijau dari Sumatra Barat, yang kedua Sambal Bawang dari Jawa, dan yang ketiga Sambal Matah dari Bali. Ketiga sambal tersebut menambah citarasa masakan yanga ada dipaket Hoka Suka. Semua sambalnya sangat enak dan gurih, tetapi saya lebih suka sambal hijau nya hehehe. Oh iya jiga para pembeli yang mau beli sambalnya secara terpisah tidak dengan paket Hoka Suka, ini bisa juga dibeli secara terpisah. CUkup dengan Rp 5.000,- saja, sudah bisa merasakan enaknya ketiga sambal nusantara ini. 


Disela sela acara diadakan juga beberapa games menarik seperti membuat ikat kepala khas Bali atau biasa disebut Udeng. Para peserta diberi tutorialnya terlebih dahulu sebelum membuat Udeng, dan akhirnya mereka berhasil membuat Udeng tersebut dan berhak mendapatkan hadiah hiburan dari Hokben. Oh iyaa Hokben Paskal 160 ini juga bukan hanya sekedar konsep store nya yang cukup berbeda, selain diapit oleh public service seperti RS. hasan Sadikin di sebelah utara, Bandara Husein Sastranegara di sebelah Barat, dan Statsiun Kereta Api bandung di sebelah Timur. Sehingga pihak Hokben sebisa mungkin memberikan layanan lebih untuk para pelanggannya.


Itu bisa terlihat dari beberapa ornamen yang pasti ada disetiap outlet Hokben dimanapun yang biasa disebut Hokben Community Pattern.HokBen Community Pattern yaitu terdiri dari simbol Parent and Kids, Welcoming Hello, Friendship, Respect dan Pride. Seperti Parent and kid, Hokben selalu menajdi tempat keluarga berkumpul, sering kali kita melihat banyak keluarga bersama anak anaknya menghabiskan waktu untuk makan dan berkumpul di Hokben.Seperti di Hokben Paskal 160 ini juga memberikan beberapa layanan tambahan untuk memuaskan para pelanggan nya. Selain kapasitas 150 seating area dan lesehan, disini juga ada smoking area yang dikhususkan bagi pelanggan yang merokok tapi sambil ingin menikmati menu dari Hokben. Layanan dine in, Take away, To Large Order, Delivery Service, Birthday party, dan bahakn sekarang bisa order hokben lewat Hokben Apps dan Go Food juga.
Foto : Blogger Bdg







Popular Posts