Sinergitas Pentahelix Pariwisata di Festival Patarema Bandung Barat 2018

Dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Bandung Barat yang ke 11, Disparbud KBB dan Disparbud Prov Jabar bekerjasama dengan BEKRAF RI, Pusbangfilm Kemendikbud RI dan Kementerian Pariwisata RI menyelengarakan PATAREMA Festival Bandung Barat, 6-8 Juli 2018 bertempat di Bale Pare dan Mason Pine Hotel, Kota baru Parahyangan dan Plaza Mekarsari Komplek Pemda Kab Bandung Barat.
Kata Patarema ini sendiri diambil dari bahasa sunda buhun yang mempunyai arti patepa tepa (saling berkaitan). Jika dilihat dari sisi kepariwisataan ini merupakan sinergitas antara semua element Pentahelix ABCGM (Academic, Business, Community, Goverment, dan Media).
Kegiatan Patarema Festival ini meliputi beberapa kegiatan, antara lain  :
1.Festival Soto Nusantara,
2.Festival Film Turisme
3.Festival Musik Bambu
4.Pesta Bunga dan Budaya (helaran budaya dan festival bunga)
5.Pameran Ekonomi Kreatif
6.Ngopi Bareng
Perkembangan ekonomi kreatif di Bandung Barat terus menunjukkan pertumbuhan yang positif dalam 3 tahun terakhir. Hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya masyarakat yang bergerak dalam ekonomi kreatif dan menunjukkan eksistensinya dalam menampilkan produk-produk yang inovatif dan penuh dengan kreatifitas.
Ada sekitar 8 dari 16 sub sektor ekonomi kreatif yang telah berkembang dengan baik di Bandung Barat, diantaranya adalah : Sub Sektor Kuliner, Film, Fashion, Kriya, Musik, Seni Pertunjukan, Desain Produk dan Seni Rupa.
Menurut KaDisparbud Bandung Barat Dra. Sri Dustirawati M.Si event seperti Patarema Festival ini sangat diperlukan untuk merangsang perekonomian melalui masyarakat ekonomi kreatif dan para stakeholder.
Acara Patarema Festival ini dimeriahkan oleh festival musik bambu, suguhan tari dari beberapa sanggar tari di KBB, fashion show, dan di acara Puncak penampilan Band asal Bandung Java Jive, serta demo memasak oleh Chef Juna dalam rangka pemecahan rekor MURI untuk penyajian 200 varian soto nusantara.
Kedepannya Patarema Festival ini diharapakan menjadi event tahunan bukan hanya dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan saja, tetapi bisa menjadi event pemerintahan Kabupaten Bandung Barat.

Popular Posts