Fairy Garden Mendorong Desa Wisata Cibodas Dengan Event Flower Shows and Farmer Market 2018


Salah satu bentuk dari Corporate Social Responsibility (CSR) suatu perusahaan adalah Corporate social marketing yaitu upaya perusahaan memberi dukungan pada pembangunan dan/atau pelaksanaan kegiatan yang ditujukan untuk mengubah sikap dan perilaku dalam rangka memperbaiki kesehatan masyarakat, pelestarian lingkungan dan lain-lain.

Itulah yang ditunjukkan oleh Fairy Garden sebuah wahana wisata yang berada di Desa Cibodas Lembang ini, meskipun baru berjalan beberapa bulan bahkan belum di launching secara resmi. Tergabung bersama The Lodge Maribaya dan Mulberry Hill dalam The Lodge Foundation, Fairy Garden ingin memberikan dampak positif terhadap lingkungan di sekitar mereka berada.
Salah satunya dengan menggelar event Fairy Garden Flower Shows and Farmer Market pada tanggal 19 - 21 Oktober 2018. Event ini mempunyai tujuan supaya lebih memperkenalkan potensi Agro Wisata yang ada di Kabupaten Bandung Barat khususnya Desa Cibodas Kecamatan Lembang.
Kegiatan yang menggandeng para petani sayuran dan buah buahan di Desa Cibodas juga petani bunga di Desa Cihideung Kecamatan Parongpong. Serta beberapa tempat wisata terdekat seperti Rumah Belanda, Maribaya Resort, dan diisi dengan talkshow dari Le Cordon Hydroponic, Vicea Orchid, Kandura Ceramic Pottery, serta Larch Studio Landscape.
Menurut Heni Smith owner dari The Lodge Foundation, sengaja pihaknya bekerja sama dengan beberapa pihak pengelola pariwisata di daerah Lembang ini. Selain untuk lebih meramaikan kegiatan, cara ini menjadi salah satu pelopor untuk menggerakkan Desa Cibodas menjadi sebuah Desa Wisata.
Para pengunjung pun sangat antusias melihat langsung beberapa kegiatan seperti talkshow dengan Larch Studio yang memberikan tips and trick dalam mendekorasi ruangan menggunakan tanaman. Apalagi seperti kamar kamar kost untuk para mahasiswi dan yang mempunyai rumah minimalis.
Selain itu ada penampilan budaya dan kesenian yang ditampilkan oleh para pemuda sekitar Fairy Garden yang tergabung kedalam The Lodge Foundation. Yang menarik dari The Lodge Foundation ini terdapat program beasiswa untuk anak-anak yang berprestasi dan kurang mampu. Serta memberikan ekstra kurikuler Bahasa Inggris di seluruh SD se Cibodas yang tenaga pengajar nya merupakan karyawan dari The Lodge Foundation.
Dalam bidang seni dan budaya, pihak The Lodge Foundation telah membuat sanggar tari " Nuwala Academy " yang memberikan pelatihan tari untuk anak-anak di Cibodas. Bukan hanya itu, dalam bidang lingkungan hidup telah terlaksana program Bank Sampah dan bukan hanya mengolah dan menampung sampah dari obyek wisata di The Lodge Foundation, tetapi juga menampung sampah dari masyarakat di Desa Cibodas juga.
Marcomm The Lodge Foundation Fauziah juga menjelaskan bahwa pihaknya tidak hanya mengejar money oriented saja, tapi ingin lebih banyak memberikan manfaat dengan keberadaan obyek wisata di daerah Cibodas ini. Terbukti dengan penyerapan tenaga kerja yang hampir 90 persen nya adalah masyarakat sekitar. Juga pihak Fairy Garden ingin lebih bisa dinikmati semua golongan bukan hanya anak-anak ataupun dewasa. Tetapi juga para ibu-ibu pengguna roda bayi dan para disability.

Comments

Popular Posts