Deklarasi TMBB SMP Negeri 3 Cipatat


"Tuntutlah ilmu walaupun harus ke negeri China" 
Sebuah pepatah yang menggambarkan betapa pentingnya kita mencari ilmu yang diibaratkan kita harus mengejarnya walaupun jauh ke negeri china sana. Seperti itulah harapan dari Ibu Ati rosmiati, S.Pd, M.Pd Kepala sekolah SMP Negeri 3 Cipatat tentang pentingnya belajar dalam hal ini membaca.

Ketika dahulu orang orang yang ingin menuntut ilmu terkendala oleh jarak, biaya, dan tertinggal nya teknologi. Tidak seperti saat ini, anak anak generasi milenial tinggal merasakan kemudahan untuk menuntut ilmu.

Tetapi melihat fakta bahwa Indonesia termasuk lima besar pengguna smartphone dunia, tapi tingkat literasinya kedua terbawah setelah Botswana di Afrika sungguh membuat kita tercengang. Ini adalah hasil riset World's Most Literate Nation yang dipublikasikan pertengahan tahun lalu. Dari 61 negara yang dilibatkan dalam studi tersebut, Indonesia menempati urutan ke-60 soal minat baca masyarakatnya.

Dari itu pihak Kabupaten Bandung Barat melalui Dinas Pendidikan menggulirkan program TMBB ini untuk 7 bulan kedepan yang bertujuan meningkatkan minat baca (Literasi) para siswa serta menciptakan sekolah sekolah aspiratif. Sehingga dengan budaya membaca akan memunculkan insan insan  yang profesional dan mempunyai 5 unsur yaitu :

- Value : pendidikan berfungsi sebagai penanaman nilai-nilai kepada peserta didik, dengan membaca diharapkan tumbuh karakter positif baik pada anak-anak maupun warga sekolah. Sasaran gerakan literasi sekolah adalah seluruh warga sekolah mulai dari pinpinan sekolah, guru, staf tu dan juga anak anak. untuk itu kita sebagai pendidik harus memvalidasi buku-buku yang akan dibaca oleh anak-anak, supaya benar-benar dengan membaca tertanam nilai nilai positif kepada peserta didik.
- Attitude : sikap, tingkah laku atau perilaku seseorang dalam berinteraksi ataupun berkomunikasi dengan sesama manusia. Dengan banyak membaca diharapkan tumbuhnya sikap sopan santun, saling menghargai dan menjungjung norma-norma dalam masyarakat. sehingga sikap dan perilaku kita sesuai dengan tatanan dan norma-norma yang berlaku dimasyarakat.
- Habits : dengan kegiatan literasi yang dilakukan setiap hari diharapkan akan tertanan pembiasaan yang baik, dan kedepannya membaca akan menjadi budaya dikalangan masyarakat kita.
- Skill :  dengan banyak membaca akan menambah pula keterampilan hidup, untuk menjadi seorang yang terampil yang memiliki keahian khusus pada bidang tertentu haruslah melalui latihan dan belajar dengan tekun supaya dapat menguasai bidang tersebut dan dapat memahami dan mengaplikasikannya. dengan banyak membaca tentunya akan menambah pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki.
- Knowledge : dengan membaca pasti bertambah pengetahuan yang didapatkan. dari pengalaman pengalaman-membaca ini bisa menjadi bekal hidup dikemudian hari.

Dan bertempat di situs purbakala Guha Pawon pada hari Sabtu, 9 Februari 2019 telah dideklarasikan TMBB SMP Negeri 3 Cipatat tahun 2019 dengan Ibu Yetty Laelawaty, S.Pd sebagai koordinator TMBB. Diharapkan para murid yang terpilih bisa menularkan budaya membaca kepada teman teman di sekolah khususnya dan semua orang pada umumnya.

Comments

  1. Mantap! Deklarasi TMBB SMPN 3 Cipatat, Mantap! Literasi nyata tingkatkan, nilai-nilai, attitude, habbits, skill, dan knowledge . Keren!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts