Semarak Festival Internasional Good France 2019 di Bandung


Sebagai bentuk dukungan dan apresiasi gastronomi Prancis yang diakui sebagai warisan budaya dunia UNESCO dan juga mengapresiasi nilai - nilai luhur yang terkandung didalamnya yaitu semangat berbagi, kebersamaan serta sikap kepedulian akan lingkungan hidup, Kedutaan Besar Prancis di Indonesia serta Institut Prancis di Indonesia (IFI) berkolaborasi dengan Badan Pariwisata Prancis Atout France menggelar rangkaian acara festival gastronomi internasional Prancis Good France.

Acara yang dilaksanakan secara serentak dibeberapa kota besar Indonesia pada 21 Maret 2019 yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, dan Manado. Menurut Duta Besar Prancis untuk Indonesia Jean-Charles Berthonnet acara Good France ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2015.



Acara ini diselenggarakan dalam rangka merayakan vitalitas gastronomi Prancis yang menjadi wadah dan penghubung nyata antara para chef diseluruh dunia. Pada tahun 2018 saja 3.500 restoran berpartisipasi dalam Good France yang juga diikuti 156 Kedutaan Besar Prancis dan Konsulat di 152 negara.

Di Bandung sendiri acara yang berlangsung di The Peak Connoisseurs Mercure City Center ini diikuti 15 restoran yang berpartisipasi dalam perayaan cita rasa Prancis Good France 2019.


Acara yang dihadiri blogger, vlogger, serta dari berbagai media turut meramaikan kegiatan yang diisi beberapa restoran terkenal seperti The Peak Connoisseurs, Intercontinental Bandung Dago Pakar, The 18th Restaurant (The Trans Luxury Hotel), Bellevue (G.H Universal Hotel), Porto Bistreau, Missbee Providore, Hummingbird Eatery, The Larder at 55, Mom's Bakery, Greens and Beans, Kiputih Satu,Apero Coffee Shop, Lou Lou Patisserie, Armor Yogurt, dan Chep Nike Kuemanis.


Menurut Ricky Arnold Yuniarto, Penanggung Jawab Bidang Budaya dan Komunikasi IFI Bandung, acara Good France ini adalah salah satu cara memperkenalkan budaya dan gastronomi Prancis di Indonesia khususnya Kota Bandung. Selain itu pihaknya juga ingin memperkenalkan masakan Provence yang menjadi tema dalam Gout de France tahun ini.

Dan juga tahun 2019 ini Provence akan menjadi tujuan wisata gastronomi dunia dengan dukungan Departemen Bouches-du-Rhone dan Dinas Pariwisata Marseille untuk pertama kalinya meluncurkan Marseille Provence Gastronomie (MPG) 2019.

Comments

Popular Posts