Terjebak Nikmatnya Gohu Ikan dari Ternate


Sajian kuliner berbahan dasar ikan mentah khas Jepang atau lebih dikenal dengan sashimi memang menjadi sajian kuliner yang menarik bagi sebagian orang pecinta kuliner. Termasuk saya sendiri yang selalu ingin mencoba kuliner khas suatu daerah ketika sedang travelling.

Ketika mengunjungi daerah daerah di tanah air yang pertama saya tanyakan ke orang orang setempat adalah makanan atau minuman khas dari daerah tersebut baru setelah itu mencari destinasi wisata nya.

Seperti yang baru saja saya kunjungi yaitu kota Ternate di Provinsi Maluku Utara ini. Ternate merupakan kota ke 3 di wilayah Indonesia bagian Timur setelah Banda Neira dan Ambon.

Ternyata di Indonesia tepatnya di daerah Ternate Maluku Utara ada sajian yang menyajikan kuliner berbahan dasar ikan mentah alias Sashimi. Sashimi ala Ternate ini  sering disebut Gohu Ikan. Ikan yang biasa digunakan adalah ikan tuna atau cakalang.

Cara membuatnya pun sangat mudah. Daging tuna mentah dan segar dipotong kecil-kecil dan dicincang lalu cuci sampai darahnya hilang. Meski tidak dimasak di atas api, daging tuna yang kemerahan akan menjadi putih karena disiram dengan perasan lemon cui. Daging ikan itu nantinya akan masak karena pengaruh perasan air lemon.

Agar rasanya lebih nendang, tambahkan bumbu seperti bawang merah, cabe dan kacang tanah. Haluskan bumbu tadi lalu tumis dengan minyak kelapa. Siramkan bumbu tersebut di atas ikan yang sudah dicincang. Tambahkan sedikit irisan daun kemangi agar aromanya makin sedap.

Gohu ikan ini biasanya disantap dengan ditemani singkong rebus atau pisang santan. Saya sendiri lebih menyukai gohu ikan ini untuk mengisi perut dibanding makan dengan nasi seperti biasa. Dan alhasil saya bisa nambah 2x untuk makan gohu ini hehehe.

Kandungan dari gohu ikan ini banyak mengandung protein, omega 3 dari ikan tuna dan cakalang, serta karbohidrat dari singkong. Gohu ikan ini lebih nikmat ditemani secangkir teh manis hangat. Jadi kapan kalian mencoba makanan tradisional dari seluruh Nusantara??

Komentar

  1. paling seneng berkunjung ke kota lain dan menemukan kuliner khasnya. inisepertinya enak banget bikin mendadak laper

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha sama seperti saya, Klo berkunjung ke suatu daerah yang pertama dicari itu kuliner, sejarah, atau tempat wisatanya

      Hapus
  2. ternate di kelilingi laut yang kaya ikan ya. untuk mencari ikan tuna atau ikan2 lain. sudah pasti banyak makanan khas dari ikan salah satunya ini ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupp betul banget, ini jadi salah satu kuliner khas ternate yang sangat khas dengan ikan cakalang atau tongkol nya

      Hapus
  3. makan ikan mentahnya pakai cocolan saos apaan neh mas? kl ikan tuna mentah tuh memang enak banget dah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada sambal dari irisan bawang dan cabe rawit yang nambah seger makan gohu nya

      Hapus
  4. Luar biasa memang kuliner Indonesia, nggak ada habisnya untuk dieksplor.
    Saya saja baru tahu soal Gohu Ikan ini. Terimakasih sudah berbagi cerita ;)

    Regards,
    HEYDEERAHMA.COM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama dee, kekayaan ikan laut di kita sangat besar. Ini bisa jadi salah satu potensi kuliner unggulan di ternate.

      Hapus
  5. Wahhh gokil seru banget nih kayaknya. Gimana ya rasanya Gohu ikan ini? Jadi kepengen...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awal awal pasti disangkanya kaya sushi, tapi asli rasanya gak kaya ikan mentah dijamin hehehe

      Hapus
  6. Bedanya cuma engga dimasak pakai api, tapi matang akibat perasan lemon, apalagi disiram tumisan sambal bawang panas. Rasanya sepertinya segar ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah betul banget mba. Apalagi ditambah teh tawar hangat.... Nampol rasanya

      Hapus
  7. Wah jangan-jangan sashimi justru terinspirasi dari gohu ikan ya
    Itu pasti lezat banget deh ketemu sama singkong rebus. Duuh ngiler saya bayanginnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe bisa jadi. Ini makanan sehat yang asli bakalan bikin ketagihan

      Hapus
  8. Gohu ikan ini ternyata mudah juga kita buat sendiri. Ditemenin simgkong gimana caranya nih? Harus ada yg ngerem nih saking enaknya jadi mau lagi dan lagi. Oh, cocoknya minum teh tawar panas ini mah :) Banyak mengandung omega 3 dan vitamin lainnya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha asli bisa nambah berapa porsi kalo gak direm. Makannya kaya biasa aja, rebus singkong dicocol ke gohu nya

      Hapus
  9. Itu rasanya kayak gimana yaaa, amis kah? atau malah seger? memangnya masuk ya makannya dengan singkong? penasaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak kecium amis, aku kira kaya dimasak ternyata matang nya karena air lemon

      Hapus
  10. Waah ikan mentah ya mas? Ternyata ada sashimi juga di Ternate. Tapi saya gak doyan. Pernah coba makan sashimi tapi gak bisa nelen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo gohu ini gak kaya sushi atau sashimi yang daging ikan nya keliatan masih merah. Hampir kaya dikukus daging ikan nya matang dari reaksi perasan air lemon

      Hapus
  11. Terbayang nikmatnya gohu ikan ini, bang! Apalagi dicocol sambalnya itu, beuh... Penasaran gimana perpaduan rasa yang tercipta bila dinikmati bersama dengan singkong rebus atau pisang santan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha curiga udh pernah nyobain nih. Klo sama pisang santan aku belum nyobain soalnya hampir mirip kolak pisang hehehe

      Hapus
  12. Rasanya gimana itu mas? Gurih gitu ya? Lebih seger pastinya ya,, dan empuk sepertinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikan cakalangnya gak terasa mentah, kaya udah dimasak aja. Klo udh makan gohu ini dijamin ketagihan hehehe

      Hapus
  13. Antara penasaran dan deg-degan nih saya kalau disuruh menyantap gohu hehehe. Kalau sashimi, saya suka. Seharusnya gohu juga masih bisa saya nikmati, ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh Klo suka sashimi pasti bakalan suka gohu juga dong hehehe

      Hapus
  14. Gohu ikan ini ternyata seperti sashimi. Saya belum pernah cobain makan ikan segar langsung. Tadi saya baca matang karena bumbunya, ya. Rasanya gimana, enak mana sama ikan bakar? Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha beda lah klo ikan bakar mah udah pasti maknyoss

      Hapus
  15. Kalau ikan tuna atau cakalang kena air perasan lemon nggak berasa anyir ya. Malah terasa matang dan bau ikannya udah hilang aja. Apalagi dicampur bumbu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupp bener mba, jadi lebih fresh dan kandungan gizi yg ada di ikan gak hilang jika diolah dengan menggoreng nya

      Hapus
  16. Mainnya jauh pisan kang, aku suka segala jenis olahan ikan, dan gohu ini sukses bikin aku ngences pisaan..ngileeer...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe alhamdulillah teh, pas ada kerjaan jadi sekalian tea. Sok atuh cobain bikin gohu dirumah hehehe

      Hapus
  17. Nikmatnya menyantap olahan ikan di daerah timur, apapun jenis olahannya, adalah ikannya yang segar dan besar. Langsung diambil dari lautnya yang kaya banget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bang, kandungan gizi nya masih utuh dgn konsep gohu ini

      Hapus
  18. Awww aku harus masukin ini ke daftar makanan yang harus aku coba saat ke Ternate nanti. Aku suka banget makanan tradisional ketika jalan-jalan. Kaya nggak afdol gitu kalau belum cicip hahaha. Belum khatam travelling kalau belum cicip makanan khas daerah itu >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. That's it Klo namanya traveller mah kudu nyobain apa apa yang jadi khas di daerah situ put hehehe

      Hapus
  19. Yang paling menarik kalau jalan-jalan keluar kota itu bisa icip-icip makanan khas daerah tersebut. Ini aku pernah dengar nama makanannya tapi belum pernah nyobain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah klo sempet maen ke ternate cobain gohu sama kuliner khas nya disana

      Hapus
  20. Gohu ikan nya terlihat menarik tapi saya kok masih kebayangnya itu ikan masih mentah ya biarpun udah dijelaskan ikannya matang karena bumbu2 ahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha biarkan lidah yang berbicara, lupakan dulu imajinasinya

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer