7 Destinasi Wisata Banyuwangi Yang Wajib Dikunjungi Traveller



Kota Banyuwangi yang terletak di ujung Timur Provinsi Jawa Timur menyimpan berbagai potensi wisata dan kebudayaan yang sangat besar. Bahkan banyuwangi diklaim sebagai kota dengan event terbanyak di Indonesia. Ditahun 2018 saja ada 77 event yang diselenggarakan di Banyuwangi dan 10 diantaranya masuk kedalam Wonderful of Event dari Kementerian Pariwisata RI.

Faktor alam yang menjadi keunggulan pariwisata nya serta pengelolaan dan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Banyuwangi yang menjadikannya formula unggul dalam memajukan pariwisata di Banyuwangi.

Bulan September kemarin saya berkesempatan menginjakkan kaki di ujung Timur pulau Jawa ini. Bisa menikmati indahnya pemandangan pantai yang bisa langsung terlihat dari jalan raya. Langsung mencicipi nasi rawon khas Banyuwangi ketika turun dari pesawat. Ahh semuanya serba kejutan.

Berikut beberapa tempat yang sempat saya kunjungi dan merupakan ikon pariwisata yang ada Banyuwangi yang menjadi tujuan para traveller ataupun wisatawan luar maupun dalam negeri.

1. Kawah Ijen
Instagram: @traveloka

Apa yang terpikirkan jika disebutkan nama tempat Kawah Ijen? Yupp kawah yang terkenal dengan fenomena alam api biru (blue fire) nya ini menjadi list wajib para traveler ketika mengunjungi kota Banyuwangi.

Berjarak sekitar 45 KM dari pusat kota, para pengunjung memerlukan waktu tempuh sekitar 2-3 jam untuk bisa mencapai kawah Ijen ini. Atau jiga ingin lebih praktis, pengunjung bisa menggunakan jasa penarik troli untuk naik dengan merogoh kocek sebesar Rp 500.000-700.000 dan Rp 150.000-200.000 untuk turunnya. 

Meskipun track nya lumayan menantang, akan tetapi setelah tiba di atas, para pengunjung akan disuguhkan pemandangan yang indah dari mulai lereng kawah hingga ke tepi kawahnya, dan tentunya fenomena api biru.
2. Pantai Plengkung
Instagram: @banyuwangi_tourism

Warga sekitar menyebutnya pantai Plengkung tetapi lebih dikenal G-Land oleh para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini karena jika kita melihatnya dari atas maka pulau ini akan terlihat seperti huruf "G". Pantai yang berada dalam Taman Nasional Alas Purwo ini juga dikenal karena ombaknya yang sangat disukai para peselancar alias surfer.

Termasuk ke dalam The 7 giants wave wonder karena mempunyai 7 gulungan ombak setinggi 4-6 meter. G-Land Plengkung disebut sebut sebagai surganya bagi para surfer profesional dunia.

3. Pantai Pulau Merah
Instagram: @diazhollic

Nama Pulau Merah atau Pulo Merah merujuk pada sebuah bukit kecil di tepi pantai yang memiliki tinggi sekitar 200 meter. Bukit tersebut memiliki tanah berwarna merah dan ditutupi oleh vegetasi hijau sehingga tidak terlalu tampak warna aslinya. Bukit ini akan terlihat memancarkan warna merah apabila terkena pantulan cahaya sinar matahari yang mengenai air laut pada sore hari atau senja.

Pantai dan objek wisata ini berlokasi di Kecamatan Pesanggrahan sekitar 68 KM dari pusat kota Banyuwangi atau sekitar 2 jam perjalanan darat. Disini kita bisa menyaksikan pasir putih yang membentang sejauh 3 KM dan ombak yang bergulung serta jejeran pohon pandan laut yang berjejer ditepi pantainya.

4. Teluk Hijau

Instagram: @anankirioke 

Jika kita seorang traveller sejati kita pasti akan mencari sebuah tantangan untuk menemukan destinasi wisata yang baru dan unik seperti halnya pantai Teluk Hijau atau Green bay. Teluk Hijau ini adalah sebuah destinasi wisata pantai yang berada dalam areal Taman Nasional Meru Betiri, Saringan, Pesanggaran, Banyuwangi.

Lokasinya berjarak sekitar 90 kilometer dari pusat kota Banyuwangi. Dinamai demikian dikarenakan air lautnya yang cenderung berwarna hijau bukan biru layaknya air pantai pada umumnya. Dan yang menariknya untuk mencapai pantai teluk hijau ini kita harus melewati dahulu pantai batu yang sisi sisi nya dipenuhi oleh jajaran batu batu yang tersusun rapi.

5. Pantai Sukamade
Instagram: @backpackerkawahijen 

Jika kita ingin merasakan sensasi yang berbeda ketika mengunjungi sebuah pantai, cobalah datang ke pantai Sukamade Banyuwangi. Yup di pantai Sukamade ini terkenal sebagai pusat penangkaran penyu di Jawa Timur.

Pantai Sukamade ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Merubetiri. Untuk mencapai nya harus menggunakan kendaraan dobel gardan atau offroad dan melewati jalan berlumpur dan aliran sungai.

Ada empat jenis penyu yang bisa kita temui di Pantai Sukamade yaitu Penyu Hijau (Chelonia mydas), Penyu Slengkrah (Lepidochelys olivaceae), Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata) dan Penyu Belimbing (Dermochelys coriaceae).

Kita akan merasakan langsung sensasi melepaskan bayi penyu (tukik) ke tepi Pantai Sukamade yang berkejaran diatas pasir dan deburan ombaknya. Tentunya sebuah pengalaman yang tak ternilai bagi kita.

6. Savana Sadengan
Instagram : @yukbanyuwangi 

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Banyuwangi tanpa menginjakkan kaki kita di Taman Nasional Alas purwo dan merasakan sensasi suasana padang rumput seperti di Afrika ketika kita memasuki Savana Sadengan.

Padang rumput Sadengan seluas 80 hektar ini berjarak sekitar 60 km dari pusat kota Banyuwangi. Di Savana Sadengan ini kita bisa menemukan beberapa hewan yang dilindungi dan langka seperti Banteng Jawa, Elang Jawa, merak, rusa, bahkan anjing liar atau ajag.

Untuk bisa mengelilingi padang rumput ini pengunjung bisa menyewa mobil jeep yang disediakan pengelola Taman Nasional Alas Purwo ini dengan biaya mulai 250-400 ribu untuk per kendaraan.

7. De Djawatan
Instagram: @diazhollic 

Sejenak kita pasti akan tertegun ketika memasuki hutan De Djawatan, betapa tidak di tengah tengah perkotaan kita bisa menyaksikan sebuah hutan yang layaknya seperti di pedalaman belantara. Pohon trembesi berusia ratusan tahun dengan hiasan ganggang dan benalu yang menutupi permukaan pohon seakan makin menegaskan kesan "angker" di hutan kota ini.

Hutan kota yang berlokasi di daerah Benculuk ini awalnya adalah tempat penyimpanan kayu jati milik Perhutani. Setelah dikelola dan di tata ulang bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, De Djawatan disulap menjadi sebuah tempat wisata yang instagramable dengan beberapa spot untuk berswafoto atau untuk diabadikan di smartphone para pengunjung.

Didalam kita bisa menikmati pemandangan layaknya sedang berada di hutan Fangorn di dalam Film The Lord of The Rings. Jadi tidak harus jauh jauh ke New Zealand untuk menikmati indahnya hutan kota De Djawatan.

Itulah 7 destinasi wisata yang harus kalian kunjungi ketika berlibur di Banyuwangi. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa


Komentar

  1. Ujung Jawa Timur yang memesona. Semoga ada kesempatan singgah ke sana.

    BalasHapus
  2. trkhir k bnyuwangi aku masih kecil, SD mungkin. jujur ga gitu inget gmn kotanya :D. abis baca ini, jd pgn bangett ksana ;). makin bagus yaaa. yg aku prnh baca kuliner banyuwangi juga enak2 mas :)

    BalasHapus
  3. Mantap bos ku.....saya pengen nyoba ke kawah ijen seperti spot foto disana oke oke tuh

    BalasHapus
  4. Belum pernah pergi ke tempat tempat ini, yg paling diinginkan adalah ke Dieng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi kalo sudah di ijen apalagi liat blue fire pasti betah banget dehh

      Hapus
  5. Waaah bagus bagus semua,, bayuwangi emang jadi destinasi liburan kami saat akhir thn nanti. Makasih infonya

    BalasHapus
  6. Wah Banyuwangi ga ada matinya. Kawah Ijen keren banget. Pengin juga nyobain kopai osing yang uenak di Sunrise of Java. Mupeng....

    BalasHapus
  7. Banyuwangi emang keren ih.. kulinernya juga maknyussss..

    BalasHapus
  8. aku pernah ke pulau merah sama djawatan dan pinus songon

    BalasHapus
  9. Belum pernah ke Banyuwangi...jadi pengen kesini

    BalasHapus
  10. aku uda lama banget pengen ke teluk hijau ga dpt ijin terus. . btw aku penasarna sama yang sukamade juga. kebetulan paklek org bwi dket gunung raung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Owalah harus nyoba dong kesana sekalian maen ke paman nya

      Hapus
  11. Kawah Ijen dan Pantai Sukamade kayaknya bikin penasaran deh mas. Thank infonya, semoga suatu saat bisa mampir kesana 🤓

    BalasHapus
  12. Banyuwangiii.. pengen banget ke sini karena wisata alamnya indah-indah dan pantainya bagus-bagus. Semoga nanti ada rejeki ke sini.

    BalasHapus
  13. Beberapa kali lewat Banyuwangi, baru main ke kawah ijen saja. Harus diagendakan untuk main ke pantainya nih.

    BalasHapus

Posting Komentar