Inilah 5 Kuliner Khas Bali Yang Menggugah Selera


Pulau Bali tidak hanya dikenal sebagai surga nya wisata saja di dunia tetapi juga terkenal akan sajian kuliner nya yang lezat dan menggugah selera. Bagaimana tidak, pulau berpopulasi 4.3 juta orang ini terkenal dengan pantai-pantainya yang menjadi surf destination unggulan serta sunsetnya yang jadi biang instagram story, belum lagi tempat hiburan dan sajian kulinernya yang tersedia untuk semua kalangan serta masyarakatnya yang mempunyai budaya khas yang kental.

Mungkin kita juga tahu kalau Bali sudah menjadi tujuan wisata kuliner internasional. Berbagai macam restoran baru bermunculan tiap tahunnya dari berbagai negara dan filosofi dari masakan Lebanon sampai Euro-Japanese Fusion.

Baca juga : TERJEBAK NIKMATNYA GOHU IKAN DARI TERNATE

Lawar
Dan yang menjadi "buruan" saya ketika menginjakkan kaki di Pulau Dewata ini adalah makanan khasnya. Selain ayam betutu yang sudah mendunia, ternyata masih banyak juga hidangan khas dari daerah Bali. Salah satu nya adalah Lawar, makanan khas Bali ini mungkin sebagian orang menyebutnya urap. Olahan yang terbuat dari sayur-mayur seperti kacang panjang, nangka, dan parutan kelapa lalu dicampur dengan bumbu khas Bali. Tenang walaupun namanya Lawar tapi tidak sedikitpun masakan ini mengandung bahan kelelawar hehe. 

Lalu tentu saja ada Ayam Betutu yang menjadi menu wajib jika mengunjungi pulau Bali ini. Betutu adalah bumbu khas Bali yang sudah mendunia dan terdiri dari daun jeruk, sereh, salam, kunyit, kemiri, jahe, bawang merah, dan lain-lain.

Ayam Betutu

Bumbu betutu tersebut dimasukkan ke dalam rongga ayam sebelum dimasak, ini supaya cita rasanya meresap dengan sempurna. Ada Ayam Betutu yang direbus (betutu basah) dan ada juga yang dipanggang (betutu kering) khas daerah Gilimanuk.

Hampir mirip dengan urap Jawa, Srombotan (atau juga biasa ditulis Serombotan) yang berasal dari daerah Klungkung. Srombotan ini terdiri dari berbagai sayuran yang direbus setengah matang seperti kacang panjang, kecambah, kangkung, bayam, terong bulat, serta kelapa parut yang disangrai, dan pare yang kemudian disiram dengan sambal/ bumbu kacang encer pedas yang menggugah selera.

Srombotan
Cara makannya pun cukup gampang, bisa digado seperti salad atau juga bisa disajikan dengan tipat (ketutpat) atau nasi. Srombotan biasa ditemui di pasar-pasar tradisional seperti Pasar Kreneng, Pasar Batubulan, dan Pasar Sukawati dengan hanya membayar 3,000 hingga 7,000 IDR per porsi nya.


Lalu ada sate lilit yang terbuat dari daging ayam atau ikan yang digiling dan dicampur dengan kelapa parut. Sesuai namanya, sate yang satu ini dililit pada batang bambu atau memakai tangkai sereh yang tebal hingga rasa serai nya meresap kedalam sate. Biasanya menjadi peneman berbagai nasi campur Bali namun juga banyak dijual sebagai camilan sendiri dan ditemani sambal matah khas Bali yang melegenda. 

Sate Lilit

Dan yang terbaru ini ada nasi campur, yang terkenal di Bali  yaitu nasi campur wardani. Nasi campur ini sebenarnya nasi putih biasa yang ditambahkan beberapa lauk pelengkap diatasnya.

Lauk pauk yang dihidangkan diatas nasi tersebut diantaranya telur rebus, goreng udang ditambah suwir dendeng, lawar,sate plecing, sate lilit, dan sayur labu.

Nasi Campur
Jadi selain kita bisa menikmati pemandangan alam serta wisata lainnya kita pun bisa menikmati sajian kuliner di pulau Bali ini. Betapa kaya nya warisan kuliner di Nusantara ini, dan saya berharap bisa terus mengunjungi daerah-daerah di tanah air ini dan menikmati sajian kuliner nya yang khas.

Komentar

  1. Duh jadi laper nih baca ginian . haha. . banyak juga pilihannya kuliner Bali yak. .

    BalasHapus
  2. Betutu ini nih yg favourite 😂 kalau srombotan kayak pecel ya, kuahnya encer

    BalasHapus
  3. baca ini jadi kangen mau kulineran di sana lagi :)

    BalasHapus
  4. aku jadi lapar nih begitu baca dan lihat fotonya.

    BalasHapus
  5. Aku belum pernah nih makan nasi campur wardani, kelihatannya maknyuss tuh...semoga kalau ke Bali lagi bisa merasakan nikmatnya kuliner khas Bali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Porsinya harus nambah klo pengen bener kerasa hehehe

      Hapus
  6. Ayam betutu dong yang paling menggairahkan hehe. Bumbunya bikin ngiler, maknyus!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aslinya mas beda sama ayam betutu yang di kota lain

      Hapus
  7. makanan khas Bali emang menggugah selera banget yah..sate lilit my favorito

    BalasHapus
    Balasan
    1. Imakanya doyan maen tuh buat nyari kuliner yg khas hehehe

      Hapus
  8. aku paling suka sate llit
    enak banget itu sampe di lidah ga ilang2 rasanya...

    BalasHapus
  9. uenak kabeh. aku sudah pernah coba sate lilit, ayam betutu dan lawar. Pokoknya endolita

    BalasHapus
  10. kabitaaa......, malam malam dan hujan lihat makanan enak, jadi deh lapar :D

    BalasHapus
  11. Duh ya ampun. Betutu ya bikin auto lapar mbak hahahaha....jadi kangen masakan Bali. Makasih ya kak ulasannya 😍

    BalasHapus
  12. Enaak~
    AKu suka (banget) sama plecing.
    Tapi aneh deeh...kalo makan plecing di Bali atau Mataram berasa nikmaat~
    Beda saat di rumah makan Bali yang ada di kotaku, Bandung.

    BalasHapus
  13. Cieeee.....yang baru abis traveling di Bali. :D

    BalasHapus
  14. Paling suka ayam betutunya...mak nyuss...eh, tapi lawarnya juga enak..sambel bongkotnya juga...aahh...jadi laparr....

    BalasHapus
  15. Jadi penasaran pengen makan kuliner Bali di lokasinya yang asli

    Salam
    www.kidalnarsis.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap abis pokoknya. Siapp nanti sy berkunjung mas

      Hapus
  16. Weleh ku baca ini pagi2 dan si cacing perut langsung komplain minta dikasih makan,hahaha..... cus cari tukang jualan terdekat.

    BalasHapus
  17. Kpan2 cobain makanan khas Pulau Lombok donk :)

    BalasHapus

Posting Komentar