Suspension Bridge Situ Gunung Magnet Wisata Sukabumi Di Resmikan


Sukabumi kembali menjadi pusat perhatian khalayak, hal itu dikarenakan Suspension Bridge di kawasan wisata Situ Gunung yang menjadi magnet pariwisata di Sukabumi pada hari Sabtu Sabtu (9/3/19) telah diresmikan. Dalam acara tersebut hadir Menteri Koordinator Kemaritiman RI  Luhut Binsar Pandjaitan yang akan meresmikan langsung jembatan gantung yang disebut-sebut sebagai yang terpanjang di Asia Tenggara itu.


Jembatan gantung yang dibangun Mei 2017 ini  membentang di atas hutan TNGP (Taman Nasional Gede Pangrango) yang berada pada 850 meter dpl (diatas permukaan laut). Suspension Bridge dengan panjang 243 meter dan lebar 1,2 meter tersebut, memiliki ketinggian sekitar 220 meter dari permukaan tanah.

Kehadiran Suspension Bridge sudah sangat ditunggu dan menjadi daya tarik wisatawan yang datang ke Situ Gunung. Ini terbukti dari berbondong bondongnya pengunjung yang ingin mencoba menaiki atau hanya berswafoto di jembatan ter-hits di Sukabumi ini.


Acara yang dimulai dengan pertunjukan kesenian khas Sukabumi serta pengalungan karangan bunga kepada para tamu undangan dilanjutkan dengan peresmian jembatan yang ditandai dengan prosesi gunting pita  oleh Luhut Binsar Pandjaitan beserta Bupati Kabupaten Sukabumi Marwan Hamami. Para tamu juga berkesempatan mencoba menyeberangi jembatan gantung, yang pasti akan memacu adrenalin semua orang yang melintasi nya.


Di kawasan ini (Situ Gunung), selain suspension bridge juga ada objek wisata lainnya seperti curug (air terjun) sawer, danau Situ Gunung, camping area, juga flaying fox. “Alam Sukabumi memang sudah sangat indah. Sukabumi memang sangat luar biasa,” tutur Luhut dalam sesi wawancara dengan awak media. Luhut mengungkapkan, potensi pariwisata yang dimiliki Kabupaten Sukabumi memang luar biasa. Maka dari itu, butuh hal yang bisa mendorong agar industri pariwisata di Sukabumi lebih maju lagi yaitu infrastruktur.


“Kabupaten Sukabumi masih memiliki banyak kekurangan. Padahal potensi wisatanya sangat bagus. Pemerintah terus berupaya melakukan perbaikan infrastruktur sebagai penunjang semua itu,” tegasnya. Jawa Barat Selatan termasuk didalamnya Kabupaten Sukabumi, papar Luhut, menjadi wilayah yang begitu di perhatikan dalam hal pengembangan infrastruktur. Pembangunan Tol Bocimi (Bogor Ciawi Sukabumi) yang tengah memasuki sesi berikutnya, dipastikan Luhut bukan menjadi pembangunan terakhir.


“Setelah Bocimi selesai, akan dilanjutkan dengan pembangunan jalan menuju Palabuhanratu dan tol Sukabumi-Cianjur,” terangnya.“Pak presiden ingin Bocimi sampai di Sukabumi tahun 2021. Kemudian dilanjutkan ke Palabuhanratu. Setelah itu Cianjur. Agar kawasan Puncak tidak sepadat sekarang,” tandasnya.


Luhut mengungkapkan, potensi pariwisata yang dimiliki Kabupaten Sukabumi memang luar biasa. Maka dari itu, butuh hal yang bisa mendorong agar industri pariwisata di Sukabumi lebih maju lagi yaitu infrastruktur. Dalam hal ini pemerintah pusat fokus terhadap pembangunan infrastrktur yaitu tol yang ditargetkan selesai 2021. Tak hanya jalur darat, pemerintah pusat juga membangun infrastruktur jalur udara melalui pembangunan Bandara Sukabumi.


Turut hadir dalam acara peresmian tersebut Bupati Kabupaten Sukabumi Marwan Hamami, perwakilan komunitas pariwisata, tokoh masyarakat, para stakeholder, media elektronik maupun cetak, dan PT Fontis Aquam Vivam selaku konsultan dari Suspension Bridge ini.





Komentar

  1. Tahun ini mw k Suspension Bridge... semoga kesampaian. Amiiiinnn

    BalasHapus
  2. Wahh ini jembatan gantung yang kece itu yaa..
    Saya mesti masukin dalam whistlist nih.. Harus!

    BalasHapus
  3. Wah ini spot foto yang hits banget di Sukabumi itu yaa bang? Keren banget aslinyaa yaa bang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bang, tiap harinya banyak pengunjung kesini

      Hapus
  4. Tahun lalu ke sini, masih baru. Bahkan masjid nya pun belum kelar. Masih sepi. Sekarang kalau sudah diresmikan pasti bakal banyak pengunjungnya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadwalkan teh, sekalian ka situ gunung na hehehe

      Hapus
  5. alam sukabumi memang menarik. daaan wow jembatan gantungnya keren banget masyaAllah. jadi pengen explore sukabumi

    dan pemerintah memang gercep sih untuk pembangunan pariwisata (baik sarana maupun prasarananya). walaupun drama tiket pesawat domestik memang bikin traveller pusing

    BalasHapus
  6. Wah keren jadi suspension bridge terpanjang di Asia Tenggara! Semoga membawa kebaikan untuk Sukabumi khususnya warga sekitarnya.

    BalasHapus
  7. pemandangannya wow banget. kalo lewat pasti super deg-degan mana panjang banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo anak sekarang bilangnya ngeri ngeri sedaapp hehehe

      Hapus
  8. Aku tak sanggup Kak kalau disuruh melewati jembatan itu, mau pingsan rasanyaaa hihi gimana ya dasarnya penakuut! Pemandangannya indah banget tapi yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan sampe seberangnya, cukup pose di tengah aja udh keren kok hehehe

      Hapus
  9. Duuuuh, aku belum kesampaian main2 ke Situ Gunung Sukabumi ini hiks :( Kepengen fotoan di tengah2 jembatannya loh hehehe. Asik ya udh aman sekarang ada suspension bridge nya jd wisatawan makin banyak berkunjung ke sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar sekalian maen ke situ gunung sama curug sawernya juga

      Hapus
  10. Ini niiii sering dipamerin temen² yg udah ke sini. Berapa menit sih untuk melintas sepanjang itu? Bolak-balik ato searah aja? Soalnya aku kurang berani. Wkwk...takutnya lutut gemeter...trus aku merayap...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah blm ada yg ngasih tau paling cepat Brp menit hehehe

      Hapus
  11. Seharian ini, saya baca 2 blog yang membahas tentang suspension bridge. Bikin saya makin pengen ke sana hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus nyempetin mba myra biar ada kenangan Klo maen ke sukabumi hehehe

      Hapus
  12. Wah sukabumi pnya landmark baru neh buat wisata. Menarik kebetulan ada saudara di sukabumi, kapan2 mmpir sekalian ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus mampir dong, hehehe tapi Klo pas liburan pasti penuh

      Hapus
  13. Bangga juga suspension bridge terpanjang Ada di Indonesia. Menarik banyak wisatawan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah2an bisa jadi icon pariwisata di Sukabumi juga Indonesia

      Hapus
  14. Kerennnnnnn. Mau ke Sukabumi ah.
    Btw. nggak ada batasan berapa orang yang ada di jembatan ya kak?

    BalasHapus
  15. Tahu nggak berapa daya tampung maksimal (dalam kg) di atas jembatan gantung ini?

    Concern saya sih cuma 1 terhadap jembatan ini, yaitu perlu adanya antrian dan perlakuan yang tegas kepada pengunjung ketika waktu kunjungan sedang ramai.
    Jangan sampai karena ingin selfie, lantas mengabaikan keselamatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Max 40 orang. Walau sebenarnya daya tahan jembatan bisa menahan 50 ton atau 60 orang sekaligus. Sudah ada penjagaan dari pengelola jembatan untuk antrian.

      Hapus
  16. kok jadi gamang lihat bentangan jembatan itu kok panjang banget...
    bisa2 gemetaran nih kaki nggak bisa jalan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang untuk yg agak takut ketinggian lumayan repot nih hehehe

      Hapus
  17. Wow daebak..suspension bridgenya kece banget dengan pemandangan hutan Sukabumi yang lebat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling kece kalo pas pagi2 yang masih banyak kabut nya

      Hapus
  18. aku bulan lalu ke jembatan ini, dan lgs ngebayangin ya mas, seandainya bisa bungee jumping dr sana hahahaha. seru banget kayaknya. Pas anginnya agak kenceng, trus jembatan goyang, aku lgs excited. jd makin naikin adrenalin :)

    BalasHapus

Posting Komentar