Suspension Bridge Situ Gunung Magnet Wisata Sukabumi Di Resmikan


Sukabumi kembali menjadi pusat perhatian khalayak, hal itu dikarenakan Suspension Bridge di kawasan wisata Situ Gunung yang menjadi magnet pariwisata di Sukabumi pada hari Sabtu Sabtu (9/3/19) telah diresmikan. Dalam acara tersebut hadir Menteri Koordinator Kemaritiman RI  Luhut Binsar Pandjaitan yang akan meresmikan langsung jembatan gantung yang disebut-sebut sebagai yang terpanjang di Asia Tenggara itu.


Jembatan gantung yang dibangun Mei 2017 ini  membentang di atas hutan TNGP (Taman Nasional Gede Pangrango) yang berada pada 850 meter dpl (diatas permukaan laut). Suspension Bridge dengan panjang 243 meter dan lebar 1,2 meter tersebut, memiliki ketinggian sekitar 220 meter dari permukaan tanah.

Kehadiran Suspension Bridge sudah sangat ditunggu dan menjadi daya tarik wisatawan yang datang ke Situ Gunung. Ini terbukti dari berbondong bondongnya pengunjung yang ingin mencoba menaiki atau hanya berswafoto di jembatan ter-hits di Sukabumi ini.


Acara yang dimulai dengan pertunjukan kesenian khas Sukabumi serta pengalungan karangan bunga kepada para tamu undangan dilanjutkan dengan peresmian jembatan yang ditandai dengan prosesi gunting pita  oleh Luhut Binsar Pandjaitan beserta Bupati Kabupaten Sukabumi Marwan Hamami. Para tamu juga berkesempatan mencoba menyeberangi jembatan gantung, yang pasti akan memacu adrenalin semua orang yang melintasi nya.


Di kawasan ini (Situ Gunung), selain suspension bridge juga ada objek wisata lainnya seperti curug (air terjun) sawer, danau Situ Gunung, camping area, juga flaying fox. “Alam Sukabumi memang sudah sangat indah. Sukabumi memang sangat luar biasa,” tutur Luhut dalam sesi wawancara dengan awak media. Luhut mengungkapkan, potensi pariwisata yang dimiliki Kabupaten Sukabumi memang luar biasa. Maka dari itu, butuh hal yang bisa mendorong agar industri pariwisata di Sukabumi lebih maju lagi yaitu infrastruktur.


“Kabupaten Sukabumi masih memiliki banyak kekurangan. Padahal potensi wisatanya sangat bagus. Pemerintah terus berupaya melakukan perbaikan infrastruktur sebagai penunjang semua itu,” tegasnya. Jawa Barat Selatan termasuk didalamnya Kabupaten Sukabumi, papar Luhut, menjadi wilayah yang begitu di perhatikan dalam hal pengembangan infrastruktur. Pembangunan Tol Bocimi (Bogor Ciawi Sukabumi) yang tengah memasuki sesi berikutnya, dipastikan Luhut bukan menjadi pembangunan terakhir.


“Setelah Bocimi selesai, akan dilanjutkan dengan pembangunan jalan menuju Palabuhanratu dan tol Sukabumi-Cianjur,” terangnya.“Pak presiden ingin Bocimi sampai di Sukabumi tahun 2021. Kemudian dilanjutkan ke Palabuhanratu. Setelah itu Cianjur. Agar kawasan Puncak tidak sepadat sekarang,” tandasnya.


Luhut mengungkapkan, potensi pariwisata yang dimiliki Kabupaten Sukabumi memang luar biasa. Maka dari itu, butuh hal yang bisa mendorong agar industri pariwisata di Sukabumi lebih maju lagi yaitu infrastruktur. Dalam hal ini pemerintah pusat fokus terhadap pembangunan infrastrktur yaitu tol yang ditargetkan selesai 2021. Tak hanya jalur darat, pemerintah pusat juga membangun infrastruktur jalur udara melalui pembangunan Bandara Sukabumi.


Turut hadir dalam acara peresmian tersebut Bupati Kabupaten Sukabumi Marwan Hamami, perwakilan komunitas pariwisata, tokoh masyarakat, para stakeholder, media elektronik maupun cetak, dan PT Fontis Aquam Vivam selaku konsultan dari Suspension Bridge ini.





Comments

  1. Tahun ini mw k Suspension Bridge... semoga kesampaian. Amiiiinnn

    ReplyDelete
  2. Wahh ini jembatan gantung yang kece itu yaa..
    Saya mesti masukin dalam whistlist nih.. Harus!

    ReplyDelete
  3. Wah ini spot foto yang hits banget di Sukabumi itu yaa bang? Keren banget aslinyaa yaa bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bang, tiap harinya banyak pengunjung kesini

      Delete
  4. Tahun lalu ke sini, masih baru. Bahkan masjid nya pun belum kelar. Masih sepi. Sekarang kalau sudah diresmikan pasti bakal banyak pengunjungnya ya.

    ReplyDelete
  5. alam sukabumi memang menarik. daaan wow jembatan gantungnya keren banget masyaAllah. jadi pengen explore sukabumi

    dan pemerintah memang gercep sih untuk pembangunan pariwisata (baik sarana maupun prasarananya). walaupun drama tiket pesawat domestik memang bikin traveller pusing

    ReplyDelete
  6. Wah keren jadi suspension bridge terpanjang di Asia Tenggara! Semoga membawa kebaikan untuk Sukabumi khususnya warga sekitarnya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts