Inilah Sajian Kuliner Yang Menjadi Incaran Ketika Berbuka Puasa


Alhamdulillah tahun ini kita masih diberi umur untuk bisa bertemu dengan bulan yang penuh berkah yaitu bulan suci Ramadan. Setiap tahunnya pasti selalu ada cerita yang berbeda dari bulan yang penuh berkah ini. Mulai dari pelaksanaan nya, tempat yang asik untuk ngabuburit, atau acara hunting kuliner untuk berbuka puasa.

Nah kali ini saya mau bahas tentang kuliner yang selalu menjadi incaran menjelang berbuka puasa di beberapa daerah di tanah air khususnya di Kota Bandung.

1. Kurma

Buah khas dari jazirah Arab ini menjadi hidangan wajib bagi kita yang akan berbuka puasa. Di bulan Ramadan ini jangan takut susah mendapatkan buah dari jenis suku palmae ini. Karena di setiap pasar bahkan pinggiran jalan bakal banyak para pedagang yang menjajakan buah kurma ini pada bulan Ramadan bahkan satu bulan sebelumnya. Dengan konsumsi 100 gr buah kurma segar anda bisa penuhi keperluan daya harian sampai 12 sampai 15 %. Kurma adalah sumber daya instan, hingga begitu baik dikonsumsi oleh orang ketika berbuka puasa.

2. Gorengan

Menurut sebagian orang jenis makanan yang satu ini sangatlah tidak sehat karena mengandung kolesterol dan memicu berbagai macam penyakit. Tetapi hal itu tidak menyurutkan banyak orang untuk mengkonsumsi paganan yang membuat ketagihan apalagi ketika berbuka puasa. Sudah dipastikan menjelang waktu berbuka puasa tempat jualan gorengan bakal penuh diserbu para pembeli.

3. Kolak

Hidangan ini hampir sama dengan kurma yang menjadi identik dengan bulan Ramadan walaupun di bulan bulan lainnya pun kadang kita bisa menemukan nya. Makanan asal Indonesia ini berbahan dasar pisang atau ubi jalar yang direbus dengan santan dan gula aren. Selain pisang dan ubi jalar ada juga yang memakai labu, singkong, bahkan durian untuk menjadi bahan dasar membuat kolak. Adapula yang menambahkan candil ketan, biji salak ubi, sekoteng, dan kolang kaling sebagai penambah topping dari kolak tersebut.

4. Es Campur

Minuman khas dari Indonesia ini dibuat dengan mencampurkan berbagai jenis bahan dalam sirup manis. Bahan yang dijadikan bahan biasanya berasa manis atau masam biasanya dari buah buahan, jelly atau agar agar, roti tawar, dan sebagainya. Di beberapa daerah ada yang menambahkan sirup dari buah sirsak atau sekoteng untuk topping nya lalu ditambah serutan es dan susu kental manis.

5. Kelapa Muda

Ternyata, tak hanya jadi minuman yang menyegarkan, kelapa muda punya banyak manfaat, apalagi sebagai takjil berbuka puasa. Selain melegakan dahaga, ini beberapa manfaat lainnya minum kelapa muda diantaranya: Melancarkan pencernaan, Menghilangkan dehidrasi, Mengendalikan kadar gula darah.Jadi bukan hanya segar, tapi menkonsumsi kelapa muda juga sehat. Apalagi jika disajikan dengan tambahan es dan gula aren makin menambah nikmatnya berbuka puasa anda.

6. Batagor

Makanan khas dari Kota Kembang Bandung ini merupakan incaran para pencari takjil di bulan puasa terutama kaum perempuan. Makanan terbuat dari baso tahu yang di goreng ini biasanya ada 2 cara penyajian yaitu dengan bumbu kacang atau dengan bumbu kuah layaknya seperti penyajian mie baso. Dengan tambahan irisan ketimun serta ditambah kecap atau saos serta sambal makin membuat nikmat batagor yang disantap ketika berbuka puasa.

7. Cilok

Cilok ini adalah sebuah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tapioka yang kenyal dengan tambahan bumbu pelengkap seperti sambal kacang, kecap, dan saus. Cilok bentuknya bulat-bulat seperti bakso, hanya saja berbeda bahan dasarnya. Saat ini banyak sekali varian dari cilok yang dijual di masyarakat ada cilok bakar, cilok goang, cilok kuah, atau cilok bumbu kacang.
Itulah sebagian sajian yang selalu menjadi primadona dikala bulan puasa tiba terutama ketika waktu berbuka akan segera tiba. Nah kalau di Kota atau daerah kalian sajian apa saja sih yang sering dicari ketika akan berbuka puasa?? Yukk share di kolom komentar yah..

Comments

  1. Saya suka cilok. Tidak bergizi sih, tapi lapar mata terpuaskan hehehw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ketika lidah dan otak tidak bisa sinkron

      Delete
  2. di kantorku daerah mangga dua, penjual makanan buka puasanya makin banyaaak dan yg dijual macem2. kyk kemrn ada indomie telur gulung :D. trus kue2 tradisional, bubur ketan itam dll. aku sih biasanya ttp milih kolak ato bubur. menghindari gorengan, dan juga kurma hahahaha. Ga tau napa ya, aku ga suka bgt ama rasa kurma. ngerti siiih ini banyak mnfaatnya, tp ttp ga doyan ama rasanya -_-. pas umroh kmrn, semua rombongan rebutan beli kurma, aku malah borong almond hahahaha .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe memang susah klo gak suka. Dipaksain juga malah jelek efeknya.

      Delete

Post a Comment

Popular Posts