Top 10 Destinasi Wisata Bandung Versi Pesona Mudik 2019

Wilayah Bandung Raya yang secara administratif terdiri dari 4 wilayah yaitu Kabupaten Bandung, Kotamadya Bandung, Kotamadya Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat. Dengan luas wilayah 3.287,2 km2 yang didalamnya terdapat berbagai kekayaan potensi wisata alam yang terkenal di Jawa Barat bahkan Nusantara.

Dari begitu banyaknya destinasi wisata tersebut inilah Top 10 Destinasi Wisata yang ada di Bandung Raya :

1. Alun Alun Bandung

Sumber : https://www.instagram.com/akangdaniel1122

Siapa yang tak pernah main ke Alun Alun Bandung?? Sayang sekali kalau kalian orang Bandung tetapi belum pernah menginjakkan kakinya di rumput alun alun Bandung. Karena Alun Alun Bandung menjadi salah satu tempat terfavorit yang dikunjungi oleh masyarakat baik dari Kota Bandung sendiri ataupun daerah disekitar Bandung bahkan dari luar kota juga. Dibangun sejak jaman kolonial Belanda, Alun-alun Bandung yang adanya di sebelah selatan Grote Postweg (Jalan Raya Pos) adalah tempat pos pengganti untuk menggantikan kuda yang sedang dalam perjalanan jauh. Sempat beberapa kali direnovasi, dan terakhir di tahun 2014 "wajah" Alun Alun Bandung ini disulap menjadi seperti sekarang dan menjadi tempat wisata favorit untuk masyarakat yang berkunjung ke kota Bandung.


2. Dago Dream Park 

Sumber : https://www.instagram.com/diazhollic 

Jika kita ingin mengajak keluarga untuk  berwisata tetapi ingin ada berbagai wahana menarik didalamnya? Dago Dream Park adalah jawabannya. Di lahan seluas 12 hektare ini terdapat berbagai jenis wahana yang akan memberikan pengalaman yang berbeda kepada setiap pengunjung. Beberapa wahana yang Instagramable dan viral di media sosial adalah Rumah Terbang Cartoon Up, Flying Lounge, Permadani Terbang, Skybike, Archery, Anti Gravity, Love Seat, Skytree, Paragliding, Sky hammock, Bird Nest, dan Pirate Ship. Hanya berjarak 10 KM dari pusat kota Bandung dan bisa diakses dari berbagai rute. Tetapi untuk kendaraan besar seperti bis hanya bisa sampai Terminal Dago saja, dikarenakan akses jalan yang tidak terlalu besar dan merupakan jalur alternatif Bandung - Lembang.

3. Kawah Putih 

Sumber : https://www.instagram.com/diazhollic 

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Bandung tidak mencoba mendatangi destinasi wisata yang satu ini. Berlokasi di daerah Selatan Bandung tepatnya daerah Ciwidey, Kawah Putih ini menjadi salah satu tujuan favorit para pengunjung baik dari dalam maupun luar negeri. Kawah yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha ini menyuguhkan pemandangan yang sangat indah dengan pantulan air kawah yang berwarna biru. Ditambah dengan adanya jembatan yang menjadi spot untuk ber swafoto atau berfoto bersama dengan teman teman.

4. Glamping Lakeside 

Sumber : https://www.instagram.com/mulkisalman
Masih di daerah Selatan Bandung, sebuah kawasan wisata yang memadukan konsep glamour camping dengan pemandangan alam yang menawan. Ditambah sebuah icon kapal Pinisi yang berada di pinggir Situ Patengang, semakin membuat penasaran jika kita tidak mendatanginya secara langsung. Berlokasi tidak terlalu jauh setelah Kawah Putih, kita akan melewati hamparan kebun teh berwarna hijau disetiap kiri kanan jalan menuju daerah Rancabali dimana Glamping Lakeside ini berada. Disarankan waktu yang pas untuk datang ke tempat ini adalah siang hari dan jangan lupa siapkan jaket atau mantel untuk menahan rasa dingin yang akan terasa apabila mulai menuuju sore.

5. Dusun Bambu

Sumber : https://www.instagram.com/rizki_nugraheni

Dusun Bambu Family Leisure Park yang berlokasi di Cisarua, Bandung Barat menyuguhkan pemandangan alam asri khas dataran tinggi dan atraksi yang menghibur, sangat cocok dikunjungi bersama keluarga. Tidak hanya suguhan alam dan wisata yang menarik, Dusun Bambu Family Leisure Park juga memiliki resort bagi mereka yang ingin bermalam. Tak heran, Dusun Bambu Family Leisure Park menjadi salah satu destinasi dengan sebutan one stop traveling karena fasilitas yang ditawarkan begitu lengkap. Selain banyaknya wahana dan spot spot instagramable yang tersedia disini, di Dusun Bambu juga menyediakan cottage yang sangat nyaman dan berada di sisi danau buatan dengan latar Gunung Burangrang yang memanantul diatasnya.

6. Trans Studio Bandung 

Sumber : https://www.instagram.com/sarrahgita

Wahana rekreasi dan permainan indoor berkelas internasional ini diresmikan pada tahun 2011. Dengan luas area mencapai 4,4 hektar menjadikan Trans Studio sebagai Theme Park terluas di Indonesia. Disini kita bisa menikmati berbagai jenis permainan dan pertunjukan, untuk area permainan ini dibagi tiga zona dan 20 wahana permainan yang sangat menarik dan menantang. Tiga zona yang ada yaitu Studio Central, Lost City dan Magic Corner. Selain itu Trans Studio Bandung juga mempunyai fasilitas supermall Trans Studio Mall, juga Trans Luxury Hotel, serta Ibis Hotel, Mega Tower, dan Mesjid Agung Trans.

7. Orchid Forest 

Sumber : https://www.instagram.com/genpi.bdgraya


Destinasi wisata ini baru sebenarnya baru sekitar 3 tahun dibuka, tepatnya Agustus 2016. Tetapi dengan sebuah konsep yang tertata menjadikan tempat ini sebagai destinasi digital di Jawa Barat. Konsep wisata yang menyatukan edu wisata anggrek di tengah hutan pinus berusia ratusan tahun dengan spot spot selfie yang instagramable menjadikan Orchid Forest ini didaulat sebagai salah satu dari Top 10 Destinasi Milennial pilihan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Terdapat lebih dari 157 jenis bunga anggrek yang dibudidayakan dalam lahan seluas 12 hektare ini. Beberapa spot unggulan yang ada di Orchid Forest mampu mendatangkan ribuan pengunjung untuk merasakan keseruan berwisata disini. Wood Bridge sepanjang 1.450 meter dan tinggi 11 meter menjadi salah satu wahana yang paling banyak diminati oleh pengunjung, selain Orchid House, Garden of Light, Rabbit Forest, Teras Paphio.

8. Tangkuban Parahu 

Sumber : https://www.instagram.com/erikasinaga_

Siapa yang tidak mengenal cerita legenda Sangkuriang? Pasti hampir semua di tanah air ini pernah mendengar atau mengetahui cerita rakyat Jawa Barat yang begitu identik dengan Gunung Tangkuban Perahu ini. Gunung yang terbentuk dari letusan Gunung Sunda Purba ini mempunyai ketinggian 2084 mdpl berjarak sekitar 20 KM dari pusat kota Bandung. Dari 9 kawah yang ada di Tangkuban Parahu ada tiga kawah yang sering dikunjungi wisatawan, yaitu Kawah Ratu, Domas, dan Upas.

9. The Lodge Maribaya

Sumber : https://www.instagram.com/iing.ipw

Tak lengkap rasanya jika kita bermain ke daerah Lembang di Kabupaten Bandung Barat tanpa mengunjungi objek wisata The Lodge Maribaya. Berlokasi di Kampung Babakan Gentong Cibodas-Maribaya Lembang, The Lodge Maribaya menawarkan pengalaman yang jarang ditemukan di tempat lain. Beneran hutan pinus yang tersusun rapi menjadi landscape hijau yang sejuk dipandang, terlebih ketika sunrise atau sunset tiba. The Lodge Maribaya juga mempunyai fasilitas spot foto yang instagramablle. Ada enam wahana foto dengan konsep yang berbeda sana, yakni  Zip Bike, Sky Tree, Mountain Swing, Hot Air Baloon, Hammock, dan Gantole. Wahana foto ini yang menjadi incaran para pengunjung yang datang dari dalam dan luar kota bahkan luar negeri.

10. Farm House

Sumber : https://www.instagram.com/azkianswer

Di Lembang Kabupaten Bandung Barat memang sudah dikenal sebagai salah satu surga nya wisata di Bandung. Banyak sekali bermunculan tempat wisata yang baru dan mempunyai konsep yang menarik salah satunya Farmhouse Lembang ini. Mengusung konsep wisata farmhouse bernuansa Eropa yaitu perpaduan antara konsep suasana pedesaan, pertanian, peternakan dan aglikultur abad pertengahan. Sebuah konsep wisata yang sangat unik dan bisa dikatakan masih sangat jarang ditemukan di Indonesia. Rumah Hobbit di Farmhouse Susu Lembang merupakan salah satu spot berfoto paling favorit yang paling diburu oleh para pengunjung. Selain itu juga ada Lovelock Farmhouse Susu Lembang, Kebun Binatang Mini Farmhouse Lembang, serta Bergaya Dengan Kostum Petani Eropa, Koboy, dan Indian.

Itulah deretan top 10 destinasi wisata yang ada di wilayah Bandung Raya. Dan tentunya masih banyak juga destinasi destinasi wisata lainnya yang harus kalian kunjungi ketika berlibur ke Bandung.

Comments

  1. Wah, tempat wisata Bandung ini belum aku kunjungi semua. Aku emang urang Bandung tapi meskipun dekat dari jakarta ke sana, udah jarang main2 sih. kepengen ajak anak2ku jalan2 menikmati suasana Dago, Tangkuban parahu dan kulineran di Lembang. Termasuk ke TSB juga mau ah cari waktu yang ga ramai banget. Tq infonya :0

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts