5 Gurun Pasir Di Indonesia Yang Wajib Masuk List Traveling


Jika kita berbicara tentang gurun pasir pastilah pikiran kita langsung akan tertuju ke Benua Afrika dengan Gurun Sahara nya yang sangat identik dengan panas dan gersang. Atau Gurun Gobi yang berada di Selatan Mongolia dengan luasnya 1,295 juta km². Tidak harus jauh jauh untuk bisa menikmati pemandangan eksotis gurun pasir, di Indonesia pun ternyata memiliki gurun atau gumuk pasir yang tak kalah menawan dengan gurun gurun yang ada di luar negeri.

1. Padang Pasir Berbisik, Bromo 


Foto : www.instagram.com/abdulrokhmanpas 

Terletak di sebelah Timur kawah gunung bromo di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, nama tempat ini mulai terkenal ketika film karya sutradara Nan Achnas tahun 2001 silam yang berjudul Pasir Berbisik mengambil lokasi syuting di tempat ini. Dengan ketinggian 2000 mdpl fenomena pasir berbisik muncul karena ketika angin bertiup, butiran-butiran pasir bertebangan dan terdengar seperti bisikan yang sampai ke telinga setiap orang yang melewatinya. Bentuknya juga bergelombang menyerupai ombak-ombak kecil. Pasir Berbisik juga sering digunakan untuk objek atau tempat hunting foto para traveller serta photographer, serta menjadi kawasan wisata berkuda di sekitar Bromo.

2. Gumuk Pasir Parangkusumo, Yogyakarta 


Foto : www.instagram.com/rizkanif 

Terletak di antara pantai Depok dan pantai Parangtritis, Gumuk Pasir Parangkusumo ini berjarak sekitar 35 KM dari pusat kota Yogyakarta. Konon, pasir-pasir di sini terbawa dari material Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang terbawa dan terkikis oleh arus Sungai Progo.
Banyak yang menjuluki Gumuk Pasir Parangkusumo ini sebagai Gurun Sahara nya Yogyakarta, tempat ini juga memiliki keunikan fenomena alam pasir berpindah seperti gurun Gobi di Mongolia.
Tidak hanya bisa menikmati pemandangan gurun pasir yang mengagumkan, di sini kamu juga bisa mencoba olahraga extreme sand boarding, atau menikmati sunset dengan berfoto di spot instagramable yang ada di Gumuk Pasir Parangkusumo.

3. Bukit Pasir Busung, Bintan


Foto : www.instagram.com/lalakarmela 

Hampir sama dengan Tebing Breksi di Yogyakarta dan Bukit Jaddih di Madura, Bukit Pasir Busung ini merupakan sisa sisa pertambangan Bauksit  yang ada di Bintan. Berlokasi sekitar 47 KM dari Tanjungpinang atau 60 Menit perjalanan menggunakan kendaraan pribadi, Bukit Pasir Busung ini sangat mudah diakses karena berada di pinggir jalan raya.
Bukit Pasir Busung ini cukup luas dengan bukit pasir halus jika dilihat dari kejauhan, disaat terik, warna pasirnya akan terlihat merona. Dan bonusnya terdapat danau berwarna biru yang sangat kontras dengan warna pasir di bukit ini yang cenderung putih.

4. Padang pasir Oetune, Timor Tengah Selatan (NTT)


Foto : www.instagram.com/akhdannur 

Selain mempunyai pulau Komodo, Kanawa, dan Padar, Nusa Tenggara Timur juga mempunyai salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan yaitu Padang Pasir Oetune. Terletak di pantai Oetune yang dapat ditempuh selama 2,5 jam dari Kupang, ibukota provinsi Nusa Tenggara Timur. Pantai yang terletak di Kabupaten Timor Tengah Selatan ini menjadi favorit wisatawan karena memiliki pasir yang berwarna putih yang terbentang luas dipinggir pantai.

5. Gumuk Pasir Rantebua, Toraja Utara 


Foto : www.instagram.com/apinkpinkk 

Selain terkenal dengan tradisi Ma'nene, Tana Toraja juga ternyata menyimpan potensi wisata alam yang sangat menakjubkan. Adalah Gumuk Pasir Rantebua yang letaknya berada di Lembang Rantebua Sumalu, tepatnya di dusun Buntu Rondo, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Lokasinya sekitar 45 Menit dari Kota Rantepao jika di tempuh menggunakan Kendaraan roda dua. Lokasi Gumuk Pasir Sumalu ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat dan dua.
Bukit pasir hitam ini memiliki pemandangan yang unik dan sangat mengesankan, hamparan pasir yang bentuknya berbukit-bukit dengan alur yang tidak simetris tapi sangat menawan dipandang mata. Alur-alurnya tersusun memanjang mengikuti lekuk-lekuk di sekitar bukit.

Nah itulah 5 gurun atau gumuk pasir yang ada di Indonesia dan sangat mengagumkan bukan?. Jadi gak harus pergi ke Afrika atau ke Mongolia untuk bisa menikmati indahnya gurun pasir klo di Indonesia pun ternyata ada yang sama eksotis nya.

Komentar

  1. Baru pernah ke nomor 1,2, ama 3 aja.. Yang nomer 4 ama 5 belum kesampaian..

    BalasHapus
  2. Ah, yang di luar Pulau Jawa belum semua. Pengin ke Rantebua. Pasirnya hitam, ya? Mengandung besikah?

    BalasHapus
  3. Di Bandung barat ada nggak Kang ? Hehe paling deket di Jogja yah. Lumayan buat wisata baru sekaligus postingan IG

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di kbb mah galin pasir nu banyakna hehehe harese ah diajak maju na

      Hapus
  4. Belum pernah mampir sama sekali

    Insya Allah akhir tahun ini planning travelling ke NTT kayaknya bakal saya masukin ke list kunjungan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh alhamdulillah udh ada planing kesana ya mba. Makasih udh mampir πŸ™

      Hapus
  5. Bagus-bagus ya...aku sih pernahnya ke Gumuk Pasir Parangkusumo, bagus cuma kalau pas ada angin kencang siap-siap kelilipan hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe ini harus siap masker sama kacamata buat jaga jaga

      Hapus
  6. Dari kelima gurun pasir di Indonesia yang ada di artikel ini, saya baru ke Gumuk Pasir Parangkusumo yang dekat rumah aja. Hiks. Indonesia kaya akan alamnya yang indah ya... pengen bisa mengekspore keliling Indonesia melihat alam yang indah ini....

    BalasHapus
  7. Dari kelima Padang pasir di atas yang familiar saya tahu nomor 1 dan 2. Jadi nambah pengetahuan juga setelah baca ini, ternyata di Toraja, NTT, dan Bintan juga ada padang pasir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba aku juga jadi bisa sharing sama yg lainnya tentang indahnya indonesia

      Hapus
  8. Wah..blm ada yg kukunjungi satu pun.. hiks.. Ok deh, masuk catatan nih.. TFS ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gpp semoga bisa jadi list untuk tempat yg akan dikunjungi nantinya

      Hapus
  9. Ternyata Padang pasir ngga hanya ada di Timur Tengah ya Bang Diaz, Indonesia juga ada! Aku penasaran dengan lokasi syuting Pasir Berbisik deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya mba dewi, potensi wisata kita gak kalah sama yg ada diluar lohh

      Hapus
  10. Wah gurun pasir yg di Bintan itu instagramable banget ya..kontras sama warna airnya. Bermanfaat sekali infonya..tfs kang diazπŸ‘

    BalasHapus
  11. Asik nih referensinya. Aku sendiri baru datang ke 2 dari 3 gurun pasir di Indonesia.

    Mas, bolehkah kasih saran? Tambahin cerita personalmu saat main ke gurun2 pasir itu dong. Jadi rasanya seperti dengar cerita perjalanan teman, bukan sedang baca media online. Just my opinion ya. Kalo nggak setuju, maafkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap mba dini aku nanti coba bikin lagi yah. Makasih masukan nya

      Hapus
  12. Cakep pakai banget. Ingin ke nomer 4 dan 5 itu, kapan ya ada sponsored

    BalasHapus
  13. pengen ke sana semua. Keren abis apalagi kalau foto-foto ala geonusantara gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupp bukan cuma mengexplore tapi bisa menjadi ajang mengasah kemampuan baik foto maupun video

      Hapus
  14. Gumuk pasir Rantebua itu kukira baukit karang..., bentuknya keliatan padat sih.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa awalnya sama aku kira karang. Karena sudah mengendap lama jadi mengeras dibeberapa bagian

      Hapus
  15. Oetune itu di kampungku dan memang agak jauh untuk ke sana. Signal internet pun masih susah di sana

    BalasHapus
  16. Semua gurun pasirnya buat ngiler untuk dikunjungi yah,bang. Duh kumau coba salah satunya pun jadi lah,hahahaha. SEjauh ini ku hanya melihat dari dunia maya aja penampakan si gurun pasir tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gpp mba minimal ini jadi racun dulu buat kita jadi mau explore indonesia hehehe

      Hapus
  17. aku nomer 1 dan 2 udah pernah
    yg nomer 1 asyik banget emang tapi klo motoran ngeri pernah jatuh pukkk empuk gimana gitu hehe

    mau coba yang lainnya nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha walaupun pasir klo jatuh pas kecepatan tinggi tetep aja lecet ya hehehe

      Hapus
  18. Baru ke nomer 1 dan 2 aja. Lainnya belum. Hiks. Yang paling bikin yang di NTT, berasa kayak di Timur Tengah. Keren!

    BalasHapus
  19. Kalau yang di NTT kelihatan kayak di Timur Tengah. Lengkap banget ya wisata di Indonesia ini. Jadi kayaknya ngubek-ngubek Indonesia aja gak bakal habis-habis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupp indonesia kaya bukan cuma alam dan budayanya saja, sejarah serta kuliner nya juga

      Hapus
  20. wahh di Sumenep ada juga loh.. di pantai slopeng.. unik banget. Kalo yg di NTT itu cakep banget yak..

    BalasHapus
  21. Menawan hati yaa..pemandangannya sungguh indah.
    Adakah hewan liar yang berada di gurun-gurun pasir tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo malam mungkin ada, Klo pas siang blm pernah denger hehehe paling kaya kadal atau ular yg pernah lewat

      Hapus
  22. wowwww! semuanya keren-keren dan kece. Gak nyangka itu ada di Indonesia

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah Gurun Pasir Busung di Bintan ada dalam list. Hehe. Bearti sudah banyak yang tahu nih dan tempat ini sudah mulai terkenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kereeen mba, iya minat orang terhadap wisata beragam gak cuma yg biasa

      Hapus
  24. wahh diantara 5 ini. b lum ada yang pernah kukunjungi. haha.. pengen ke yang NTT nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masuk list buat kunjungan yah mba hehehe mudah2an bisa semua ke kunjungi

      Hapus
  25. Yang aku pernah tuh ke Pasir Berbisik Bromo. Cuma sekali ke sana dan itu oengalaman menyenagkan banget. Foto2an di mobil jeep juga dan ke Bukit Teletubbies seruuu. kpn2 mau lagi ah. TFS ya.

    BalasHapus
  26. Bikin pingin ih, catet ah , ntar satu persatu diwujudkan 😊😊

    BalasHapus
  27. Terlihat eksotis dan menawan yaa... Pengen ke Pulau busung bintan, bekas tambangnya jadi keren bgt gitu. .airnya terlihat biru...

    BalasHapus
  28. Wah padang pasir Outune keren kaya di Gurun Sahara beneran.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer