10 Tempat Camping Favorit Di Bandung


Bandung selain memiliki berbagai tempat wisata juga dikenal sebagai tempat yang cocok untuk staycation. Wisata alam, budaya, dan man made begitu memanjakan para pengunjung yang datang ke Kota Bandung.

Konsep nomadic tourism yang diperkenalkan Kementerian Pariwisata Indonesia pada awal tahun 2018 lalu dirasa cocok dengan iklim dan pola traveling saat ini. Salah satunya kegiatan camping yang kembali menjamur seperti saat ini.

Dan di Bandung sendiri ternyata memiliki beberapa tempat camping yang menjadi favorit untuk dikunjungi para traveller baik dari luar kota Bandung maupun disekitaran Bandung Raya.


1. Rancaupas

www.instagram.com/panjiandhikagustiputra 
Terletak di ketinggian 1700 mdpl di Selatan kota Bandung, Bumi Perkemahan (Buper) Rancaupas ini seolah menjadi magnet bagi para traveller yang ingin menikmati indahnya alam dengan ber-camping ria.

Berjarak sekitar 43 KM dari pusat kota Bandung, Buper Rancaupas selain udara yang dingin di pagi hari kita juga akan disuguhi pemandangan alam yang sangat indah ketika matahari terbit. Di Rancaupas ini juga terdapat penangkaran rusa yang jinak sehingga menarik pengunjung untuk datang bahkan hingga berselfie dengan sang rusa nya.


2. Oray Tapa

www.instagram.com/mr.chunks85 
Sepintas orang akan tertegun mendengar nama tempat ini, nama Oray Tapa berasal dari dua kata yaitu Oray atau ular dan tapa atau semedi. Entah berasal dari mana nama tempat ini dinamai Oray Tapa. Tetapi yang jelas di Oray Tapa ini menjadi tempat favorit warga Bandung dan sekitarnya untuk mendirikan tenda dan menikmati udara pagi yang sejuk diantara hutan pinus.

Diatas ketinggian 700 mdpl ini kita akan disuguhi pemandangan kota Bandung yang indah dengan gemerlap nya lampu ketika malam hari tiba. Berjarak sekitar 10 KM dari Gedung Sate Bandung, melewati Jl. A.H Nasution menuju daerah Sindanglaya.

3. Batu Kuda

www.instagram.com/selviaanr 
Terletak di Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, tepatnya berada di kaki Gunung Manglayang sebelah Timur kota Bandung, nama Batu Kuda sudah tidak asing di telinga pecinta wisata camping disekitaran Bandung.

Dengan ketinggian 1150 mdpl yang akan langsung menyuguhkan hawa sejuk ketika kita menginjakkan kaki di tempat ini. Beberapa fasilitas yang ada di bumi perkemahan ini diantaranya toilet pria dan wanita yang dipisah, mushola, serta jajaran warung penjual makanan ataupun minuman membuat tenang para pengunjung kalau kehabisan bekal.


4. Gunung Putri

www.instagram.com/guekoy 
Lembang yang identik dengan suhu yang dingin tidak membuat para pencinta camping berkurang atau mundur. Salah satu daerah di Lembang yang menjadi lokasi favorit untuk bercamping ria adalah Gunung Putri Lembang.

Hanya beberapa kilometer sebelum pintu masuk Gunung Tangkuban Parahu, Gunung Putri yang memiliki ketinggian 1587 mdpl akan memberikan pemandangan alam yang mempesona bagi para pengunjung.

Hamparan perkebunan dibawah yang tertutupi kabut ketika pagi hari terlihat kontras apalagi ketika matahari pagi baru akan muncul. Tidak salah Gunung Putri ini menjadi lokasi favorit untuk hunting sunrise atu sunset bagi penyuka fotografi.


5. Gunung Puntang


www.instagram.com/variscaravano 
Kawasan yang terletak di Selatan Bandung sekitar 17 KM dari Kota Bandung banyak menjadi pilihan para pengunjung terutama pecinta alam untuk menghabiskan malam nya di area perkemahan ini.

Diatas ketinggian 2223 mdpl bumi perkemahan Gunung Puntang ini menghadirkan pemandangan layaknya kita sedang berada di negeri diatas awan. Daun daun pinus yang seperti menempel di langit dengan kabut yang menyelimuti area perkemahan.

Di Gunung Puntang ini juga terdapat beberapa tempat yang menarik untuk dikunjungi seperti reruntuhan bekas stasiun radio dijalan Belanda, sungai dengan aliran airnya yang bening, serta air terjun atau curug di ujung sebelah Timur.


6. Puncak Salam

www.instagram.com/diazhollic 

Mungkin sebagian orang kurang mengenal nama Puncak Salam ini, bahkan orang Bandung sekalipun. Tapi jika ditanya tentang Kampung Adat Cireundeu? Pasti sebagian sudah mengenalnya. Puncak Salam ini secara administratif berada di Kampung Adat Cireundeu Kelurahan Leuwigajah Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi.

Berjarak sekitar 20 KM dari pusat kota Bandung, Puncak Salam ini memiliki ketinggian 927 mdpl memang tidak setinggi gunung gunung lainnya yang ada di Bandung. Tetapi pemandangan yang akan kita dapat ketika melihat matahari terbit serta view kota Bandung diatas Puncak Salam akan membuat kita takjub.

Satu hal lagi yang menarik adalah kita diharuskan mendaki Puncak Salam tanpa menggunakan alas kaki, karena hal itu sudah menjadi aturan dari Kampung Adat Cireundeu. Ohh iya satu lagi yang menjadi ciri khas di Cireundeu ini adalah masyarakat adat nya tidak mengkonsumsi nasi sebagai sumber makanan pokok, tetapi menggantinya dengan ketela atau singkong yang diolah menjadi rasi (beras singkong). Dan ini sudah berlangsung selama hampir seratus tahun secara turun temurun.

7. Gunung Bendera

www.instagram.com/andresaktiyanto 
Gunung Bendera ini mulai viral di media sosial di pertengahan tahun 2018 lalu. Memiliki ketinggian 1403 mdpl dari atas Gunung Bendera ini kita bisa melihat secara langsung view daerah Padalarang dan sekitarnya serta indahnya liukan anak sungai yang mengalir menuju bendungan Saguling.

Untuk mencapai lokasi gunung bendera ini bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum ataupun pribadi. Dari arah Bandung atau Cimahi menuju ke arah Barat Padalarang dan belok ke kiri memasuki Jalan G.A Manulang hingga melewati daerah Pusdikkav Purabaya. Dari sana maju sekitar 100 meter belok kanan menuju kampung Pojok Gantungan Desa Jayamekar Kecamatan Padalarang.

8. Gunung Artapela

www.instagram.com/mulya.di

Gunung Artapela dengan ketinggian 2194 mdpl yang terletak di Desa Sukapura Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung ini menjadi incaran para pengunjung yang suka mendaki hingga kemping disana.

Para pengunjung bisa menyaksikan indahnya sunset, sunrise, dan padang rumput yang menghijau di sekitar gunung. Tak hanya itu, para pengunjung bisa menikmati indahnya Danau Aul yang terdapat di bawah puncak Gunung Artapela.

Untuk mencapai Gunung Artapela ini yang berjarak 50 KM dari pusat kota Bandung, kita harus menuju arah Buahbatu terus ke arah Ciparay/Majalaya, dan belok kanan menuju arah Pacet. Dan masuk menuju posko jaga di Desa Sukapura Kecamatan Kertasari.


  9. Gunung Burangrang


www.instagram.com/deltaramdani4 

Gunung Burangrang yang mempunyai ketinggian setinggi 2.064 mdpl ini merupakan salah-satu gunung sisa dari hasil letusan besar Gunung Sunda di Zaman Prasejarah. Gunung Burangrang secara administratif berada di antara 2 kabupaten yaitu Bandung Barat & Purwakarta. Di sisi utaranya adalah Gunung Tangkuban Perahu.  

Jalur pendakian Burangrang sendiri ada 3 jalur : via Legok Haji, Lawang Angin/Kopassus, dan Purwakarta. Belakangan ternyata ada juga jalur lewat Cimahi. Jalur Lawang Angin/Kopassus biasanya jarang dijadikan jalur utama karena membutuhkan perizinan khusus dari Kopassus. Umumnya pendaki melalui jalur Legok Haji dengan patokan Curug Cipalasari.

Apabila melalui jalur pendakian Legok Haji ini terdapat 5 pos sebelum puncak dengan waktu tempuh kurang lebih sekitar 1 jam 45 menit dari basecamp sampai puncak jika cuaca normal. Puncak Burangrang ditandai dengan tugu SPN Polda Jabar berwarna oranye. Puncak Burangrang sendiri terdiri dari 2 pundukan yang dihubungkan sebuah jalur sempit dengan kiri kanan jurang. Di masing-masing pundukan terdapat tempat luas yang bisa digunakan untuk sekitar 5-6 tenda. 

10. Jayagiri


www.instagram.com/independent_hikers_jabar 
Berbicara tentang tempat kemping di Bandung tidak bisa terlepas dari daerah yang satu ini. Yupp Jayagiri, sebuah daerah di Lembang Bandung Barat yang sudah sejak lama menjadi tujuan para pecinta alam atau hikers untuk menghabiskan waktu sambil menikmati indahnya alam Lembang.

Ketinggian 1500 mdpl yang tidak terlalu ekstrem membuat Jayagiri terkenal di kalangan pendaki pemula. Namun ada satu kelebihan dari Jayagiri ini, yaitu tersedianya sumber air dan warung yang dekat dengan lokasi camping ground, para pendaki biasa menyebut warung tersebut dengan warumg emak. Jadi bukan tidak mungkin jika anda melakukan perjalanan dengan perbekalan minim, karena di warung emak, anda dapat mengisi kembali perbekalan anda.

Itulah 10 tempat camping favorit yang ada didaerah seputaran Bandung yang mungkin pernah atau bahkan belum pernah dikunjungi. Yuk share pengalaman dan daerah mana yang ingin kalian kunjungi untuk menghabiskan waktu di alam bebas.

Comments

  1. MasyaAllah pemandangan alamnya buat camping asik semua kak. Jadi bingung mau nginep kemana wkwkwk. 10 tempat camping ini wajib banget dikunjungi smeia ya. Ngiler jadinya. Apalagi rame2 bareng Sahabat seru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua daerah pasti punya potensi wisata yg bisa dimunculkan. Salah satunya seperti bumi perkemahan ini mba

      Delete
  2. Bandung punya banyak spot bagus untuk camping ya. Mantap banget nih

    ReplyDelete
  3. Jadi rindu kempiiiing
    Trakhir aku kemping (lebih ke arah glamping sih) di Jogja
    Pengin coba di BDG jugak
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh Klo glamping mah super duper fasilitasnya hehehe. Ayokk ke Bandung

      Delete
  4. Terakhir camping tuh tahun lalu di Dieng, dinginnya ya Alloh. Trus pindah ke homestay, wkwkwkkk. BAngun pagi aja nggak bisa wudhu karena kran nya macet, airnya jadi beku waktu itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduhh klo Dieng mah juara banget dinginnya hehehe blm sempet nyobain kesana

      Delete
  5. Ternyata banyak juga ya, tempat kamping di Bandung, tahunya Rancaupas, Jaya Giri, sama Cikole. Gunung Bendera menarik juga. Kapan atuh kamping Mang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha hayu kang ntar konsepnya blogcamp ajakin yg lain hehehe

      Delete
  6. Semua tempat campingnya menggoda sekali, ku sih belum pernah mencoba salah satunya. Ini bisa dijadikan referensi saat nanti aku pergi ke Bandung lagi ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap klo mau nyobain kemping ke bandung kabarin aja hehehe

      Delete
  7. wahh banyak tempat camping seru ya di Bandung, boleh kapan-kapan kalo ke sana hehe. thanks for sharing ya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts