Inilah 10 Manfaat Buah Alpukat Bagi Tubuh Kita


Alpukat, Alpuket, Avocado (Persea americana) adalah buah tropis yang berasal dari dataran rendah/tinggi Amerika Tengah lebih tepatnya Meksiko dan diperkirakan sudah masuk ke Indonesia sejak abad ke-18. 

Selain bisa meningkatkan kesehatan dan memiliki kandungan gizi yang tinggi serta rasa yang enak, ternyata alpukat juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Dan berikut adalah beberapa manfaat dari mengkonsumsi buah alpukat :

1 . Manfaat untuk kehamilan

Alpukat adalah sumber alami folat, dimana yang sangat penting bagi perkembangan janin yang sehat. Versi sintetis asam folat direkomendasikan untuk semua wanita yang berencana ataupun yang sedang hamil, dan mengkonsumsi buah alpukat ini adalah pilihan yang lebih tepat, sederhana, enak dan alami.

2 . Alpukat mengandung lemak baik

Kita mungkin pernah mendengar beberapa pernyataan yang beredar di masyarakat bahwa kita harus menghindari mengkonsumsi alpukat karena kandungan lemaknya yang tinggi. Memang benar, alpukat itu mempunyai kandungan lemak yang tinggi . 

Namun lemak tinggi pada alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal atau ‘ lemak baik ‘ yang akan membantu menjaga kesehatan jantung, serta membantu untuk menurunkan tekanan darah. Lemak tak jenuh tunggal yang ditemukan dalam alpukat juga dapat membantu untuk membalikkan resistensi insulin yang dapat mengarah pada diabetes tipe 2.
3 . Sumber vitamin E tinggi.

Alpukat adalah buah yang kaya akan kandungan vitamin E tertinggi. Vitamin E merupakan vitamin penting, yang membantu untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Vitamin E juga memiliki efek positif pada penyakit jantung, stroke, pencegahan kanker, dan pengembangan katarak, dan banyak diklaim memiliki sifat anti penuaan.
4 . Sumber serat.

Alpukat kaya akan kandungan serat, baik serat larut maupun serat tidak larut. Hal ini berarti alpukat juga bisa membantu mengurangi kadar kolesterol dengan cara mencegah penyerapan kembali oleh tubuh, membantu mempertahankan fungsi usus, dan dapat mencegah lonjakan gula darah setelah makan.
5 . Meremajakan kulit.

Nah, manfaat alpukat selanjutnya ternyata sangat baik untuk mencegah terbentuknya radikal bebas dalam tubuh berkat kandungan vitamin C dan Falvonoid di dalamnya. Kalau rutin mengaplikasikan maskeralpukat maka akan bermanfaat untuk membantu metabolisme proses peremajaan sel kulit di wajahmu berjalan baik dan sempurna.

6 . Alpukat adalah makanan bagi otak.

Gak percaya kan kalo alpukat ini ternyata termasuk kedalam salah satu makanan otak yang sehat dan terbaik, yang dapat dikonsumsi untuk membantu mengurangi risiko terkena Alzheimer (Penyakit Pikun). 

Kandungan Omega 3 serta vitamin E yang secara alami ada dalam alpukat telah terbukti secara klinis mampu menghentikan laju penyakit Alzheimer, dan bahkan mungkin bisa mengembalikan ke tahap sangat awal.

7 . Membantu penyerapan nutrisi yang lebih baik 

Mengkonsumsi alpukat secara rutin dapat meningkatkan jumlah karotenoid yang diserap dari makanan hingga sebanyak 5 kali. Karotenoid ini adalah termasuk ke dalam beta karoten dan likopen, yang merupakan nutrisi penting bagi kesehatan yang lebih baik.

Peningkatan ini bisa terjadi karena nutrisi dan enzim dalam alpukat bekerja mengurangi peradangan lambung dan peradangan pada lapisan mukosa usus halus. Jadi kita tidak hanya mendapatkan lezat serta banyaknya nutrisi yang terkandung dalam alpukat, tapi kita juga akan mendapatkan manfaat yang lebih besar dari makanan yang kita pilih untuk dimakan bersama alpukat.

Nah apalagi seperti saat saat sekarang terjadi wabah Corona yang sedang melanda, kondisi tubuh kita harus tetap fit. Dengan penyerapan nutrisi yang baik secara tak langsung akan menambah kesehatan (imun) tubuh kita.
8. Dapat membantu mencegah stroke.


Kandungan asam folat yang tinggi didalam buah alpukat juga bermanfaat untuk mengurangi resiko terserang penyakit stroke. Beberapa orang yang mengkonsumsi makanan yang mengandung folat tinggi, telah terbukti lebih sedikit yang terkena serangan penyakit stroke, dari pada yang hanya sedikit mengkonsumsi makan makanan yang mengandung asam folat.

9 . Menurunkan kolesterol

Sebuah hasil penelitian telah menemukan terjadinya penurunan kadar kolesterol sebanyak 17%, pada peserta yang meningkatkan makan buah alpukat secara rutin selama satu minggu. Para peneliti mempercayai hal ini disebabkan oleh kandungan beta sitosterol yang ada didalam buah alpukat, yang sebelumnya telah ditemukan membantu menurunkan kadar kolesterol.
10 . Melindungi kesehatan mata

Perlu diketahui, mengkonsumsi buah alpukat secara rutin dapat meningkatkan asupan Lutein, yang akan melindungi kita dari degenerasi makula dan pembentukan katarak. Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menentukan dengan tepat, apa sebenarnya yang dapat membantu melindungi kesehatan mata dari alpukat.

Nah itulah 10 manfaat yang kita dapatkan ketika mengkonsumsi buah alpukat. Selain enak dan nikmat manfaat yang lain nya pun ternyata sangat berguna untuk tubuh kita ini. Yuk mulai mengkonsumsi buah alpukat untuk kebaikan kita kedepannya.

Komentar

Posting Komentar