Serunya Smiling West Java Famtrip 2021


Ditengah pandemi seperti saat ini melakukan kegiatan berwisata alias traveling menjadi hal yang sangat berharga bagi saya ataupun para traveler di seluruh tanah air. Setelah setahun rasa khawatir akan virus Covid-19 ini terus menghantui, akhirnya saya beserta beberapa orang yang terpilih bisa mengikuti kegiatan "Smiling West Java Familiarization Trip" yang diinisiasi dan difasilitasi oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat.

Alhamdulillah ini mungkin kegiatan famtrip yang ke berapa kalinya bagi saya sendiri akan tetapi di setiap kegiatan famtrip pasti memiliki keseruannya tersendiri. Seperti famtrip kali ini yang akan mengexplore 3 Kabupaten di wilayah Priangan timur yakni Ciamis, Pangandaran, serta Tasikmalaya. 

Saya beserta para peserta yang terpilih pada H-1 kegiatan diwajibkan datang ke kantor Disparbud Provinsi Jawa Barat untuk mengikuti Rapid Test Antigen yang merupakan salah satu syarat wajib untuk mengikuti acara famtrip. Pukul 10.30 WIB saya sudah berada di lokasi, terlihat beberapa orang peserta dan panitia yang sudah sering saya temui di kegiatan bidang pemasaran Disparbud Provinsi Jawa Barat.

Selang menunggu selama 30 menit akhirnya hasil dari Rapid Test Antigen pun keluar. Alhamdulillah semua peserta famtrip dinyatakan negatif. Setelahnya kami pun melanjutkan kegiatan perkenalan serta briefing untuk acara besok di lantai 3.



Pagi hari buta saya sudah mengendarai sepeda motor menembus dingin nya udara yang menusuk ke tulang sama kaya lagunya Pamungkas itu tuh hehehe. Saya sengaja menuju rumah Adira yang juga bareng ikut di acara ini biar nanti motor bisa dititipkan di rumahnya. Soalnya bukan apa-apa, klo saya simpan motor di lokasi pemberangkatan yakni di Monumen Juang (Monju) sangat tidak direkomendasikan. Apalagi acaranya berlangsung 4 hari. Jadi nyari aman aja deh, ikut nitip motor nya dirumah Adira (hehehe nuhun Dir).

Setelah registrasi dan sarapan, kami pun berkumpul untuk mendengarkan sambutan serta amanat dari pak Kepala Disparbud Jawa Barat yang sekaligus melepas peserta Famtrip kali ini. Dalam sambutannya Kepala Disparbud Provinsi Jawa Barat Dr.H. Dedi Taufik, M. Si. mengatakan Jawa Barat merupakan salah satu tujuan wisata favorit di Indonesia yang terkenal akan keindahan Gunung, Rimba, Laut, Pantai, dan Sungainya (GURILAPS). Sayangnya sejak pandemi Covid-19 menyerang di tahun 2020 lalu, dampaknya terasa sangat besar terhadap sektor pariwisata, budaya, ekonomi kreatif serta ekosistem nya terpaksa terhenti. 


Ditahun 2021 ini harapan baru muncul dengan adanya vaksinasi untuk seluruh masyarakat Indonesia. Pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengeluarkan suatu standar CHSE (Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability) untuk sektor pariwisata.

Hal ini untuk melindungi dan memberikan keamanan serta kenyamanan bagi wisatawan serta menciptakan pariwisata yang berkualitas. Disparbud Provinsi Jawa Barat  melalui Bidang Pemasaran menyelenggarakan kegiatan "Smiling West Java Familiarization Trip" untuk mengajak peserta secara langsung melihat dan merasakan pariwisata di Jawa Barat sudah siap dan mengimplementasikan protokol kesehatan yang berstandar CHSE.

Comments

Popular Posts