Hindari Asam Lambung Saat Berpuasa Dengan Mengkonsumsi Makanan Ini

Di masa-masa menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan terkadang ada saja hambatan yang kadang membuat puasa kita terganggu bahkan akhirnya menjadi batal. Selain terkurasnya stamina kita di siang hari karena berpuasa, terkadang sering muncul penyakit "langganan" bagi orang-orang mempunyai gangguan pencernaan terutama masalah lambung.

Salah satu penyakit yang rutin menimpa para penderita masalah di perut ini adalah asam lambung. Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah munculnya rasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan. Gejala penyakit asam lambung muncul minimal 2 kali dalam seminggu.

Penyakit asam lambung dapat diatasi dengan mengubah perilaku sehari-hari, seperti menurunkan berat badan, tidak langsung berbaring setelah makan, dan berhenti merokok. Selain itu kita juga dapat mengkonsumsi obat-obatan untuk mengatasi penyakit asam lambung dan meringankan maag akibat asam lambung.

Dan ternyata selain tips-tips diatas ternyata ada beberapa makanan dan buah-buahan yang sangat direkomendasikan para ahli gizi untuk mengurangi terjadinya asam lambung, apalagi ketika menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan.

1. Buah Pisang 

Siapa yang tidak mengenal buah pisang, buah yang kaya akan serat ini ternyata bisa meminimalkan gejala asam lambung. Karena buah pisang mengandung senyawa basa yang berfungsi melawan asam. Kadar pH yang terkandung didalamnya sebesar 5-6 mendekati netral.

Dengan kelebihan kaya akan serat inilah, pisang dapat meningkatkan kinerja sistem pencernaan dan mempercepat "arus" makanan menuju pencernaan. Ternyata makanan apabila terlalu lama terjebak didalam usus dapat memicu peningkatan asam lambung.

2. Oat meal 

Kandungan serat yang dimiliki oatmeal ini ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan terutama pencernaan. Selain praktis untuk disantap, oatmeal merupakan sumber serat yang sangat baik. Kandungan serat yang ada di oatmeal selain meningkatkan kesehatan pencernaan, juga bisa mengurangi sembelit atau kontipasi.

Selain bisa menurunkan resiko peningkatan asam lambung, oatmeal ini berfungsi menciptakan rasa kenyang lebih lama, sehingga membuat tubuh tetap bugar dan antilemas saat menjalankan ibadah puasa.

3. Sayuran Hijau 

Cung siapa yang suka sama sayuran hijau??selain mengandung nutrisi dan vitamin, ternyata sayuran hijau ini bisa juga menjadi alternatif sajian untuk mengurangi kadar asam lambung.

Sayuran seperti bayam, asparagus, atau kale mengandung senyawa alkalin yang sangat tinggi yang baik untuk perut dan sistem pencernaan. Selain itu kandungan lemak dan gula nya pun sangat rendah, sehingga bisa menurunkan kadar asam lambung di perut.

4. Yoghurt 

Hasil olahan dari fermentasi susu ini ternyata mempunyai kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi sistem pencernaan. Kandungan prebiotik yakni jenis bakteri baik yang ditemukan di pencernaan yang berfungsi meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Sama halnya seperti pisang, yoghurt juga memiliki efek menenangkan yang bisa mengusir efek rasa tak nyaman pada perut. Yoghurt juga merupakan sumber protein yang baik, sehingga bisa membantu meningkatkan kemampuan mencerna makanan dengan baik.

5. Buah Melon 

Buah melon yang bercita rasa ini mempunyai kadar air dan mengandung alkalin yang cukup tinggi, dan menjadi salah satu sumber magnesium yang baik.

Magnesium ini ternyata banyak sekali ditemukan penggunaannya sebagai salah satu obat untuk menyembuhkan gejala asam lambung.

Nah itulah 5 makanan yang baik dikonsumsi untuk menurunkan atau meminimalisir meningkatnya asam lambung ketika sedang menjalankan ibadah puasa ramadhan. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi sumber informasi bagi kita semua. Haturnuhun.

Comments

Post a Comment

Popular Posts