Mata Air Sirah Cipelang : Wisata Sumedang Dengan Spot Foto Underwater Keren


Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat ternyata memiliki sejumlah potensi pariwisata yang layak dikembangkan. Meskipun sebenarnya Sumedang tinggal menunggu multiple effect dengan hadirnya Bandara Kertajati, beroperasinya Tol Cipali, penetapan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Jatigede, serta tinggal menunggu beroperasinya Tol Cisumundawu. Hal ini tentunya harus dipersiapkan dari sekarang guna terciptanya sebuah konsep destinasi wisata yang berkelanjutan (sustainable).

Salah satu destinasi wisata yang berpotensi bisa menjadi destinasi unggulan di Kabupaten Sumedang yaitu Mata Air Sirah Cipelang. Destinasi wisata yang berlokasi di Desa Cipamekar Kecamatan Conggeang Kabupaten Sumedang. Mata Air Sirah Cipelang ini merupakan sumber mata air yang berasal dari Gunung Tampomas yang dulu nya merupakan sumber mata air yang dipergunakan sebagai sumber air bagi warga sekitar, dan beberapa tahun kebelakang mulai dikembangkan menjadi sebuah tempat wisata dengan dibangunnya kolam renang disini.



Karena mata air nya keluar dari bukit kecil dibawah rimbunnya pepohonan yang berada di kawasan ini, maka air yang ada di Mata Air Sirah Cipelang ini sangatlah jernih. Dengan kedalaman air sekitar satu meter, kita bisa dengan jelas melihat dasar mata air. Bahkan tak jarang para pengunjung yang menggunakan Mata Air Sirah Cipelang ini sebagai spot foto under water atau hanya sekedar berswafoto (selfie). Terkadang kita bisa berfoto dibawah air dengan ditemani beberapa ikan yang hidup di sumber mata air ini.

Suasana di sekitar Mata Air Sirah Cipelang ini sangatlah sejuk karena berada di kawasan yang dipenuhi pepohonan yang rindang dan menghijau. Udara yang masih alami dan segar khas pedesaan yang jauh dari hiruk pikuk nya keramaian perkotaan. Membuat siapapun yang berkunjung akan betah untuk berlama-lama menikmati keindahan serta keasrian Mata Air Sirah Cipelang. 



Untuk bisa sampai menuju ke Mata Air Sirah Cipelang, pengunjung bisa menggunakan sepeda motor atau kendaraan roda empat. Atau juga bisa menggunakan Angkutan Pedesaan Sumedang - Buahdua lewat Conggeang. Kemudian turun di Dusun Jambu, dilanjut berjalan kaki atau menggunakan jasa tukang ojeg ke arah timur menuju Desa Cipamekar sekitar 1 km. 

Untuk tiket masuk pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 7.000,- dan parkir kendaraan Rp 5.000. Cukup terjangkau dan worth it dengan apa yang pengunjung dapatkan disini. Selain bisa menikmati asri dan indahnya pemandangan Mata Air Sirah Cipelang, kita juga bisa terus eksis di sosial media dengan hasil foto-foto yang keren disini. Jadi kapan kalian berkunjung ke Mata Air Sirah Cipelang?

Comments

  1. Mata air nya sejuk banget adem jernih lagi. Kalau tau dari dulu aku kesana pasti main juga. Serius ini keren banget deh.

    ReplyDelete
  2. Wih, harga tiket masuknya murah amat ... di sana banyak spot foto keren, alamnya terlihat masih sangat asri.

    ReplyDelete
  3. Sumpah pengen ikutan nyeburrr rasanya
    Dilihat pake mata aja seger bangett inii. Apalagi ngerasain beneran yaa

    ReplyDelete
  4. Huwaa keren banget deh kak tempat wisatanya, kapan kapan aku pengen deh kesana

    ReplyDelete
  5. kupikir ini di Malang.. di Malang ada sumber sirah.. namanya mirip, view nya juga mirip hehe

    ReplyDelete
  6. Indonesia emang kaya akan wisata indah ya, liat ini jadi kangen jelajah indonesia

    ReplyDelete
  7. Seger banget tuh airnya. Pasti happy kalau ke sana bermain air rombongan sama temen.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts