Tingkatkan Metabolisme Tubuh Dimasa Pandemi Dan Mencegah Peradangan Dengan Konsumsi Taurine


"Gimana De udah sehat sekarang?" sapa Yoga salah satu teman SMP ku di chat whatsapp beberapa hari kemarin. "Alhamdulillah bro udah baikan" jawabku. "Jadi kapan mau turun ke lapangan lagi nih? kangen duet maen bola lagi bareng ente bro"tanya Yoga. "Secepatnya, sama ane juga udah gatal nih kaki pengen nendang hehehe" timpalku. 

Memang saya dengan Yoga yang berteman sejak jaman SMP mempunyai hobi yang sama yakni bermain sepakbola. Hampir satu minggu sekali kami selalu berlatih dan bermain bola bersama di salah satu klub amatir di daerah ku. Kecuali saya ataupun Yoga ada pekerjaan mendadak atau keluar kota, sudah dipastikan tidak bisa turun ke lapangan.

Hampir dua minggu kemarin saya harus beristirahat total dan isolasi mandiri di rumah. Yaa setelah bertahan sekian lama dari virus Covid 19 yang melanda semua belahan bumi, akhirnya saya pun merasakan ganasnya penyakit yang sangat ditakuti untuk saat ini. Alhamdulillah setelah dua minggu akhirnya saya bisa sembuh dan kembali menjalani kehidupan seperti biasanya. 

Meskipun demikian diawal-awal masa penyembuhan ada yang saya rasakan sedikit berbeda dengan badan ini. Terutama untuk masalah pernapasan. Untuk bernafas pun saat itu terasa agak sedikit berat. Berjalan kaki 100 meter saja nafas sudah ngosngosan minta ampun. Ternyata meskipun saya kembali sembuh tidak serta merta semuanya kembali normal. Virus Covid 19 ini ternyata menyisakan kerusakan (peradangan) didalam jaringan tubuh salah satunya paru paru. Seperti gejala yang saya alami diawal masa penyembuhan tadi.

Konsumsi Taurine Cegah Peradangan Tingkatkan Metabolisme 

Berbagai cara dilakukan banyak orang untuk menjaga kesehatan tubuh dimasa pandemi seperti saat ini, mulai dari berjemur di pagi hari, mengkonsumsi olahan herbal, atau berolahraga demi meningkatkan imun tubuh. Saya pun termasuk dari bagian masyarakat yang melakukan rutinitas tersebut. Ditambah lagi saya rutin meminum suplemen kesehatan dalam bentuk minuman energi yakni Kratingdaeng Red Bull

Kalau ditanya kenapa saya memilih Kratingdaeng Red Bull karena kandungan yang ada didalamnya seperti Taurine 1000mg, cafeine 50mg, inositol 50mg, niacicinamide (vitamin B3) 20mg, pyrodoxine (vitamin B6) 5mg, dexpanthenol (provitamin B5) 5mg, cyanocobalamine (vitamin B12) 5mg, sugar (gula murni) 25g, procoaeu 4R CI 16255, tartrazine CI 19140, citric acid, sodium benzoate & flavouring.

Taurine ini merupakan salah satu jenis asam amino yang paling banyak ditemukan di tubuh, seperti otak, sumsum tulang belakang, jantung, dan retina. Taurine juga memiliki berbagai fungsi, antara lain mendukung pembentukan sel saraf dan mata, mempertahankan hidrasi dan keseimbangan elektrolit sel, pembentukan garam empedu, regulasi mineral dan kalsium di sel, serta berperan dalam meningkatkan metabolisme otot agar dapat bekerja lebih keras dan lama. Beberapa penelitian menunjukkan, taurine mencegah otot dari kelelahan, sehingga tidak salah bila taurine banyak ditemukan pada minuman berenergi.

Nah menurut artikel klikdokter yang saya pernah baca, taurine ini memiliki sifat antioksidan untuk menetralkan radikal bebas sehingga dapat mencegah peradangan berlebihan di dalam tubuh. Juga mempunyai peran melindungi sel leukosit dalam menjalankan tugasnya pada proses peradangan dengan efek samping yang minim. Jika melihat cara kerjanya, maka peran antiinflamasi pada taurine diduga bisa mencegah inflamasi berlebihan atau badai sitokin pada penderita Covid-19.

Tips mengkonsumsi Kratingdaeng Red Bull 

Saya memilih mengkonsumsi Kratindaeng Red Bull ketika akan melakukan aktivitas berat khususnya saat berolahraga. Jadi ketika akan bermain sepakbola, saya terlebih dahulu meminum  Kratindaeng Red Bull jadi badan kita benar-benar siap saat diajak "berkeringat".

Kalau ada yang bertanya aman tidak mengkonsumsi minuman berenergi yang mempunyai kandungan taurine 1000mg? Kalau untuk Kratindaeng Red Bull ini kandungan taurine nya masih dibatas kewajaran. Jadi gak perlu takut ataupun khawatir, dengan mengkonsumsi  Kratindaeng Red Bull  kita akan mendapatkan manfaat minum minuman energi. Dan untuk produk Kratingdaeng Red Bull ini tersedia di Minimarket, Supermarket dan E-commerce Tokopedia, Blibli, Lazada dan Shopee yang bertuliskan Official Store.





Comments

  1. wah batu tahu ini, penting ya jaman pandemi begini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba, ternyata ada manfaat taurine yg baru saya tau juga

      Delete
  2. Iya sering saya lihat di Minimarket yang pernah saya datangi. Ternyata aman ya kang. Tadinya saya khawatir aja, ehh pas baca tulisan ini ga perlu khawatir lagi deh minum Kratingdaeng ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kang, awalnya banyak info yg blm tersampaikan dari produk ini

      Delete

Post a Comment

Popular Posts