8 Kreasi Hasil Olahan Peuyeum Gantung Yang Bisa Menambah Penghasilan

Kecamatan Cipatat yang terletak di ujung Barat perbatasan daerah Bandung Barat dengan Kabupaten Cianjur ternyata mempunyai banyak sekali potensi baik dari pariwisata, sejarah, budaya maupun kuliner. Salah satu kuliner yang terkenal di Kecamatan Cipatat ini yakni peuyeum gantung.

Peuyeum gantung atau tape singkong ini adalah makanan yang berbahan dasar dari singkong yang telah di fermentasi. Dan jika ada yang bertanya kenapa diberi nama peuyeum gantung, itu karena cara menjajakan peuyeum tersebut dengan cara digantung menggunakan tali rafia di jongko-jongko tempat peuyeum itu dijual sehingga banyak orang menyebutnya peuyeum gantung.

Baca juga : 7 JAJANAN DAN KULINER KHAS YANG WAJIB DICOBA KETIKA BERKUNJUNG KE KOTA BANDUNG

Selain bisa dikonsumsi secara langsung ataupun digoreng dengan dilapisi tepung terigu seperti pisang goreng, ternyata banyak sekali kreasi dari olahan peuyeum gantung ini yang bisa dicoba untuk disajikan atau bahkan dijual secara langsung. Dan berikut adalah beberapa hasil olahan peuyeum gantung yang dapat menggugah selera kita.

1. Colenak 

Makanan tradisional ini merupakan hasil dari olahan peuyeum (tape singkong) yang sudah melegenda. Peuyeum dikukus dan dijemur terlebih dahulu sebelum dimasak dengan cara dibakar. Setelah terlihat agak sedikit kuning pertanda bahwa peuyeum sudah matang.

Setelah dipotong-potong kecil atau sesuai selera, tambahkan enten diatasnya yakni campuran gula merah dengan kelapa parut yang sudah dimasak dan ditambakan daun jeruk sehingga aroma nya lebih menggoda. Yang terkini ada inovasi tambahan toping dengan menaburkan keju, coklat ataupun susu diatas colenak tersebut.

2. Bolu Peuyeum 

Jika selama ini kita mengenal pisang atau ketan yang sering dijadikan bahan campuran untuk membuat kue bolu, ternyata peuyeum pun bisa juga dijadikan inovasi untuk membuat varian dari kue bolu.

Baca juga : 10 TEMPAT WISATA KULINER LEGENDARIS BANDUNG

Dari cara pembuatan dan pengolahannya pun tidak jauh berbeda seperti membuat kue bolu pada dasarnya. Dan dari rasanya pun bolu peuyeum ini sangat terasa aroma khas dari peuyeum nya. Lebih nikmat jika ditambahkan keju, kismis ataupun wijen sebagai tambahan toping kue bolu peuyeum tersebut.

3. Es Tape Susu 

Nikmat rasanya ketika siang hari yang panas dan terik, kita mencicipi es tape susu yang dapat menghapus rasa dahaga. Bahan bahan yang diperlukan untuk membuat es tape ini pun sangatlah mudah untuk didapat.

Bahan yang pertama tentunya kita harus menyiapkan tape atau peuyeum sebagai bahan dasar, berikutnya sirup secukupnya (bisa disesuaikan sesuai selera), es batu yang sudah diserut, dan susu kental manis. 

Cara membuatnya kita tinggal memilih peuyeum yang sudah agak matang kemudian dipotong ukuran 2-3 cm lalu masukkan kedalam gelas atau mangkuk. Kemudian tambahkan es serut, sirup, dan yang terakhir tuangkan susu kental manis diatasnya. Mudah sekali bukan?.

4. Proll Tape 

Proll tape ini adalah makanan hasil olahan dari bahan dasar peuyeum atau tape singkong. Perpaduan telur dan mentega dalam pembuatan proll tersebut menjadikannya sangat gurih dan nikmat. 

Cara makannya yang mudah rontok di mulut, atau sebagaian masyarakat menyebutnya ngeprol menjadikan alasan paganan ini dinamai kue prol. Proll tape ini sangat cocok dihidangkan ketika masih dalam keadaan hangat dan ditemani secangkir teh hangat.

5. Dodol Peuyeum 


Satu lagi kreasi yang dihasilkan dari olahan peuyeum gantung ini yakni dodol peuyeum. Sama seperti cara pembuatan dodol pada umumnya, dalam membuat dodol peuyeum ini pun menggunakan bahan-bahan seperti tepung ketan, gula pasir, santan, garam, dan tentunya peuyeum gantung.

Baca juga : REKOMENDASI 7 TEMPAT HUNTING KULINER MALAM DI KOTA BANDUNG

Pertama-tama masukan gula pasir dan santan kedalam kuali atau katel yang telah dipersiapkan. Kemudian masukan peuyeum yang sudah dihancurkan atau di blender dengan tepung ketan yang telah disangrai terlebih dahulu. Aduk hinggap mengental dan setelah terasa cukup kental kemudian dinginkan. Dodol peuyeum siap untuk dikemas dan dinikmati.

6. Bolen Peuyeum 

Mungkin selama ini masyarakat lebih mengenal bolen pisang dibandingkan dengan bolen peuyeum, padahal jika kita sudah mencobanya, rasa boleh peuyeum ini akan terasa lebih khas dibandingkan dengan bolen pisang.

Apalagi jika bolen peuyeum tersebut dikreasikan dengan tambahan keju didalamnya. Yumm sudah pasti terbayang gurih dan lezatnya bolen peuyeum keju tersebut. Dan tentunya boleh peuyeum ini bisa jadi alternatif pilihan bagi penyuka bolen.

7. Donat Peuyeum 

Sudah pada tahu kan kue apa yang bulat bulat bolong tengahnya ini? Tepat sekali, kue ini bernama donat dan tentunya sudah tidak asing lagi kue donat bagi masyakarat kita.

Donat yang sudah kita kenal ada yang menggunakan bahan campuran seperti kentang, pisang, wortel, labu kuning ataupun tape singkong alias peuyeum. Selain adonannya lebih lembut, donat menggunakan bahan tambahan peuyeum ini aromanya tercium lebih harum.

8. Keripik Peuyeum 


Nah kalau ini mungkin sudah terpikirkan dari dahulu, namun bingung untuk membuatnya. Iya karena keripik tape ini tentunya dari tekstur sudah tidak keras seperti singkong yang akan dibuat keripik. Dan itu memerlukan beberapa eksperimen untuk membuat peuyeum ini bisa menjadi sebuah keripik.


Akan tetapi kemajuan teknologi dan informasi secara tidak langsung menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat sehingga terciptalah kreasi keripik peuyeum seperti gambar diatas. Dengan pilihan rasa yang kekinian, keripik peuyeum tampil dengan packaging yang lebih menarik.

Itulah beberapa makanan yang dihasilkan dari kreasi olahan peuyeum gantung ini. Selain bisa menambah sumber penghasilan, melimpahnya produksi peuyeum di Kecamatan Cipatat ini bisa teratasi dengan masa simpan yang lebih lama lagi.

Komentar