Alkesa "Si Kuning" Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Buah Alkesa 

Selain keberadaannya yang langka, produksi buah alkesa, sawo walanda atau campole ini memiliki daya tarik tersendiri untuk dijual di pasaran. Memang sedikit sulit menemukannya di pasar umum atau daerah lain karena buah alkesa hanya tersedia di sebagian jalan raya Cipatat arah menuju Cianjur atau sebaliknya.

Dianggap banyak umbi, buah ini memiliki kulit yang tipis dan mudah dikupas. Daging buahnya berwarna kuning dan harum. Rasanya sendiri sangat manis sehingga akan sangat terasa di lidah. Selain itu, alkesa juga mengandung banyak nutrisi. Mulai dari vitamin C, serat, fosfor, karotin, niasin, thiamin, riboflavin, dan juga kalsium. Tentunya dengan segala nutrisi yang dikandungnya, tidak menutup kemungkinan buah alkesa ini memiliki efek yang baik bagi kesehatan tubuh.

Jika ingin lebih jauh untuk mempelajari tentang manfaat kesehatan dan efektivitas dari buah alkesa, mungkin pembaca telah menemukan artikel yang tepat. Saya mencoba untuk merangkum dari berbagai sumber secara rinci segala manfaat dari buah alkesa seperti dibawah ini. 

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Manfaat buah alkesa bagi kesehatan yang pertama adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini bisa terjadi karena kandungan vitamin yang sangat tinggi pada buah alkesa. Salain itu buah alkesa juga kaya akan kandungan berbagai mineral.

Baca juga : Mengenal Buah Alkesa Buah Langka Dengan Julukan Sawo Walanda 

2. Memperlancar fungsi pencernaan

Serat adalah salah satu nutrisi yang terkandung dan melengkapi kandungan vitamin serta mineral buah alkesa. Makanan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Pasalnya, dapat membantu proses pencernaan berjalan lancar di dalam tubuh hingga mencegah terjadinya sembelit.

3. Mengobati sariawan

Apakah pembaca ada yang pernah atau sering mengalami sariawan? Nah jika pernah, jangan ragu untuk mengkonsumsi buah ini secara rutin. Pasalnya, buah ini sangat kaya akan vitamin C. Seperti yang kita ketahui bersama, vitamin C merupakan nutrisi yang efektif untuk mencegah sariawan.

4. Kaya akan vitamin

Bukan hanya vitamin C, ternyata buah alkesa ini juga mengandung banyak vitamin lainnya diantaranya vitamin A dan vitamin B. Jika kita rutin mengonsumsi buah alkesa ini, bisa dipastikan kebutuhan vitamin harian kita akan terpenuhi.

5. Memperkuat tulang

Manfaat kesehatan lain dari buah alkesa ini adalah dapat memperkuat tulang. Ini tentu bukan hal yang tidak mungkin. Karena buah yang dikenal sangat menyegarkan ini mengandung kalsium yang baik untuk menjaga struktur tulang.

Baca juga : 8 Kreasi Hasil Olahan Peuyeum Gantung Yang Bisa Menambah Penghasilan 

6. Menangkal radikal bebas

Radikal bebas adalah salah satu musuh bagi kesehatan tubuh. Bagi kita yang banyak melakukan aktivitas di luar ruangan, kita perlu berhati-hati dengan radikal bebas ini. Salah satu cara melawan radikal bebas adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Seperti buah alkesa ini misalnya.

7. Penurun demam

Ternyata buah berwarna kuning ini juga dapat digunakan sebagai obat penurun demam. Cara menggunakan buah alkesa ini juga sangat sederhana. Pertama siapkan buah alkesa muda untuk dipanggang. Lalu peras dan campur dengan air hangat. Minumlah secara teratur 2 kali sehari dan demam akan segera turun.

8. Menjaga kesehatan kulit

Buah alkesa juga sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin dan mineral yang dikandungnya mampu menjaga kesehatan sel kulit dan melindunginya dari kerusakan. Kandungan alkesa juga ternyata bisa mengurangi risiko terkena kanker kulit.

9. Mengatasi radang mulut 

Cara mengobati radang mulut dengan buah alkes sangatlah sederhana. Pertama potong daun alkesa muda. Kemudian rebus dengan air dan tunggu hingga mendidih. Dinginkan dan bilas mulut Anda.

10. Mencegah mata rabun

Seperti yang sudah kita bahas, buah alkesa sangat kaya akan vitamin. Salah satunya adalah vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Tidak hanya mencegah miopia pada mata, vitamin ini juga meningkatkan penglihatan kita.  

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari "Si Kuning" buah langka alkesa. Selain nikmat tentunya juga sangat bermanfaat. Semoga menjadi informasi yang berguna bagi siapa saja. Haturnuhun.

Komentar

  1. Buah langka yang kaya manfaat bagi kesehatan, ya, Kak. Sepertinya di daerah saya juga belum pernah lihat buah ini.

    BalasHapus
  2. Wah penasaran banget rasanya gimana. Baru tau ada sawo jenis ini

    BalasHapus
  3. Fisiologi buah alkesa mirip alpukat yaah..
    Tapi warnanya kuning dan aga gendats.
    Rasanya melihat sesuatu berwarna kuning cerah tuh langsung inget buah jeruk yang menyegarkan dan ternyata memang sekaya itu manfaatnya.

    Apakah buah alkesa bisa tumbuh di mana aja?

    BalasHapus

Posting Komentar