7 Ide Bisnis Menarik Menjelang Idul Fitri

Momen bulan Ramadhan memang untuk sebagian orang dijadikan sebagai momen untuk melaksanakan ibadah lebih giat dan khusyu lagi dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya. Tetapi apakah kalian termasuk salah satu orang yang ingin memanfaatkan momen Ramadan untuk mengais rejeki? Karena ide bisnis atau usaha rumahan di bulan Ramadhan ternyata bisa menguntungkan dan menjanjikan untuk dijalankan. Bulan Ramadan menjadi bulan yang sangat ditunggu-tunggu bagi umat muslim, di mana di bulan tersebut umat muslim menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. 

Dibalik kesucian bulan Ramadhan, terselip berkah bagi para pedagang atau pengusaha yang menunggu bulan Ramadhan ini dengan perasaan bahagia. Bagaimana tidak, di bulan Ramadhan biasanya pengusaha bisa mendapatkan omzet hingga  berkali-kali lipat lebih besar dibanding bulan-bulan biasanya. Dan bukan hanya pengusaha, banyak juga orang yang memanfaatkan momen ini untuk memulai usaha atau bisnis yang menguntungkan.


Disaat menjelang Idul Fitri, kita biasanya menghabiskan waktu dengan kegiatan konsumtif, mulai dari belanja kue lebaran, belanja perlengkapan bahan makanan sampai belanja baju lebaran. Padahal, ada banyak ide bisnis yang meningkat pesat menjelang lebaran yang bisa kita manfaatkan lho. Tentunya, ini bisa menjadi modal untuk belanja baju lebaran atau bekal disaat leabran juga. Dan berikut adalah berbagai ide bisnis yang bisa kita lakukan ketika menjelang lebaran berikut ini.

Menjual kue kering untuk lebaran
Saat menjelang lebaran atau Idul Fitri, kue kering lebaran akan diserbu banyak orang. Sudah tak terbantahkan kalau kue kering akan menjadi hidangan wajib bagi tamu-tamu yang datang berkunjung ke rumah-rumah di saat lebaran. Untuk kita yang senang dan bisa membuat kue kering, peluang bisnis ini bisa menjadi salah satu pilihan. Selain hobi memasak kita tersalurkan, kita juga bisa mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat.

Bisnis ini biasanya akan mulai ramai pada 1-2 minggu sebelum lebaran datang. Jadi, cobalah mulai persiapkan ide jualan kue kering mulai sekarang. Untuk jenis dan variannya pun bisa bermacam-macam, tergantung bahan yang digunakan saat membuat kue atau melihat tend kue apa saja yang sedang hipe saat ini.

Berjualan baju lebaran & perlengkapan shalat
Di Hari Raya Idul Fitri banyak orang yang ingin menggunakan pakaian dan perlengkapan shalat baru untuk tampil lebih fresh. Kita bisa memanfaatkan peluang ini dengan menjual berbagai baju lebaran baik pakaian muslim maupun pakaian formal dan juga perlengkapan sholat.

Pastikan busana muslim dan perlengkapan shalat yang akan kita jual adalah fashion yang sedang tren di kalangan target pasar saat ini. Untuk modal bisnis yang satu ini memang realtif besar, bisa sampai ratusan ribu hingga jutaan. Namun, keuntungannya pun tidak bisa diragukan lagi. Apalagi jika busana muslim yang kita jual memiliki kualitas yang baik.

Bisnis parcel / hampers
Jika dulu ketika masih kecil, kita sering disuruh ibu untuk mengantarkan masakan menggunakan rantang ke tetangga atau saudara yang nantinya akan dibalas juga dengan masakan dari yang dikirim tersebut. Tetapi jaman sudah berganti, tradisi hantaran sekarang sudah hampir punah. Masyarakat saat ini lebih gampang dan suka untuk berkirim makanan atau sebagainya dengan kemasan khusus yang biasa disebut parcel atau hampers. 


Biasanya selain untuk keluarga, banyak juga yang mengirimkan parcel ke teman atau rekan kerja. Untuk memulai bisnis parcel ini tidak ada keahlian khusus, kamu bisa bisnis parcel dengan mengkobinasikan makanan dan minuman yang ada di minimarket atau supermarket nih. Atau juga mencampurnya dengan kue lebaran punya sendiri atau kenalan yang juga bisa diajak kerja sama. 

Jasa rental mobil
Apakah kalian akan pulang mudik ke kampung halaman dengan kendaraan umum? Nah daripada meninggalkan mobil kalian di rumah saja, lebih baik menggunakannya dengan menjadikan rental mobil. Saat mudik lebaran,  banyak yang tidak hanya pulang kampung, tapi juga berlibur ke kota-kota besar. Jadi manfaatkan momen ini untuk mengubah kendaraan kalian menjadi sumber bisnis. 

Tapi seperti kata pepatah, "sedia payung sebelum hujan", kita juga perlu menyiapkan kendaraan kita sebelum menyewakannya. Selain dicek kesiapan dan kondisi fisik kendaraan tersebut, lengkapi juga kendaraan kita dengan GPS tracker untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan.
 hal-hal yang tidak diinginkan.  

Layanan penitipan dan perawatan hewan
Sepertinya tidak mungkin kalau kalian harus membawa hewan peliharaan saat kembali ke kampung halaman bukan? Dengan pertimbangan tidak memungkinkan dikendaraan, belum saat dalam perjalanan, kalian harus menyiapkan sangkar dan  perlengkapan lainnya. Inilah mengapa bisnis jasa penitipan dan perawatan hewan peliharaan jelang Lebaran sedang booming. Buat kalian pecinta binatang dan  pas sedang nggak pulang kampung, kalian bisa manfaatkan kesempatan ini! 


Toko bunga/florist 
Menjelang Idul Fitri, para penjual bunga atau florist  juga bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis ini. Bunga biasanya dikirim bersama dengan paket atau kue lebaran untuk menghiasi interior ruang tamu. Tidak hanya untuk wisuda atau ulang tahun teman, jadi sah-sah saja kan memberikan bunga kepada keluarga atau teman dekat di hari raya Idul Fitri nanti.  

Dokumentasi acara 
Sudah menjadi tradisi bahwa hari raya adalah waktu untuk berkumpul dengan keluarga. Kalian yang berada di luar negeri atau jauh dari keluarga atau bahkan tidak merayakan liburan, momen ini dapat Anda gunakan untuk mendokumentasikan acara keluarga dengan keterampilan fotografi kalian. Daripada lebaran sendirian di wisma, lebih baik berbisnis, kan?

Nah itulah 7 Ide Bisnis Menarik Menjelang Idul Fitri yang mungkin bisa kalian manfaatkan di momen tahunan seperti Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Semoga artikel ini bermanfaat.



Komentar