Segera Rilis di Indonesia Laptop ASUS OLED 13,3-inci Paling Tipis dan Ringan di Dunia Serta Ramah Lingkungan


ASUS akan segera memperkenalkan laptop OLED 13,3 inci tertipis dan teringan di dunia ke Indonesia. Laptop bernama Zenbook S 13 OLED (UX5304) ini tidak hanya menjadi salah satu laptop OLED tertipis dan teringan yang pernah ada, tetapi juga menjadi laptop yang ramah akan lingkungan di seri Zenbook.

"Inovasi ASUS tidak hanya berfokus pada perangkat, tetapi juga pada dampak berkelanjutan perangkat tersebut terhadap lingkungan. Zenbook S 13 OLED akan segera diluncurkan dan akan menjadi notebook ramah lingkungan paling ringkas di Indonesia.” kata Jimmy Lin, Direktur Regional ASUS untuk Asia Tenggara. 

Laptop OLED ultra-portable tertipis dan teringan 

Zenbook S 13 OLED merupakan laptop ultra-portable ultra tipis dan ringan dengan ketebalan hanya 1 cm dan berat 1 kg. Untuk mencapai fitur tersebut, laptop ini dibuat dengan teknologi canggih dan material khusus, sehingga dapat terasa lebih kecil dan lebih ringan dari generasi sebelumnya tanpa mengurangi performa, konektivitas, atau masa pakai baterai. 

Baca juga : ASUS PERKENALKAN ZENBOOK 14X OLED (UX5401), LAPTOP PREMIUM YANG RINGKAS, ERGONOMIS, SERTA POWERFUL

Untuk membuat Zenbook S 13 OLED terlihat sangat tipis, tim teknik ASUS mengintegrasikan kamera IR FHD yang lebih kecil namun tetap  lengkap dan mengintegrasikannya langsung ke  bagian tampilan yang dibuat dengan proses CNC. Selain itu, panel OLED yang lebih tipis telah digunakan, yang membuat layar laptop  30% lebih tipis.


Prosesing CNC yang harus presisi tidak hanya digunakan pada layar, tetapi juga pada bodi utama, sehingga ruang komponen menjadi luas tanpa mengurangi daya tahan. Zenbook S 13 OLED juga menggunakan sirkuit board dengan lapisan lebih sedikit, kerapatan kabel lebih tinggi, dan transistor lebih banyak, yang menawarkan kinerja lebih baik dengan bobot lebih ringan di ruang yang lebih kecil. Motherboard dirancang dengan tepat untuk menyertakan dua kipas  tipis yang meningkatkan aliran udara untuk meningkatkan pendinginan. Semua ini membuat  bodi laptop ini 25% lebih tipis. 

Untuk meminimalkan berat, paduan  magnesium-aluminium yang digunakan pada keyboard deck dibuat dengan mesin CNC untuk menciptakan struktur yang tahan lama tanpa memerlukan komponen pendukung tambahan. Touchpad juga menggunakan cover kaca yang sangat tipis, sehingga bisa mengurangi ketebalan  keyboard hingga menjadi 25%. 

Kombinasi dalam teknik produksi canggih dan bahan berkualitas tinggi  menghasilkan  laptop ultraportabel  yang belum pernah ada sebelumnya. Zenbook S 13 OLED  berhasil mengusung konsep laptop tipis dan ringan ke level baru dan tanpa kompromi. Laptop ini memiliki daya tahan baterai hingga 14 jam untuk streaming video dan menawarkan pendinginan dan performa yang lebih baik dari pendahulunya.

Ramah akan lingkungan 

Komitmen utama ASUS dengan Zenbook adalah "Do more with less". Zenbook S 13 OLED ini merupakan laptop bersertifikasi EPEAT® Gold. Siklus hidup laptop ini sangat ramah lingkungan dan  diakui secara internasional. Siklus hidup Zenbook S 13 OLED dimulai dengan bahan dan proses pembuatan, perakitan, penggunaan, dan  daur ulang  akhir masa pakai serta dirancang untuk tiddak meninggalkan jejak karbon, sehingga menjadikannya laptop ini ramah akan lingkungan.

Baca juga : KEREN BANGET ASUS UKIR SEJARAH BARU LAPTOP MODERN DENGAN LUNCURKAN ASUS ZENBOOK 14X OLED SPACE EDITION

Zenbook S 13 OLED merupakan laptop seri Zenbook yang paling ramah lingkungan dari yang terdahulu yang pernah dibuat. Bahan magnesium-aluminium yang didaur ulang secara industri  digunakan untuk penutup keyboard, bodi, dan komponen layar laptop ini, mengurangi jejak karbonnya hingga lebih dari 50%. Tombol dan speaker Zenbook S 13 OLED juga terbuat dari plastik daur ulang. Selain itu, kemasan Zenbook S 13 OLED juga merupakan bahan daur ulang 100° yang dapat didaur ulang sebagai kompos. Kemasan Zenbook S 13 OLED menggunakan 100% kertas bersertifikasi FSC Mix dari hutan yang dikelola secara bertanggung jawab, kayu terkontrol, dan sumber daya alam daur ulang. Bagian pendukung paket Zenbook S 13 OLED bahkan dapat digunakan kembali sebagai  laptop. 

Tidak seperti notebook lainnya, Zenbook S 13 OLED dilengkapi dengan bodi aluminium keramik plasma. Material dasar laptop yang dibuat menggunakan metode pemrosesan eksklusif ini hanya menggunakan air murni dan listrik dan tidak memerlukan senyawa organik, asam kuat, atau logam berat. Metode khusus ini tidak hanya menghasilkan rangka tahan korosi dengan daya tahan dan umur panjang yang  lebih baik,  tetapi juga mengurangi kerusakan  lingkungan. Zenbook S 13 OLED juga  sangat hemat energi, melebihi standar  ENERGY STAR® sebesar 43 persen. Semua aksi tersebut dihadirkan sedemikian rupa sehingga Zenbook S 13 OLED dapat dihadirkan sebagai laptop bebas karbondioksida.

Koneksi dan fitur lengkap 


Zenbook S 13 OLED merupakan laptop ultra-compact dengan beberapa port I/O, sehingga pengguna tidak perlu membawa dongle atau adaptor ketika sedang bepergian. Dua port USB-C® Thunderbolt™ 4 mendukung pengisian cepat, tampilan 4K eksternal, dan transfer data hingga 40 Gbps. Selain itu, laptop ini juga memiliki port USB 3.2 Gen 2 Tipe-A, port HDMI® 2.1, dan jack audio kombo 3,5 mm. 

Baca juga : Seru-seruan di ASUS ZenBook Blogger Gathering Bandung

Untuk pengalaman konferensi video  yang lebih baik, kamera FHD IR  Zenbook S 13 OLED  dilengkapi dengan efek visual khusus dan teknologi pengurangan kebisingan kecerdasan buatan. Kamera ini juga mendukung sistem login Windows Hello melalui fitur pemindaian wajah. Pada saat yang sama, sound system bersertifikasi Harman Kardon, teknologi Dolby Atmos®, Smart Amp, dan ASUS Audio Booster dapat menawarkan pengalaman suara yang elegan kepada penggunanya.  

Touchpad ASUS ErgoSense  Zenbook S 13 OLED kini terlihat 9,5% lebih besar. Berkat lapisan anti-sidik jari yang mudah dibersihkan, memungkinkan navigasi yang lebih mudah, nyaman, dan sensitif. ASUS Zenbook S13 OLED sudah  tersedia untuk pre-order dari toko online ASUS  dan BliBli. Pre-order akan menerima ASUS Marshmallow Mouse (MD100).

Komentar