Launching Cimahi Military Tourism

Menyadari terbatas nya potensi pariwisata yang ada di Kota Cimahi, Pemerintahan Kota Cimahi dalam hal ini Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan Dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi mensiasatinya dengan mengangkat salah satu potensi yang selama ini belum diangkat yaitu Wisata Sejarah (Heritage Tourism) khususnya Wisata Militer (Military Tourism).
Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi, Ero Kusnadi, mengungkapkan, Pemkot membuat wisata militer dilatarbelakangi bahwa Cimahi sangat minim destinasi wisata, Bahkan, Cimahi sudah terkenal sejak lama dengan julukan kota tentara.
Seperti kita ketahui dulunya Cimahi dijadikan sebagai basis daerah pertahanan militer sejak jaman kolonial Belanda. Banyaknya pusat pusat pendidikan militer di Cimahi ini bukan tanpa alasan, pemilihan Cimahi ini didasari faktor geografis Cimahi yang dekat dengan pusat pemerintahan Belanda di Batavia.

Juga beberapa faktor penunjang lain nya seperti dekatnya akses jalan raya dan rel kereta api di Bandung, Cikampek, Padalarang, arah Cianjur serta Bogor. Serta dekatnya Cimahi dengan pangkalan militer udara di Andir Bandung.

Acara Grand Launching Cimahi Military Tourism dilaksanakan gedung Soedirman Pusdikarmed Cimahi dan dibuka secara langsung oleh Walikota Cimahi Ajay M Priatna serta dihadiri Wakil Walikota Ngatiyana dan para pemimpin pusdik militer, kejari, pengadilan, dan tamu undangan lain nya.
Dalam sambutannya Ajay mengungkapkan sangat terbuka dan menyerahkan kepada pihak terkait akan pengembangan wisata heritage di Cimahi. Disbudpapora Kota Cimahi pun langsung bergerak dengan mempromosikan wisata heritage dengan slogan "Cimahi Get Heritage" jadi ketika kita ingin mengetahui tentang sejarah militer di tanah air bahkan sejarah indonesia, maka datanglah ke Kota Cimahi.

Ajay juga menyinggung perihal bangunan bangunan tua atau artdeco yang di cat warna selian putih, yang menurut hemat serta dari kacamata penggiat sejarah bagusnya dikembalikan menggunakan cat warna putih.

Acara Grand Launching Cimahi Military Tourism ini juga dimeriahkan penampilan angklung dari SDN Cigugur Tengah Cimahi, Pemoedi Kerontjong Tjimahi, dialog sejarah dari Komunitas Tjimahi Heritage, penampilan drum band dari SMPN 2 Cimahi, Pentas tari dari padepokan sekar panggung, dan yang menjadi penampilan utama adalah Nurul Al-Fath x Dewi Dewi dan Band asal Bandung Naff.

Comments

Popular Posts