7 Destinasi Wisata Banyuwangi Yang Wajib Dikunjungi Traveller


Kota Banyuwangi yang terletak di ujung Timur Provinsi Jawa Timur menyimpan berbagai potensi wisata dan kebudayaan yang sangat besar. Bahkan banyuwangi diklaim sebagai kota dengan event terbanyak di Indonesia. Ditahun 2018 saja ada 77 event yang diselenggarakan di Banyuwangi dan 10 diantaranya masuk kedalam Wonderful of Event dari Kementerian Pariwisata RI.

Faktor alam yang menjadi keunggulan pariwisata nya serta pengelolaan dan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Banyuwangi yang menjadikannya formula unggul dalam memajukan pariwisata di Banyuwangi.

Bulan September kemarin saya berkesempatan menginjakkan kaki di ujung Timur pulau Jawa ini. Bisa menikmati indahnya pemandangan pantai yang bisa langsung terlihat dari jalan raya. Langsung mencicipi nasi rawon khas Banyuwangi ketika turun dari pesawat. Ahh semuanya serba kejutan.

Berikut beberapa tempat yang sempat saya kunjungi dan merupakan ikon pariwisata yang ada Banyuwangi yang menjadi tujuan para traveller ataupun wisatawan luar maupun dalam negeri.

1. Kawah Ijen
Picture : @backpackertampan 

Tak ada yang tidak tahu jika kita menyebut nama tempat ini. Yupp kawah yang terkenal dengan fenomena alam api biru nya ini menjadi list wajib apabila mengunjungi Banyuwangi. Berjarak sekitar 45 KM dari pusat kota dengan menghabiskan waktu tempuh sekitar 2-3 jam untuk bisa mencapai kawah Ijen ini. Para pengunjung akan disuguhkan pemandangan yang indah dari mulai lereng kawah hingga ke tepi kawahnya.

2. Pantai Plengkung
Picture : @banyuwangi_tourism

Warga sekitar menyebutnya pantai Plengkung tetapi lebih dikenal G-Land oleh para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini karena jika kita melihatnya dari atas maka pulau ini akan terlihat seperti huruf "G". Pantai yang berada dalam Taman Nasional Alas Purwo ini juga dikenal karena ombaknya yang sangat disukai para peselancar alias surfer. Termasuk ke dalam The 7 giants wave wonder karena mempunyai 7 gulungan ombak setinggi 4-6 meter. G-Land Plengkung disebut sebut sebagai surganya para bagi surfer profesional dunia.

3. Pantai Pulau Merah
Picture : @diazhollic

Nama Pulau Merah atau Pulo Merah merujuk pada sebuah bukit kecil di tepi pantai yang memiliki tinggi sekitar 200 meter. Bukit tersebut memiliki tanah berwarna merah dan ditutupi oleh vegetasi hijau sehingga tidak terlalu tampak warna aslinya. Bukit ini akan terlihat memancarkan warna merah apabila terkena pantulan cahaya sinar matahari yang mengenai air laut pada sore hari atau senja.

Pantai dan objek wisata ini berlokasi di Kecamatan Pesanggrahan sekitar 68 KM dari pusat kota Banyuwangi atau sekitar 2 jam perjalanan darat. Disini kita bisa menyaksikan pasir putih yang membentang sejauh 3 KM dan ombak yang bergulung serta jejeran pohon pandan laut yang berjejer ditepi pantainya.

4. Teluk Hijau
Picture : @anankirioke 

Jika kita seorang traveller sejati kita pasti akan mencari sebuah tantangan untuk menemukan destinasi wisata yang baru dan unik seperti halnya pantai Teluk Hijau atau Green bay. Teluk Hijau ini adalah sebuah destinasi wisata pantai yang berada dalam areal Taman Nasional Meru Betiri, Saringan, Pesanggaran, Banyuwangi.

Lokasinya berjarak sekitar 90 kilometer dari pusat kota Banyuwangi. Dinamai demikian dikarenakan air lautnya yang cenderung berwarna hijau bukan biru layaknya air pantai pada umumnya. Dan yang menariknya untuk mencapai pantai teluk hijau ini kita harus melewati dahulu pantai batu yang sisi sisi nya dipenuhi oleh jajaran batu batu yang tersusun rapi.

5. Pantai Sukamade
Picture : @backpackerkawahijen 

Jika kita ingin merasakan sensasi yang berbeda ketika mengunjungi sebuah pantai, cobalah datang ke pantai Sukamade Banyuwangi. Yup di pantai Sukamade ini terkenal sebagai pusat penangkaran penyu di Jawa Timur.

Pantai Sukamade ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Merubetiri. Untuk mencapai nya harus menggunakan kendaraan dobel gardan atau offroad dan melewati jalan berlumpur dan aliran sungai.

Ada empat jenis penyu yang bisa kita temui di Pantai Sukamade yaitu Penyu Hijau (Chelonia mydas), Penyu Slengkrah (Lepidochelys olivaceae), Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata) dan Penyu Belimbing (Dermochelys coriaceae).

Kita akan merasakan langsung sensasi melepaskan bayi penyu (tukik) ke tepi Pantai Sukamade yang berkejaran diatas pasir dan deburan ombaknya. Tentunya sebuah pengalaman yang tak ternilai bagi kita.

6. Savana Sadengan
Picture : @yukbanyuwangi 

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Banyuwangi tanpa menginjakkan kaki kita di Taman Nasional Alas purwo dan merasakan sensasi suasana padang rumput seperti di Afrika ketika kita memasuki Savana Sadengan.
Padang rumput Sadengan seluas 80 hektar ini berjarak sekitar 60 km dari pusat kota Banyuwangi. Di Savana Sadengan ini kita bisa menemukan beberapa hewan yang dilindungi dan langka seperti Banteng Jawa, Elang Jawa, merak, rusa, bahkan anjing liar atau ajag.
Untuk bisa mengelilingi padang rumput ini pengunjung bisa menyewa mobil jeep yang disediakan pengelola Taman Nasional Alas Purwo ini dengan biaya mulai 250-400 ribu untuk per kendaraan.
7. De Djawatan
Picture : @diazhollic 

Sejenak kita pasti akan tertegun ketika memasuki hutan De Djawatan, betapa tidak di tengah tengah perkotaan kita bisa menyaksikan sebuah hutan yang layaknya seperti di pedalaman belantara. Pohon trembesi berusia ratusan tahun dengan hiasan ganggang dan benalu yang menutupi permukaan pohon seakan makin menegaskan kesan "angker" di hutan kota ini.
Hutan kota yang berlokasi di daerah Benculuk ini awalnya adalah tempat penyimpanan kayu jati milik Perhutani. Setelah dikelola dan di tata ulang bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, De Djawatan disulap menjadi sebuah tempat wisata yang instagramable dengan beberapa spot untuk berswafoto atau untuk diabadikan di smartphone para pengunjung.
Didalam kita bisa menikmati pemandangan layaknya sedang berada di hutan Fangorn di dalam Film The Lord of The Rings. Jadi tidak harus jauh jauh ke New zealand uJawatan ntuk menikmati indahnya hutan kota De Djawatan.


Comments

  1. Ujung Jawa Timur yang memesona. Semoga ada kesempatan singgah ke sana.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts