Mencoba Konsep Living In Responsibility At The Lou House Bandung


Berlibur secara staycation artinya kita menikmati waktu liburan dengan menghabiskan waktu dan menginap di sebuah tempat bisa itu hotel, penginapan, guest house dan sebagainya. Tidak hanya dihabiskan untuk menginap saja, staycation juga meliputi aktivitas yang biasanya dilakukan di tempat kita menginap tersebut. Contohnya seperti kita bisa menyajikan makanan dengan memasaknya sendiri layaknya seperti kita sedang berada dirumah.

Beberapa waktu yang lalu, saya mendapatkan tawaran menginap di sebuah tempat yang menurut saya sangat unik yakni The Lou House Bandung. Sebuah penginapan yang sangat nyaman, menarik, dan Instagramable dengan konsep AirBnb yang tentunya sangat membantu buat para pengunjung menemukan pengalaman unik ketika mereka staycation.


Desain bangunannya minimalis dengan ornamen yang unik dan sangat instagramable. Pastinya bakal membuat kita betah berlama lama di dalam ruangan yang ukurannya tidak terlalu besar tetapi cukup rapi dalam penataan perabotan serta penempatan ruangan. 
Ketika pertama kali masuk kesan luas terlihat langsung dari dalam ruangan yang menyimpan sofa bed di pojok sebelah kanan yang menghadap langsung ke televisi di rak depan. Dibelakangnya terdapat meja makan yang membatasi living room dengan dapur.

Lho kenapa ada dapur disitu? Iya karena di The Lou House ini mengusung konsep Bed and Breakfast. Dimana para pengunjung tidak hanya bisa menginap saja, akan tetapi bisa merasakan menyiapkan sarapan pagi dengan memasak seperti layaknya dirumah sendiri. Selain dapur dan perlengkapan masak yang ada di dapur, perlengkapan untuk makan minum pun sudah tersedia.


Beralih ke ruangan tidur di lantai atas, terdapat 2 buah tempat tidur ukuran double bed. Jadi tidak usah khawatir untuk urusan tidur dimana jika menginap dengan membawa keluarga lengkap. Dengan ornamen-ornamen yang unik menghiasi beberapa sudut ruangan kamar tidur. Ahh homie banget pokoknya seperti di kamar kita sendiri yang ada dirumah hehehe.

Dan yang paling penting ketika kita menginap mau dimanapun, yang harus selalu jadi prioritas adalah kamar mandi yang bersih dan nyaman. Nah di The Lou House ini, kamar mandi nya boleh dibilang sangat nyaman bahkan terlihat seperti sedang di kamar mandi rumah sendiri. Walaupun ukurannya tidak seluas kamar mandi hotel pada umumya, kekurangan ini bisa tertutupi dengan desain interior yang hommie banget. Belum lagi ditambah adanya pemanas air yang jujur sangat membantu apalagi cuaca di daerah Bandung saat ini lagi dingin dinginnya kalau pagi hari.

Konsep Living In Responsibility 

Yang jadi pembeda ketika menginap di The Lou House ini tentu saja dengan adanya ruangan dapur dan meja makan yang berdampingan dengan living room. Di dapur ini tersedia peralatan masak mulai dari kompor gas, panci, wajan, hingga gelas, piring, dan wastafel untuk mencuci. Nah yang membedakan The Lou House dengan penginapan lainnya adalah, disini para pengunjung diminta untuk bisa menjalankan program 
Living In Responsibility yakni bertanggung jawab menjaga keberlangsungan di tempat ini. Baik dari kebersihan, kerapihan, hingga hal-hal yang membuat lingkungan disekitar menjadi terganggu.

Sebenarnya saya pun setuju dengan adanya konsep Living In Responsibility ini. Tidak hanya dirumah kita sendiri, di hotel, penginapan, bahkan ketika kita sedang camping di gunung atau manapun tetap harus memegang prinsip Living In Responsibility ini. Bagaimana rasa tanggung jawab kita memelihari dan menjaga tempat tersebut seperti layaknya rumah kita sendiri. Membereskan dan mencuci peralatan masak ketika kita selesai menggunakannya, atau membuang abu rokok pada asbak yang sudah disediakan, hingga kesadaran kita tidak menyetel suara televisi atau musik sehingga mengganggu kenyamanan orang lain.

Komentar