Dengan ASUS ZenBook DUO (UX8406) Multitasking Gak Harus Pusing


Jika diperhatikan persaingan didalam dunia kerja saat ini cukup membuat kita kerepotan. Terutama bagi mereka yang sudah diatas usia 35 tahun. Mengapa tidak, selain harus bersaing dari segi umur, pendidikan, dan pengalaman, kita pun dituntut untuk bisa multitasking alias serba bisa dalam berbagai bidang.

Contoh saja, untuk lowongan kerja sebagai social media specialist selain harus faham dalam mengelola sosial media, pelamar juga harus mempunyai skill copywriting atau storytelling, juga harus bisa mengoperasikan aplikasi editing seperti canva, photoshop, premier, atau juga capcut.

Selain kita yang harus bisa multitasking, gear atau perlengkapan yang kita gunakan pun harus bisa mendukung agar kita dapat menjalankan pekerjaan dengan banyak bidang. Untuk saat ini laptop jadi salah satu peralatan yang nyaman dalam mendukung kita untuk mengerjakan beragam pekerjaan dalam satu peralatan.

ASUS ZenBook DUO Laptop Revolusioner 

Zaman dulu kalau lagi banyak kerjaan yang menuntut kita untuk buka banyak aplikasi atau juga tab browser yang dibuka, mungkin dengan cara split screen bisa menjadi solusi terbaik. Nah kalau sekarang kayaknya sudah gak harus pake cara kaya gitu lagi deh. Kita cuma tinggal pakai laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) yang hadir dengan dual screen yang akan memudahkan segala pekerjaan multitasking kita.

Konsep awal Zenbook DUO (UX8406) terinspirasi ketika tim desain ASUS melihat bagaimana orang-orang yang bekerja dengan laptopnya, harus menggunakan tambahan monitor untuk memperluas jangkauan kerjanya. Yang menjadi masalahnya adalah ketika laptop tersebut harus digunakan di luar ruangan atau ketika ada meeting dadakan diluar kantor yang memaksa mereka untuk kembali bekerja menggunakan laptop dengan satu layar. 

Akhirnya muncullah sebuah laptop prototipe dengan dua layar yang menjadi solusi di tahun 2018 yang digagas oleh tim desain ASUS yang diberi nama Project Precog. Project Precog ini merupakan konsep awal dari Zenbook DUO (UX8406) yang juga sempat dipamerkan di Computex 2018. 

Pada saat itu, Project Precog tetap menjadi laptop konsep dikarenakan ekosistem hardware, software, serta sistem operasi yang belum bisa memaksimalkan penggunaan layar ganda di laptop. Hingga kemudian, ASUS bisa mengembangkan sistem layar ganda di laptop bersama dengan software serta eksositem lainnya pada ZenBook Pro 15 (UX580) lewat ScreenPad™, serta ZenBook Duo (UX481) dan ZenBook Pro Duo (UX581) dengan layar tambahan ScreenPad™ Plus.

Memiliki Desain yang Inovatif

Kemunculan Zenbook DUO (UX8406) dengan desainnya yang inovatif tampil menjadi laptop dua layar terbaik di dunia. Dengan dibekali dua layar 14-inci OLED, serta keyboard yang bisa dilepas, dan penyangga khusus yang mudah untuk digunakan, menjadikan Zenbook DUO (UX8406) bukan hanya laptop biasa. Dengan berat hanya 1,35 kg dan ringkas dengan ketebalan hanya 14,6 mm membuat Zenbook DUO (UX8406) memang cocok untuk menjadi laptop yang mudah untuk dibawa saat bepergian. Salah satu poin penting yang jadi pertimbangan para pengguna laptop saat ini adalah desain yang sangat ringkas serta kemampuan multitasking. 

Untuk layar Zenbook DUO (UX8406) sendiri sudah menggunakan teknologi ASUS Lumina OLED yang telah tersertifikasi Dolby Vision®, Pantone® Validated, serta color gamut 100% DCI-P3 yang dimiliki untuk memastikan reproduksi warna terbaik dan akurat. Kedua layar Zenbook DUO (UX8406) tersebut juga sudah mengantongi sertifikasi VESA DisplayHDR™ True Black 500 dan mendukung teknologi touchscreen sehingga dapat digunakan bersama dengan stylus ASUS Pen 2.0 yang sangat membantu dalam penginputan secara tepat.

Yang menarik dari Zenbook DUO (UX8406) ini adalah desain keyboard nya yang dapat dilepas (detachable) yang membuat laptop ini mudah untuk dibawa kemana pun. Nah, keyboard ini juga sangat mudah dalam penggunaannya karena untuk pengisian dayanya dapat dilakukan secara otomatis disaat Zenbook DUO (UX8406) digunakan dalam Laptop Mode, yaitu ketika  keyboard dipasangkan secara langsung ke bodi laptop. 

Bukan hanya itu saja, keyboard Zenbook DUO (UX8406) juga dirancang untuk bisa digunakan dalam jangka waktu seharian full. Semua ini berkat sistem cerdas yang memungkinkan keyboard untuk menggunakan koneksi langsung ke laptop saat digunakan di Laptop Mode, atau berganti dengan koneksi Bluetooth secara otomatis saat dilepas dari bodinya.  

Bebas Berekspresi dengan Kemudahan, Fleksibilitas, dan Kenyamanan Penggunaan 

Hampir semua laptop ASUS memiliki desain yang sangat memanjakan para penggunanya, tidak terkecuali untuk Zenbook DUO (UX8406). Dari sisi desain, Zenbook DUO (UX8406) memiliki banyak perbedaan dengan laptop yang sudah ada di pasaran saat ini. Memiliki keyboard Bluetooth ASUS ErgoSense dengan touchpad yang sudah terintegrasi, serta engsel layar yang dapat dibuka hingga posisi 180°, dan stand terintegrasi yang dapat digunakan untuk lima skenario penggunaan yang fleksibel. 

Dengan dilengkapi Fitur ScreenXpert yang telah disempurnakan, laptop Zenbook DUO (UX8406) juga hadir untuk memberikan pengalaman yang lebih berkesan ketika pengguna menggunakan laptop ini dalam berbagai mode penggunaannya. Dan berikut ini adalah lima mode yang dapat digunakan untuk laptop Zenbook DUO (UX8406):

Dual-Screen Mode

Dalam penggunaan mode inilah kita dapat melihat perbedaan yang mencolok antara Zenbook DUO (UX8406) dengan laptop lainnya. Mode ini memaksimalkan fungsi layar kedua di Zenbook DUO (UX8406) secara utuh, yakni dengan menempatkan laptop secara lebih tinggi dengan penggunaan stand terintegrasi sehingga membuat kedua layarnya dapat dilihat secara bersamaan namun tetap nyaman. Kontrol Zenbook DUO (UX8406) dapat menggunakan keyboard fisiknya secara nirkabel melalui koneksi Bluetooth oleh penggunanya.

Desktop Mode 

Mode ini diciptakan untuk mereka yang menyukai posisi layar vertikal, dengan Desktop Mode pada Zenbook DUO (UX8406) ini menawarkan dua layar vertikal yang diposisikan secara berdampingan. Mode ini sangat sesuai untuk digunakan dalam pengerjaan beberapa bidang seperti penulisan artikel, programer, atau juga sekedar untuk browsing.

Laptop Mode 

Dengan Laptop mode ini membuat Zenbook DUO (UX8406) tampil layaknya laptop standar pada umumnya dengan hanya satu layar aktif dan keyboard yang ditempatkan di atas layar keduanya. Mode penggunaan ini sangat direkomendasikan ketika Zenbook DUO (UX8406) digunakan didalam ruang yang terbatas salah satunya seperti di dalam pesawat.

Laptop Mode with Virtual Keyboard: ASUS menghadirkan solusi bagi pengguna Zenbook DUO (UX8406) yang tidak ingin menggunakan keyboard fisiknya. Melalui ScreenXpert, pengguna Zenbook DUO (UX8406) dapat menghadirkan keyboard virtual dalam layout penggunaan yang berbeda-beda lengkap dengan touchpad virtual.

Laptop Mode With Virtual Keyboard


Sudah bosan menggunakan keyboard fisik? mungkin dengan memanfaatkan keyboard virtual yang ada pada ASUS Zenbook DUO (UX8406) ini bisa jadi alternatif buat kita yang pengen suasana yang berbeda. Melalui ScreenXpert, kita bisa memunculkan keyboard virtual dengan layout yang berbeda-beda juga lengkap dengan touchpad virtual, nah caranya cukup dengan menggeser  enam jari ke atas.

Untuk yang biasa menggunakan stylus, misalkan untuk menggambar langsung di layar tentu saja bisa. Dengan Zenbook DUO (UX8406) yang sudah mendukung penggunaan ASUS Pen 2.0 dan juga ScreenXpert yang mempunyai mode khusus untuk pemakaian stylus ini. Jadi kalo mau coret-coret jadi lebih mudah nih!

Sharing Mode 

Mode yang satu ini menjadi mode paling unik dalam penggunaan Zenbook DUO (UX8406) yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi layar kepada orang lain dengan lebih mudah. Dengan membuka layar laptop ini hingga 180° dan aktifkan mode ini. Maka kedua layarnya akan saling bertolak belakang sehingga memudahkan dua orang untuk bisa menggunakan Zenbook DUO (UX8406) dan berinteraksi secara langsung.

Laptop AI Untuk Performa Terbaik 

Dibekali prosesor bertenaga AI, Intel® Core™ Ultra 7 155H terbaru menjadikan Zenbook DUO (UX8406)  sebagai laptop AI dengan dua layar bersertifikasi Intel® Evo™ Edition. Dilengkapi dengan NPU atau Neural Processing Unit pada Prosesor Intel® Core™ Ultra yang disiapkan secara spesifik untuk memproses aplikasi yang menggunakan AI. Sehingga seluruh aplikasi dan fitur yang bekerja menggunakan AI dapat dijalankan secara lebih baik tanpa harus menghabiskan daya secara berlebihan.

Selain itu, pada prosesor Intel® Core™ Ultra 7 155H juga dilengkapi chip grafis Intel® Arc™ yang dapat memunculkan performa hingga dua kali lipat dibandingkan dengan chip grafis terintegrasi di prosesor Intel® generasi sebelumnya. Chip grafis Intel® Arc™ juga sudah disupport dengan berbagai teknologi grafis modern seperti real-time ray tracing, Xᵉ Super Sampling, bahkan DX 12 Ultimate dan Advanced Media Engine. Tidak hanya dapat mengakselerasi pemrosesan grafis, Intel® Arc™ pada Zenbook DUO (UX8406) juga dapat memproses video encoding yang tentunya sangat penting untuk para konten kreator.

Konektivitas Yang Cukup Lengkap

Meskipun Zenbook DUO (UX8406) merupakan laptop  yang sangat ramping dengan tebal yang hanya 14,6 mm, tapi Zenbook DUO (UX8406) menyediakan berbagai port I/O modern, mulai dari dua port Thunderbolt 4 yang supports display / power delivery, USB 3.2 Gen 1 Type-A, HDMI 2.1 TMDS, hingga combo jack audio 3.5 mm. Untuk urusan webcam sudah FHD camera dengan IR function untuk support ke Windows Hello.

Beberapa fitur lainnya seperti Wi-Fi nya sudah 6E, RAM 16GB LPDDR5X on board, storage 1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 SSD. Dan untuk kapasitas baterai nya 75Wh 4S1P, 4-cell Li-ion yang bisa digunakan dalam penggunaan lebih dari 13 jam. Lalu untuk urusan audionya, Zenbook DUO (UX8406) ini speaker nya sudah menggunakan Sound by Harman/Kardon yang sudah memiliki Dolby Atmos stereo sound system certified.



Hadir dengan sistem operasi Windows 11, ASUS Zenbook DUO (UX8406) juga merupakan laptop berfitur Copilot untuk dukungan AI. Copilot di Windows 11 melengkapi keahlian dan kreativitas Anda dengan bantuan kecerdasan serta jawaban relevan.

Selain itu, sudah dilengkapi Office Pre-Installed, agar Anda bisa nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2021. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya.

Jadi gimana, terbukti kan kalau ASUS Zenbook DUO (UX8406) ini adalah laptop yang sangat mendukung bagi pengguna nya untuk multitasking dan upskiling. Laptop multitasking ini dibanderol dengan harga Rp33.999.000 sudah termasuk jaminan proteksi ASUS VIP Perfect Warranty yang mengcover 100% biaya perbaikan dan sparepart di tahun pertama garansi. Laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) ini sudah bisa kalian dapatkan melalui berbagai channel penjualan resmi ASUS di Indonesia, dan juga ASUS Online Store.

Spesifikasi ASUS Zenbook DUO (UX8406)

"Tulisan ini diikutsertakan dalam ASUS ZenBook DUO Blog Writing Competition di Blog Kang Didno 76"

Komentar