Rekomendasi 7 Glamping Terbaru di Bandung Raya

Glamour Camping ©shutterstock 

Glamping atau kepanjangan dari glamour camping saat ini menjadi sebuah trend terbaru didalam berwisata. Bukan hanya di luar negeri, didalam negeri pun mulai banyak bermunculan tempat tempat yang menyediakan fasilitas glamping yang tentunya sangat menarik untuk dikunjungi.

Lalu seperti apa bedanya glamping dengan camping biasa yang sering kita lakukan? Sebenarnya secara tempat tidak ada yang berbeda, semuanya baik glamping ataupun camping pasti dilakukan di alam terbuka. Hanya yang paling menonjol perbedaannya adalah dari segi fasilitas dan kenyamanan.

Jika kita camping biasa hanya menggunakan tenda ataupun sleeping bag serta hammock, nah dengan glamping fasilitas tempat tidur kita sama layaknya kita sedang menginap di sebuah hotel. Pun begitu juga dengan fasilitas lainnya seperti kamar mandi, toilet, bahkan hingga sofa dan televisi pun tersedia jika glamping.

Di Indonesia khususnya di daerah Bandung kini sudah mulai banyak tempat tempat yang menyediakan fasilitas glamping yang bisa kita datangi dan kunjungi. Dan berikut adalah beberapa glamping tersebut :

1. Trizara Resort

 Source: www.trizararesort.com

Resort yang berlokasi di Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat ini dibangun pada bulan April 2016. Berjarak sekitar 20KM dari pusat Kota Bandung atau sekitar 1 jam dari pintu keluar tol Pasteur Bandung atau Padalarang Timur. Diatas lahan seluas 3 hektar ini dibangun 47 tenda dengan 4 jenis sesuai fasilitas dan peruntukan diantaranya : Tenda Netra (Luxury Camp), Tenda Zana (Honeymoon Camp), Tenda Svada (Family Camp), dan Tenda Nasika (Family Camp).

Selain glamping di Trizara Resort ini juga memiliki beberapa fasilitas lainnya seperti mini bar, meeting room, spot spot instagramable, taman yang hijau. Dengan rate mulai Rp 1.500.000 s/d Rp 2.200.000 disini kita bisa menikmati sejuknya suasana Lembang dengan berlatarkan gunung Tangkuban parahu serta gunung Burangrang.

2. Glamping Lakeside Rancabali

Source : www.satulensa.com

Berjarak sekitar 49 KM dari pusat kota Bandung, para pengunjung bisa menggunakan beberapa jalur alternatif untuk menuju ke lokasi di Rancabali ini. Untuk yang menggunakan mobil bisa masuk melalui jalan tol Soroja dan keluar di pintu tol Soreang. Selanjutnya tinggal mengikuti rambu atau petunjuk jalan menuju daerah Ciwidey - Rancabali.

Untuk yang menggunakan sepeda motor bisa masuk melalui Jalan Kopo - Soreang dan selanjutnya kearah Ciwidey. Yang membedakan Glamping Lakeside dengan glamping lainnya adalah letak glamping nya persis di pinggir danau atau situ Patengang dengan dikelilingi perkebunan teh yang sejuk serta ikon wisata yang begitu terkenal yaitu Pinisi resto.

Ada 4 jenis tenda yang disediakan di Glamping Lakeside Rancabali ini :
- Keong tent dengan rate 1.120K per malam
- Sayang heulang tent 2.016K
- Lakeside tent 1.568K
- Family tent 2.016K

Berada di tepian danau atau situ Patengang di Selatan Kota Bandung dengan cuaca yang sangat sejuk, Glamping Lakeside Rancabali akan memberikan kesan tersendiri ketika kita menghabiskan malam di tempat ini.

3. Glamping Legok Kondang Lodge Ciwidey

www.instagram.com/michellejoirwan 

Glamping Legok Kondang atau biasa disebut Legok Kondang Lodge ini lokasinya tidak terlalu jauh dari Glamping Likeside Rancabali, jika kita berangkat dari arah Bandung, lokasi Glamping Legok Kondang ini berada di daerah Ciwidey atau berjarak sekitar 14 KM dari Glamping Likeside Rancabali. Cuaca daerah Ciwidey yang sangat sejuk menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang ingin menikmati pengalaman menginap di tempat ini.

Dengan berbagai jenis pilihan tenda bisa dinikmati di sini, konsep camping mewah yang disajikan Legok Kondang Lodge memang disajikan dengan cara yang berbeda. Sesuai dengan tagline yang di usung yakni different way to stay, para pengunjung akan mendapatkan hal yang berbeda ketika menghabiskan malam di kawasan Selatan Bandung.

Lengkapnya fasilitas dan aktivitas seru yang ada di Legok Kondang Lodge dengan berbagai macam tenda yang disediakan seperti Standar Tent, Deluxe Tent, New Deluxe Tent, Family Tent, New Family Tent, Family Suite Tent, Luxury Sultan Tent, Luxury Sunrise Tent, Luxury Suite Tent, Luxury tent, Luxury Storm, Luxury Star Tent, Luxury Royal Tent, Luxury Royal Suite Tent, Heavenly King Raj Tent, Heavenly Princess Tent, dan Heavenly Luna Tent.

Khusus untuk tenda tipe Luxury Storm, terdapat kolam renang dan kolam rendam pribadi atau jacuzzi. Keduanya dilengkapi air hangat yang akan memberikan relaksasi pada tubuh kita serta memaksimalkan kenyamanan bermalam di Legok Kondang. Soal harga sewa tenda yang ditawarkan pun cukup bervariatif, mulai dari Rp. 1.165.000 - Rp. 7.000.000 untuk biaya sewa tenda permalam. Disinipun tersedia berbagai fasilitas lainnya seperti Menerbangkan Lampion, Paintball, Shooting Target, Trekking, Tangkap Ikan, Fun Offroad, atau bahkan Rafting.

4. Terminal Wisata Grafika Cikole

Source : www.grafikacikole.com

Daerah Lembang yang sejak dahulu mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan dengan suasana daerah nya yang sangat sejuk menjadi magnet kuat bagi siapapun untuk berkunjung dan menginap disini. Berbicara soal penginapan di Lembang, mungkin TWGC Camping Land menjadi salah satu rekomendasi untuk wisatawan yang ingin menikmati sejuknya kawasan Bandung Utara.

Terletak di kawasan Taman Wisata Grafika Cikole (TWGC), Camping Land ini menawarkan konsep Glamping (Glamour Camping) dengan tenda yang terletak di atas bukit dengan hamparan rumput di sela pepohonan pinus. Ditambah dengan sejuknya udara serta embun yang menyelimuti di pagi hari yang dapat anda dapatkan ketika anda menginap disini. 

Camping Land ini sangat cocok bagi anda yang ingin berwisata camping dengan mengajak keluarga untuk lebih mengenal suasana alam, karena dengan konsep yang lebih exlusive antara perpaduan pondok dan camping. Anda bisa sekedar duduk-duduk di depan balkon sambil menikmati secangkir minuman tradisional bandrek dengan pemandangan hutan pinus yang sejuk berlatarkan Gunung Tangkuban Perahu. 


Tersedia 20 unit Urban Camp untuk kapasitas 4 orang yang bisa anda pilih dengan harga Rp 1.400.000 per malam (belum termasuk tax 15%) dengan fasiltas TV, Breakfast (untuk 4 orang), Mineral Water, Api Unggun (Fasilitas Bersama), Kamar mandi di dalam, dan Air Panas.


5. Mullbery Hill Lembang 

Source : www.mulberry-hill.com

Glamping eksklusif yang luas cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan pengalaman privat lengkap dengan balkon di setiap glamping. Dengan total 10 unit glamping, Anda akan disuguhi oleh pemandangan pegunungan dan view kota Bandung yang indah. 

Mulberry Hill by The Lodge merupakan tempat wisata lengkap untuk liburan bersama keluarga atau teman-teman. Berkunjung ke kawasan ini, pengunjung yang butuh dengan udara dingin, dijamin akan betah dan enggan pulang. Berlokasi di Jalan Maribaya Timur RT/RW: 01/10 No. 1 Cibodas, Lembang, kawasan ini dekat dengan beberapa tempat wisata hits di Bandung. Seperti Bukit Moko, Tahura Juanda, Tebing Keraton dan Kebun Begonia.

Mulberry Hill by The Lodge menyediakan tiga pilihan tempat menginap: villa, village dan camping ground. Ketiganya punya fasilitas yang berbeda. Seperti villa yang lebih cocok untuk liburan keluarga, village yang menawarkan pemandangan dan kesejukan Tangkuban Perahu dan Camping Ground yang lebih dekat dengan alam. Tiga-tiganya, memenuhi kebutuhan siapa saja yang butuh dengan ketenangan.

Untuk harga sendiri di Mulberry Hill by The Lodge dipatok dengan harga 1.750.000,- / malam, mulai check in jam 14.00 dan check out jam 12.00. Dengan layanan fasilitas 1 Kamar Tidur, 1 Kamar Mandi (pancuran, penghangat air), 1 buah TV, minuman sambutan, sarapan istimewa untuk 2 orang, dan gratis tiket masuk The Lodge Maribaya untuk 2 orang.
 

6. Pineus Tilu Riverside Camp Pangalengan

Source : instagram@puteri.babytri

Bagi anda yang ingin piknik sambil berkemah atau glamor camping alias glamping sambil menikmati aliran sungai dan hutan pinus yang deras, lokasi ini bisa jadi pilihan. Namanya Pineus Tilu Riverside Camping. Terletak di Pulosari, Kecamatan Pangalengan. Objek wisata ini cocok buat pencinta alam karena bisa menginap di tepi Sungai Palayangan dan kelilingi hutan dengan pepohonan rindang.

Bagi Anda yang ingin bermalam, tidak perlu repot membawa tenda, karena pengelola wisata Pineus Tilu telah menyediakan tenda yang cukup untuk 4-6 orang. Di dalam tenda telah disediakan bantal dan kantong tidur. Tempatnya yang cukup luas, bisa dimanfaatkan untuk memasak atau berbeqeu, lho! Tempat berkemah tersebut bahkan juga menyediakan fasilitas kamar mandi dengan air panas.

Di Pineus Tilu Riverside pengunjung akan merasakan sensasi kemping ditenda dipinggir sungai Palayangan dan Hutan Pinus Rahong Pangalengan. Para pengunjung akan merasakan sejuknya suasana alam hutan pinus yang masih alami ditemani dengan gemericik air dari sungai Palayangan. Yang lebih menarik adalah disungai Palayangan sering dilewati oleh perahu arunng atau rafting yang berawal dari situ Cileunca.

Sementara tendanya beralaskan kayu yang menyatu dengan sungai. Meskipun kemping dipinggir sungai, untuk keamanan air sungai Palayangan dijamin aman tidak akan terjadi banjir bandang. Karena debit air sungai Palayangan berasal dari situ Cileunca dan terdapat bendungan yang bisa diatur besar kecilnya. 

Untuk menikmati tempat kemping ini biayanya sekitar Rp500.000 hari biasa dan Rp650.000 untuk Sabtu-Minggu (standar tenda untuk empat orang)/sudah termasuk sarapan. Harga bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk fasilitas pendukungnya ada toilet, parkiran, dan lainnya. Fasilitas lain yang tersedia didalam tenda adalah stop kontak, cussion set, bantal, sleeping bag, matras, sarapan pagi dan makam malam, hammock. memancing, lampu, air hangat, area parkir (25-30 mobil), barbeque. 

Bagi yang ingin menuju ke Pineus Tilu Riverside Camping dari arah Pangalengan terus menuju Situ Cileunca dan sebelum ke Situ Cileunca ambil jalur kanan ke arah perkebunan teh. Kemudian masuk ke kawasan Hutan Rahong. Di sini sudah dikenal nama wisata Kampung Singkur yang menyajikan petualangan rafting hingga camping. 

Bagi yang menggunakan mobil pribadi untuk menuju lokasi dari tol Purbaleunyi keluar tol Soroja. Dari keluar GT Soreang ambil kiri ke arah Jln. Soreang – Banjaran, di Alun-Alun Banjaran belok kanan ke arah Cimaung – Pangalengan – Situ Cileunca – ambil arah kanan Situ Cileunca – Hutan Pinus Rahong. Parkir sekitar 100 meter dari lokasi, jadi harus jalan kaki. Kalo motor bisa langsung parkir di dalam lokasi.

7. Kala Senja Cimahi

Source : Instagram @kalasenja

Ternyata di kota Cimahi saat ini sudah mempunyai tempat yang menyediakan glamour camping alias glamping. Tempat ini menawarkan pengalaman menginap ditengah taman yang asri dengan ditemani pemandangan perbukitan hijau dengan background Gunung Tangkuban Perahu yang sangat cocok untuk melepas penat, apalagi udaranya yang segar dan sejuk bisa membuat fresh pikiran.

Masih satu lokasi dengan Alam Wisata Cimahi, Kala Senja ini baru beroperasi pada bulan Juni kemarin sehingga masih belum banyak orang yang belum mengetahui tentang tempat camping senyaman ini. Ketika berada di tempat ini kamu akan dibuat nyaman dengan fasilitasnya yang cukup lengkap, selain itu kamu juga bisa lebih dekat dengan alam karena memang tempatnya berada di tengah taman yang tenang dan jauh dari kebisingan suara kendaraan.

Untuk tendanya sendiri berjejer rapi dan cukup besar dan bisa muat hingga 4 orang karena disediakan 2 Beds dan tendanya dibagi menjadi dua jenis yaitu Arunika Tent dan Sandyakala Tent. Yang pertama Arunika Tent, ukuranya cukup kecil yang mana sangat cocok buat kamu coba bersama pasangan atau teman dan bentuknya seperti tenda-tenda pada umumnya yaitu berbentuk segitiga.

Sedangkan Sandyakala Tent, ukuranya lebih besar serta disediakan 2 Queen Beds sehingga sangat cocok dicoba oleh 1 keluarga dan bentuknya seperti Lumbung dan mungkin mengambil konsep dari rumah adat tradisional suku sasak di Lombok. Untuk harga Arunika Tent dipatok dengan harga Rp 550.000/malam (weekdays), Rp 650.000/malam (weekends) termasuk hari libur.

Itulah beberapa glamping terbaru yang ada di kawasan Bandung Raya yang bisa dijadikan rekomendasi bagi para pembaca untuk menghabiskan masa liburan di Bandung. Semoga bermanfaat dan tetap jaga prokes ketika berwisata. Have a nice weekend.

Comments

  1. Baru tahu yang di Cimahi itu, padahal deket dari rumah.

    ReplyDelete
  2. Wow jadi gaya hidup baru yah sekarang. Sigana slogan Kemping: Tara Mandi, Loba Daki hilang nih ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜†

    ReplyDelete
  3. Aku udha incer lama yg Ciwidey, pengen rasain yg luxury mas, tapi bookingan ya full Ampe akhir tahun gilaaa ๐Ÿคฃ. Aku belum Nemu lagi bulan yg cocok. Ntr mau cari pas February deh, pas ultah suami. Itu tempatnya memang mewah sih, tapi worth it lah Ama harga. Aku PGN stay di sana Krn ada jacuzzi dan pool private. Enak, anak2 bisa bebas berenang ๐Ÿ˜„

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts