7 Jajanan Dan Kuliner Khas Yang Wajib Dicoba Ketika Berkunjung Ke Kota Bandung

 


Seperti kita ketahui Bandung menjadi salah satu tujuan liburan paling favorit di Jawa Barat. Selain dikenal sebagai kota mode, Bandung juga dikenal kota dengan industri kreatif yang sudah diakui dunia.

Untuk soal kuliner tidak perlu ditanya lagi. Bandung merupakan surga bagi para pecinta kuliner yang ingin memanjakan lidah dengan keunikan dan keanekaragaman kuliner yang tersedia.

Bandung mempunyai cita rasa yang unik untuk ditawarkan kepada pecinta kuliner manapun. Kira kira kuliner apa saja yang tidak boleh dilewatkan saat berada di Kota Bandung?.

Berikut adalah beberapa kuliner dan jajanan khas dari Kota Bandung yang berhasil saya rangkum dari berbagai sumber sebagai rekomendasi.

1. Batagor
Batagor Bandung


Salah satu kuliner yang bisa dibilang legendaris di Bandung adalah Batagor. Singakatan dari baso tahu goreng , adonan batagor ini terbuat dari ikan dan tepung tapioka. Kemudian adonan tersebut dibungkus dengan kulit pangsit atau tahu kemudian di goreng. Batagor bisa disajikan dengan saus kacang ataupun bumbu kuah. Tempat penjual batagor yang terkenal di Bandung diantarnya Batagor Ihsan, Batagor Kingsley, atau Batagor Riri.

2. Mie Kocok
Mie Kocok Bandung


Jangan bilang kalau ada dari pembaca yang belum pernah mencoba mie kocok khas Bandung ini. Hidangan ini menjadi kuliner wajib ketika berkunjung ke Kota Bandung. Kuah nya sendiri direbus dengan daging, tulang, beserta sum sum sapi hingga menjadi kaldu yang gurih. Mie kocok biasanya disajikan dengan mie gepeng, tauge, iga dan kikil sapi. Mie kocok yang terkenal di Bandung diantaranya : Mie Kocok Persib, Mie Kocok Mang Dadeng, Mie Kocok SKM, dan Mie Kocok Cepay. Ketika kaldu sapi kental bertemu mie, siapkah untuk mencobanya?.

3. Bajigur
Bajigur 


Minuman yang sangat direkomendasikan ketika sore atau malam hari ini terbuat dari campuran saantan, gula aren, jahe, dan daun pandan. Dibeberapa daerah sering ditambahkan irisan kolang kaling sebagai isian bajigur tersebut. Biasanya disajikan panas, dengan pisang kukus, kacang rebus, ubi, atau rangesing. Hampir disetiap daerah selalu ada yang menjajakan bajigur baik dengan dipikul ataupun memakai roda.

4. Lotek
Lotek Bandung


Ada anekdot yang orang Sunda bilang bahwa lotek itu “salad” nya orang sunda. Karena lotek adalah hidangan otentik Bandung. Bahan dasar lotek biasanya dari berbagai sayuran matang seperti kangkung, genjer, kol, atau ditambah tauge. Yang menjadikan lotek ini khas dan unik adalah saus kacang-nya yang menggunakan gula nerah, jeruk limau, air asam, bawang putih, dan kencur. Salah satu tempat lotek yang terkenal di Bandung adalah Lotek Kalipah Apo, Lotek Macan, Lotek Tjihapit, dan Lotek Alkateri.

5. Es Cendol
Es Cendol


Minuman legendaris ini memang sudah terkenal sejak tahun 70-an, di Kota Bandung ada orang akan lebih mengenalnya dengan nama keren “Cendol Elisabet”. Berbahan dasar dari tepung sagu dan daun suji sebagai pewarna alami untukmendapatkan warna hijau cerah. Buliran-buliran yang dihasilkan dari bahan yang disaring ini dipadukan dengan santan cair, gula merah, dan es batu. Biasanya es cendol ini dijadikan sajian pencuci mulut, atau minuman disaat siang hari yang panas.

6. Cuanki
Cuanki Bandung


Jika kita melihat dari tampilannya, sepintas cuanki ini mirip dengan baskso malang. Tetapi jika kita teliti lagi lebih dalam, banyak perbedaan antara cuanki dan bakso malang. Dalam satu mangkok cuanki isisnya terdiri dari bakso kecil, siomay kukus, siomay goreng, tahu goreng, tahu rebus, dan tambahan mie. Semuanya disiram dengan kuah cuanki yang lebih terasa gurih dibanding dengan bakso malang. Cuanki Serayu, Cuanki Oten, Cuanki Wildan, serta Cuanki CLBK adalah rekomendasi bagi anda yang ingin menikmati cuanki nikmat dan hits di Bandung.

7. Es Goyobod
Es Goyobod


Satu lagi jajanan otentik yang wajib dinikmati jika sedang berada di Bandung, yupp es Goyobod. Bahan dasar goyobod ini adalah adonan hunkue atau sagu aren yang kenyal dipotong kotak-kotak kecil dengan ditambahkan kuah santan, susu kental manis, serta serutan es. Gak cuma itu aja, biasanya ada tambahan buah alpukat, kolang kaling, roti tawar, dan pacar cina. Dipatok dengan harga mulai dari Rp. 5000,- es goyobod ini jadi sajian menyegarkan ketika cuaca siang sedang terik-teriknya.

Itulah beberapa jajanan atau kuliner yang menjadi ciri khas Bandung dan semua jenis kuliner bisa anda temukan di kota ini. Mulai dari makanan khas tradisional, jajanan unik, hingga banyak tempat dengan suasana yang tidak bisa ditemukan di kota lain. Jadi, sudah memutuskan tanggal berapa akan berkunjung ke Kota Bandung? Dan kuliner apa saja yang akan dipilih untuk dinikmati nanti?. Karena ada banyakalasan untuk datang ke Bandung, dan wisata kuliner adalah salah satunya.




Comments

  1. Waaah favorit sayah wungkul ini mah

    ReplyDelete
  2. Weekend kemarin padahal ke Bandung, tapi cuma Magetan di Lembang mas ๐Ÿ˜‚. Boro2 nyicipin kuliner yg khas, yg ada makannya di kafe2 yg jualannya ga ada kuliner khas. Mau turun ke kotanya kok mager, hujan Mulu hahahaha.

    Kangeeen aku Ama mie kocok Bandung :). Trakhir makan itu bareng temen, tapi aku lupa lokasi yg mana. Ngikut temen aja yg lebih tahu Bandung :D.

    ReplyDelete
  3. Saya punya tetangga orang Bandung, pintar masak dan rajin beraktivitas di dapur. Selamat malam.

    ReplyDelete
  4. semuanya sudah coba dan enak sekali

    ReplyDelete
  5. Dari semuanya aku baru pernah nyobain 3 doank seperti Batagor, Bajigur sama Lotek sisanya belum, pengen sih nyobain semuanya tapi susah nemu kuliner khas Bandung dikota Dumai.

    ReplyDelete
  6. Kok ga ada martabak nya kang? hehehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts