Manfaat Puasa Daud Bagi Kesehatan Tubuh


"Lambung kaka kumat lagi" sahut Ficky sepupu perempuan ku sambil meringis memegang perutnya. Bukan hal baru sih kalau Ficky sering banget kumat maag nya, selain pola makan nya yang sedikit jelek, jadwal makan nya pun ternyata berantakan habis kaya kapal pecah hehehe. Sudah macam-macam obat yang diminum untuk meredakan nyeri lambung tapi hanya beberapa saat saja. 

Sesudah efek obatnya habis, sakit di lambung nya kembali menjadi. Karena tidak tega melihat Ficky terus menerus terkena gangguan lambung, aku sarankan supaya Ficky berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu. Kebetulan aku teringat aplikasi HaloDoc yang ada di handphone yang aku pikir sangat bermanfaat.


Ketika berkonsultasi dengan beberapa teman yang berprofesi sebagai dokter melalui aplikasi HaloDoc, mereka justru menyarankan Ficky untuk melakukan puasa Daud atau puasa selang-seling, setiap dua hari sekali untuk mensiasati keluhan sakit maag nya. Nah kalau kita sebagai orang awam mungkin bingung, orang sakit maag kok disuruh puasa alias gak makan ataupun minum?. Jangan salah ternyata banyak sekali manfaat dari berpuasa daud ini untuk kesehatan tubuh kita, selain bisa menurunkan berat badan dan memperbaharui sel sel baru didalam tubuh, puasa daud juga bisa mengurangi resiko terjadinya diabetes tipe 2.

Secara ilmiah saat kita berpuasa tidak makan dan minum selama beberapa waktu, kadar insulin di dalam tubuh kita akan menurun, akan tetapi kadar hormon pertumbuhan dan norepinefrin akan meningkat. Hal ini memicu tubuh untuk memecah lemak dan menggunakannya sebagai sumber energi. Berpuasa juga akan meningkatkan metabolisme kita, sehingga tubuh kita akan membakar lebih banyak kalori. Yang jadi masalahnya justru ketika kita berbuka puasa, kita mengkonsumsi berbagai makanan yang berlemak dan mengandung kadar gula yang tinggi, dan itu sama saja memperlambat proses pembakaran kalori yang dari awal dilakukan ketika berpuasa.


Ohh iya diawal aku sempat bahas soal aplikasi HaloDoc untuk membantu sepupu aku berkonsultasi tentang penyakit lambung nya. Halodoc merupakan aplikasi kesehatan yang memberikan solusi kesehatan lengkap dan terpercaya untuk memenuhi kebutuhan kesehatan kita yang juga memfasilitasi interaksi antara dokter dengan pengguna yang memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk menemui dokter mereka kapan saja. HaloDoc memberikan pilihan ribuan dokter ahli sesuai dengan spesialisasinya masing-masing dengan persyaratan telah memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) dan Surat Izin Praktek (SIP). Disisi lain, pengguna HaloDoc bebas memilih dokter sesuai dengan kebutuhan dengan biaya yang bervariasi, dengan tarif yang telah ditetapkan oleh para dokter. HaloDoc memberikan kebebasan kepada pengguna untuk bisa memilih beberapa fitur seperti fitur voice, video call atau chat untuk dapat berkomunikasi dengan dokter.  

HaloDoc juga memiliki fitur Directory dimana pengguna bisa menemukan informasi lengkap mengenai dokter, rumah sakit dan klinik terdekat. Kerennya aplikasi HaloDoc juga terintegrasi dengan aplikasi ApotikAntar, platform yang menghubungkan pengguna dengan apotek resmi terdekat lengkap dengan layanan antar yang cepat, aman dan nyaman. Serta aplikasi Lab, yang memberikan kemudahan pengguna untuk memesan jasa laboratory test dari laboratorium resmi yang dapat dilaksanakan dimana saja.


Dengan berbagai metode pembayaran seperti Credit Card, DOKU, ePay BRI & ATM Transfer yang bisa pengguna gunakan ketika melakukan top up saldo pada akun aplikasi HaloDoc sehingga pengguna bisa tetap berinteraksi langsung dengan dokter tanpa rasa was-was. HaloDoc selalu unggul dalam mengedepankan kemudahan pelayanan untuk melakukan interaksi langsung dengan para dokter ahli. Untuk mendapatkan aplikasi HaloDoc ini kita dapat mengunduh aplikasi HaloDoc di App Store bagi pengguna Apple, dan bagi pengguna Android bisa Anda dapatkan di Google Play.

Comments

  1. Selama pandemi ini saya seringnya pakai halodoc melulu nih, baik konsultasi dengan dokter, apalagi ratenya terjangkau pula.
    Juga bisa pesan obat-obatan langsung, cepat dan mudah serta praktis.

    Juga kalau mau cari tahu artikel kesehatan terpercaya langsung buka halodoc :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh asik nih ada testimoni langsung dari mba rey soal Halodoc

      Delete
    2. Iya kak, selama pandemi saya juga sering pakai Halodoc untuk cek berbagai artikel kesehatan dan kadang konsultasi dokter.

      Delete
  2. Sebagai dokter, saya ini tidak paham.
    1) Yang menyarankan untuk puasa Daud itu, para dokter yang kebetulan bekerja di aplikasi HaloDoc?
    2) Ataukah yang menyarankan untuk puasa Daud itu, dokter yang melayani kerabat Diaz di aplikasi HaloDoc?

    Kalau memang benar bahwa yang terjadi adalah yang nomor 1), maka berapakah jumlah dokter di aplikasi HaloDoc yang sama-sama bersuara menyarankan puasa Daud?
    Mengapa dokter-dokter di HaloDoc ini masuk ke protokol puasa Daud, padahal konsensus para dokter seIndonesia memutuskan bahwa yang disarankan adalah puasa, tapi bukan spesifik puasa Daud yang hanya spesifik untuk agama tertentu?
    Dan yang lebih bikin penasaran lagi, berapa jumlah dokter di Halodoc yang dihubungi Diaz untuk keluhan maag kerabat Diaz ini?

    ReplyDelete
  3. Memang puasa kalau dilakukan dengan benar malah banyak manfaatnya ya. Btw, Halo Doc ini aplikasi yang paling sering kutuju saat lagi cari info kesehatan sih. Soalnya menurutku paling komplit dan artikel-artikelnya juga bagus.

    ReplyDelete
  4. puasa ini sebenarnya seperti body detox sekalian mengistirahatkan pencernaan dan ngebuat fungsinya balik lagi. Kalau dilakukan rutin bisa bikin sehat dong ya

    ReplyDelete
  5. Aku belum pernah coba praktekan puasa Daud, hehehe. Pernah dengan siy katanya bagus untuk detox, karena banyak dari kita yang kurang sehat gaya hidupnya, termasuk aku siy, hehehe. Mestinya dicobain juga kali ya

    ReplyDelete
  6. Saya sering pakai aplikasi Halodoc untuk sekadar mencari tahu soal info atau artikel kesehatan, bahkan membandingkan harga biaya perawatan di faskes pun dengan Halodoc. Mudah.

    ReplyDelete
  7. Beberapa orang di keluarga saya juga udah membuktikan sih kalau puasa bener2 bikin sehat hihi. Yg awalnya maag pun udah mulai membaik.
    Noted banget kak

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts