Serunya Cobain Aplikasi Jagat : Lihat Lokasi Orang Yang Disayang Secara Real Time

Berbicara soal perkembangan teknologi, di era digital yang semakin maju ini aplikasi menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kita. Salah satu aplikasi yang menarik perhatian saya sendiri adalah aplikasi "Jagat." Aplikasi yang diluncurkan pada Maret 2023 oleh pengembang PT. Avatara Jagat Nusantara ini adalah aplikasi media sosial yang berfokus pada fasilitas share lokasi real time tanpa harus kita sendiri yang mengirimnya. 

Saya mengetahui aplikasi Jagat ini ketika sempat viral di beberapa negara seperti Jepang, Vietnam, dan Taiwan. Dalam ulasan ini, saya akan memberikan gambaran beragam fitur dan manfaat yang Jagat tawarkan  bagi penggunanya. Yukk kita simak bersama-sama.


Pas awal install aplikasinya yang membuat saya langsung tertarik adalah dengan logonya Jagat ini yang eye catching banget, sekilas seperti logo frenchise perusahaan minuman ha*s (hahaha saya dulu ngiranya ini aplikasi pesanan kuliner karena logonya tuh hampir sama kaya tempat minuman). 


Tampilan antarmuka pengguna (UI) menurut saya adalah salah satu aspek penting dalam sebuah pengalaman pengguna sebuah aplikasi. Dan Jagat memahami hal ini dengan baik. Ketika kita pertama kali membuka aplikasi ini, kita akan disambut dengan tampilan bola dunia yang seolah merepresentasikan kita akan memasuki jagat raya. 


Sekilas aplikasi Jagat ini hampir mirip dengan aplikasi maps google dimana kita bisa berkontribusi menambahkan tempat baru ataupun melihat history tempat yang pernah dikunjungi. Namun yang menjadi point keunggulan Jagat adalah bisa mengetahui lokasi keluarga, anak, pasangan, teman atau sahabat secara realtime dan juga jelas. 

Lokasi nya pun bisa bergerak dan nyata jelas nampak di smartphone, sesuai dengan aktivitas mereka dan inilah yang menjadi ciri khas dari aplikasi Jagat ini. Sehingga kita tidak bisa bohong ketika sedang berada dimana hehehe.

Beberapa Fitur Utama Di Aplikasi Jagat
Salah satu hal yang membuat Jagat menonjol dan berbeda dengan aplikasi yang lainnya adalah beragam fitur yang ditawarkannya. Di antara fitur-fitur utamanya adalah:


Location Sharing

Fitur utama di Jagat ini yang pertama adalah location sharing, sepintas hampir mirip aplikasi maps pada umumnya. Dengan menggunakan titik lokasi yang akurat, kita bisa melihat posisi anak, suami, sahabat dan keluarga atau siapa saja yang kita ingin tahu keberadaanya ada dimana, dan itu semua jelas terlihat di maps aplikasi. 


Selain bisa digunakan untuk melacak lokasi, kita juga bisa melihat persentase baterai smartphone temanmu di UI maps Aplikasi Jagat lho. Karena memang aplikasi Jagat ini memberikan informasi dengan sangat detail serta real time. Bagaimana, menariknya bukan?

Cheers Feature

Fitur ini sudah ada di Zenly, namanya “Bump”, jadi sekarang Jagat juga memperkenalkan fitur ini dengan nama “Cheers”. Penggunaannya sangat sederhana, cukup menggoyangkan smartphone  dengan teman pada jarak hingga 200 m, notifikasi  akan terkirim ke semua  teman. 

Fitur ini membantu pengguna dengan mudah berbagi momen dengan teman, pasangan, dan sahabat sehingga mereka  tahu  kita sedang menghabiskan waktu bersama.

Add Friends via Rekomendasi Friend

Bagi pengguna baru yang mendownload aplikasi Jagat dan masih belum mempunyai teman, tenang don`t worry be happy karena di aplikasi Jagat ini kita bisa menambah teman melalui foto atau video NOW yang diupload sama temen-temen pengguna yang lain. Caranya tinggal nyalain aja radar mode diaplikasi Jagat kalian, terus klik foto profile, tinggal add friends deh. Gampang kann!.

Post Now

Ini adalah fitur yang semakin disukai oleh pengguna Jagat terutama anak muda karena fitur NOW ini bisa digunakan untuk upload foto yang kamu mau secara real time, baik itu selfie maupun foto lingkungan sekitar. Jadi ketika foto di upload bisa langsung terlihat oleh teman - teman dalam aplikasi Jagat. Ohh iya untuk upload satu gambar hanya bisa setiap 24 jam sekali di fitur NOW ini. 

Dan kita bisa upload foto dan video secara realtime, terus pilihan foto atau video yg diupload bisa diposting untuk umum jadi orang-orang yang ngga temenan sama kita juga bisa liat, atau bisa juga khusus untuk temen kaya close friends gitu lhoo.

Emoji Bomb

Aplikasi Jagat juga memberikan fitur emoji layaknya aplikasi chat pada umumnya. Fitur ini disebut Emoji Bomb yang bisa digunakan untuk berinteraksi dengan pengguna Jagat lainmya. Sudah pasti kebayang kan menyenangkannya ngasih emoji bomb ke teman-teman di Jagat dong hehehe.


Lifetime Footprint
Fungsi ini memungkinkan kita untuk memasukkan tempat-tempat yang pernah kita kunjungi, jadi semacam jalur perjalanan.

Setiap jejak perjalanan kita akan tersimpan dalam sejarah fitur ini. Fitur ini akan memudahkan Anda melacak dan mengingat tempat-tempat yang pernah Anda kunjungi.

Public Places
Fitur selanjutnya adalah Public Places, yaitu fitur yang memberikan lokasi  kita dan akan berubah tergantung  dengan siapa aplikasi tersebut bekerja.

Fitur Public Places ini memberikan informasi umum yang diperlukan, tentunya informasi tersebut berdasarkan informasi yang  dibagikan oleh pengguna.

Personal World
Dalam fitur Personal World ini seperti kita menciptakan dunia kita sendiri, bayangkan betapa hebatnya jika kita bisa menciptakan dunia kita sendiri berdasarkan tempat-tempat yang pernah kita kunjungi.

Ubah Map Peta

Saat pertama kali kita menginstal aplikasi Jagat, semuanya pengaturannya pasti default sehingga kita harus mengubah map peta. Caranya tinggal kita klik pengaturan lalu klik design your Jagat, setelah itu akan muncul map style. Nah baru setelah itu tinggal disesuaikan tampilan dan desain dengan keinginan kita sendiri.


Jadi itulah beberapa fitur utama dari aplikasi Jagat yang sangat mudah untuk dipahami dan juga sangat mudah untuk menggunakannya. UI yang ramah bagi pengguna membuat aplikasi ini mudah dinavigasi, bahkan bagi pengguna yang baru pertama kali mencoba aplikasi Jagat ini.

Pengalaman saya pribadi selama menggunakan aplikasi Jagat sejauh ini cukup positif. Selain kita bisa mengecek tentang histori perjalanan, misalkan posisi ketika jam sekian kita sedang berada dimana. Kita juga bisa tahu kondisi smartphone orang lain sampai kondisi persen baterai juga kelihatan loh. Aslinya keren pisan lah.


Secara garis besar kesimpulannya, Jagat adalah platform sosial apps yang digunakan untuk berinteraksi secara virtual, memperluas pertemanan, dan bertemu dengan komunitas yang sesuai minat kita. Karena sekarang ada fitur planet yang isinya adalah foto atau video dengan interest yang sama, jadi kalian bisa kenalan satu sama lain deh!

Keamanan dan privasi data pengguna adalah hal yang sangat penting dalam dunia digital saat ini. Dan Jagat pastinya sudah menempuh langkah-langkah ekstra untuk memastikan bahwa data pengguna aman. Ini termasuk enkripsi data, perlindungan terhadap serangan siber, dan kebijakan privasi yang jelas.

Buat yang penasaran bisa langsung saja download di Google Play atau App Store. Aplikasi Jagat ini selain bisa digunakan untuk Android, juga bisa diakses di iOs. Biar lebih jelas bisa langsung cek di website https://www.jagat.io/ & blog.jagat.io, atau sosial media nya Instagram : @jagatapp_id dan Tiktok : @jagatapp_id






Komentar