Mengenal 10 Jenis Alpukat Yang Ada Di Indonesia


Avokad (Persea americana) atau alpuket (Jawa Barat), alpokat (Jawa Timur/Jawa Tengah), boah pokat, jamboo pokat (Batak), advokat, jamboo mentega, jamboo pooan, pookat (Lampung) adalah tanaman dengan nama dan buah yang sama yang termasuk kedalam marga persea.
Tanaman alpukat berasal dari dataran rendah/tinggi Amerika Tengah dan diperkirakan masuk ke Indonesia pada abad ke-18. Secara resmi antara tahun 1920-1930 Indonesia telah mengintroduksi 20 varietas alpukat dari Amerika Tengah & Amerika Serikat untuk memperoleh varietas-varietas unggul guna meningkatkan kesehatan & gizi masyarakat, khususnya di daerah dataran tinggi.

Buahnya bertipe buni, memiliki kulit lembut tak rata berwarna hijau tua hingga ungu kecoklatan, tergantung pada varietasnya. Daging buah alpukat berwarna hijau muda dekat kulit dan kuning muda dekat biji, dengan tekstur lembut.

Selain memiliki kandungan gizi yang tinggi serta rasa yang enak, ternyata alpukat juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Dan berikut adalah 10 macam alpukat yang ada dan sudah dikembangbiakkan di Indonesia : 
1. Alpukat Mentega
jual-bibit-alpukat-mentega.jpg
Alpukat Mentega 

Alpukat Mentega tergolong dalam buah alpukat yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Alpukat mentega termasuk ke dalam jenis alpukat unggulan karena memiliki buah dengan daging yang tebal, bertekstur kenyal tak berair, warna kuning pada buahnya tampak bersih tanpa cacat dan serupa dengan mentega.

Buah Alpukat Mentega untuk urusan besar buah memiliki rata-rata sekitar 600 gram per buah. Alpukat Mentega memiliki bentuk membulat dengan bagian pangkal dan ujung agak membulat pula. Ukuran, khususnya panjang buah ini sekitar 13 hingga 17 sentimeter dan diameter buah 10 hingga 14 sentimeter, sedangkan tebal kulit buah hanya 1 mm dan tebal daging buah mencapai 1.9 sampai 2.1 sentimeter. 

Buah jenis ini tak berbeda dengan alpukat jenis lainnya, meski buah ini memiliki kadar protein 1.37% dan kadar lemak 7.58%. Alpukat Mentega ini dapat berbuah amat rajin sepanjang tahun dan tingkat produksi buah yang berusia dewasa mampu menghasilkan 350 sampai 450 buah per pohon atau sekitar 225 kilogram per pohon.
2. Alpukat Wina
jual-bibit-alpukat-unggul-wina.jpg
Alpukat Wina

Alpukat wina adalah jenis alpukat lokal yang dibudidayakan pertama kali oleh kelompok tani di Desa Jetis, Kabupaten Semarang. Pada dasarnya merupakan tipe alpukat mentega dengan warna kulit hijau mengilap dan tebal. Bentuknya agak bulat, ukuran jumbo dengan berat mencapai 1,5 – 2 kg per buah. Dengan rasa nikmat, lembut, gurih, dan sedikit manis, tidak heran jika alpukat wina dinyatakan memiliki kualitas super.

Baca juga : TINGKATKAN METABOLISME TUBUH DIMASA PANDEMI DAN MENCEGAH PERADANGAN DENGAN KONSUMSI TAURINE

3. Alpukat Miki

Alpukat miki merupakan salah satu jenis alpukat unggul khusus dataran rendah yang telah dikembangkan oleh Pusat Kajian Buah-buahan Tropika IPB dengan peneliti Dr. Sobir dan kawan kawan. Tanaman alpukat miki ini mempunyai buah berukuran besar yang rata-rata mencapai berat 400-600 gram/buah. Buah alpukat miki memiliki tampilan daging buah tebal berwarna kuning dan mempunyai manis tanpa rasa getir.

Selain termasuk jenis alpukat khusus dataran rendah, tanaman alpukat miki ini juga memiliki sifat yang genjah atau mudah berbuah. Tanaman alpukat miki dapat mulai menghasilkan buah pada saat usia 2 – 3 tahun saja, dimana lazimnya tanaman alpukat akan mulai memasuki masa produksi pada usia di atas 5 tahun.
4. Alpukat Hass
Alpukat Hass 

Alpukat Hass adalah jenis alpukat yang berasal dari Australia. Alpukat yang satu ini diberi nama Hass berdasarkan penemunya, seorang ahli holtikultura bernama Rudolph Hass. Buah alpukat yang satu ini dari bentuk dan warnanya sangat mudah dibedakan dengan jenis alpukat lainnya.

Ada beberapa keunggulan alpukat Hass, selain rasa buahnya yang sangat lezat, kandungan minyak yang ada didalamnya sangat tinggi. Selain itu juga daging buahnya sangat pulen serta tidak mudah busuk. Untuk penjualan, harga jual buahnya lumayan sangat tinggi.
Untuk pohon nya sendiri mudah berbuah dan tingkat produktivitas buahnya lumayan tinggi. Dan peluang alpukat Hass ini di pasar nasional maupun internasional masih terbuka lebar. Karena faktor rasa, jumlah panen yang tinggi, dan lamanya proses pembusukan, alpukat ini merupakan jenis alpukat yang paling populer dikonsumsi di berbagai belahan dunia. Di Amerika Serikat misalnya, 80% alpukat yang tersedia adalah jenis alpukat Hass. Begitu pula halnya di New Zealand, alpukat jenis ini adalah jenis yang paling banyak ditanam secara luas.

5. Alpukat Jambon
Alpukat Jambon 

Jenis alpukat mentega jambon jika dilihat dari sisi pertumbuhan, alpukat ini tergolong bongsor, banyak cabang, dan ketika tumbuh tunas baru maka pohon ini serentak dari dahan paling bawah sampai atas, ciri khas varian ini jika bertunas muda berwarna pink dalam bahasa jawa jambon.

Dari segi bentuk buah berbentuk oval, yang tak kalah menarik buahnya tahan simpan 5 sampai 7 hari dikarenakan berkulit semi tebal. Dengan berat buah rata-rata 4,5 ons per buah. Salah satu keistimewaan alpukat ini adalah jika berbuah susul menyusul, jika ada buah yang tua maka dibarengi dengan buah yang masih kecil, berbunga dan bakal bunga.


6. Alpukat Pluwang
jual-bibit-alpukat-unggul-greenstar.jpg
Alpukat Pluwang

Buah alpukat pluwang ini memang dari hari ke hari semakin terkenal saja. Lalu apa yang membuat alpukat ini begitu istimewa?. Buah alpukat pluwang ini memiliki keunggulan dengan ukuran buahnya yang super jumbo, bayangkan saja, bobot satu buah alpukat pluwang jumbo ini bisa mencapai berat 2 kg/buah lho.

Selain itu, daging buah alpukat pluwang ini tergolong tebal dengan tekstur yang lebih padat. Yang paling istimewa dari alpukat pluwang ini adalah buah alpukat ini menawarkan sensasi rasa yang lebih manis dan lebih gurih jika dibandingkan dengan jenis alpukat lokal lainnya. Perpaduan antara rasa manis dengan gurihnya daging buah alpukat, membuat buah alpukat pluwang ini membuatnya banyak di buru oleh para penghobi.

Ada banyak gelar yang disandang oleh tanaman buah alpukat pluwang ini antara lain alpukat hawai jumbo, alpukat green star dan alpukat pangeran. Secara tampilan, tanaman alpukat pluwang ini hampir sama dengan jenis alpukat lokal lainnya, hanya saja, tanaman alpukat pluwanga ini terkenal dengan postur tubuhnya yang terbilang pendek sehingga sangat mempermudah saat proses panen. Selain itu, salah satu ciri dari buah alpukat pluwang ini adalah kulit buanhya berwarna lebih hijau gelap dan mengkilap. Tanaman alpukat pluwang ini mempunyai daun yang berukuran 3x lipat lebih besar dibandingkan dengan alpukat lokal, bunganya juga mempunyai ukuran yang lebih besar.
7. Alpukat Mega Murapi
jual-bibit-alpukat-unggul-simanis.jpg
Alpukat Mega Murapi

Ada beberapa kelebihan alpukat Mega Murapi ini. Misalnya, dalam satu pohon bisa menghasilkan 350-450 buah atau setara 180-225 kilogram per pohon setiap tahunnya. Bobot setiap buah 400-600 gram dengan ketebalan daging sekitar dua sentimeter. Rasanya manis, pulen, kering, lembut, warna daging kekuningan seperti mentega, dan warna kulit hijau dengan permukaan kasar.

Alpukat ini juga berbuah terus menerus seperti buah sawo. Bentuk buahnya bulat agak lonjong, tapi bijinya bulat. Cara pembudidayaan terbilang gampang, yakni dengan teknik okulasi atau sambung pucuk. Nah, dari okulasi hingga berbuah memakan waktu sekitar dua tahun. Bandingkan dengan alpukat biasa, yang bisa memakan waktu sampai lima tahun. Tanaman ini pun bisa ditanam di tanah pada ketinggian sampai 600 meter di atas permukaan laut (dpl). Bahkan agak lebih tinggi sedikit dari itu juga masih bisa tumbuh dan berbuah.

8. Alpukat Kendil
Alpukat Kendil 

Alpukat Kendil adalah salah satu jenis unggul alpukat yang berasal dari persilangan antara jenis alpukat Kendal dan alpukat Gunung Pati. Alpukat kendil memiliki ukuran yang tergolong jumbo. Berat rata-rata alpukat kendil adalah sekitar 1,7 kg / buah. Buah maksimum bisa berbobot 2 kg / buah.
Baca juga :  Mengenal Buah Alkesa Buah Langka Dengan Julukan Sawo Walanda

Buah alpukat kendil memiliki rasa yang lezat, termasuk jenis mentok alpukat. Buah alpukat kendil juga menghasilkan tekstur yang tebal dan pulen. Kelebihan lain dari alpukat kendil adalah daun alpukat kendil juga tidak disukai oleh ulat bulu sehingga bagi anda yang takut ulat jangan khawatir.
9. Alpukat Aligator
jual-bibit-alpukat-unggul-aligator.jpg
Alpukat Aligator 
Alpukat aligator adalah salah satu varian dari buah avocado yang cukup unik. Ukurannya buahnya yang besar dan berbentuk kerucut serta bobot buah yang mencapai 1,13 Kg membuat buah ini kerap dijuluki “Giant Avocado”.

Alpukat jenis ini menarik perhatian pecinta buah karena ukurannya yang besar. Tidak hanya posturnya yang besar, buah ini memiliki daging yang tebal. Tidak hanya unggul dalam ukuran, alpukat ini memiliki rasa yang istimewa, karena tidak memiliki rasa pahit. Tekstur buahnya halus dan lembut tanpa serat, menjadikan buah alpukat aligator ini menjadi buruan pecinta buah.

10. Alpukat tanpa biji (Persea americana) 
Alpukat tanpa biji


Sebenarnya alpukat tanpa biji (Persea americana) memiliki ciri-ciri fisik yang sama dengan alpukat berbiji, batang berwarna cokelat dengan daun lonjong berwarna hijau di permukaan atasnya dan kuning kecokelatan di permukaan bawahnya. Bentuk buahnya pun sama dengan alpukat berbiji.

Sampai saat ini bibit alpukat hanya dapat diperoleh secara generatif (melalui biji) dan vegetatif (penyambungan pucuk/enten dan penyambungan mata/okulasi). Dari ketiga cara itu, bibit yang diperoleh dari biji kurang menguntungkan karena tanaman lama berbuah (6-8 tahun) dan ada kemungkinan buah yang dihasilkan berbeda dengan induknya. Sedangkan bibit hasil okulasi maupun enten lebih cepat berbuah (1-4 tahun) dan buah yang didapatkannya mempunyai sifat yang sama dengan induknya.

Untuk alpukat jenis persea americana bisa dikembangbiakkan dengan teknik sambung pucuk atau okulasi. Tanaman alpukat tanpa biji lebih efektif ditanam di tanah yang remah, bersifat lempung berpasir dan banyak mengandung unsur hara.

Itulah 10 jenis buah alpukat yang biasa dibudidayakan serta dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia. Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Komentar

  1. Woalaahh, aku baru tau kalo alpukat itu banyaaaakk jenisnya ya.
    Yg jelas, alpukat ini my comfort food banget
    Syukaakk kalo dibikin jus, atau es campur gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba nurul sy juga tertarik setelah tahu bahwa alpukat itu banyak jenisnya.

      Hapus
  2. Ternyata alpukat ada banyak macemnya ya di indonesia. Dan masing2 bikin aku penasaran pingin rasain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mba aku juga baru nyoba beberapa jenis

      Hapus
  3. tahunya juga alpukat mentega dijus atau dibuat pucok yang diminum saat panas terik wuih mantap banget tuh kang

    BalasHapus
  4. Banyak juga ternyata jenisnya.. dulu aku mengira hanya dua atau 3 jenis saja. Aku kalau beli alpokat masih bingung membedakan jenis-jenisnya, beda dengan mangga hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas soalnya yg biasa dijual paling alpukat mentega

      Hapus
  5. Pernah punya 6 pohon alpukat, tetapi baru tahu ternyata alpukat banyak jenisnya

    Artikel yang bermafaat banget

    BalasHapus
  6. Baru tahu ada banyak jenis apukat. Duh harus mulai hunting dan mencicipi satu-satu nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya di pasar tradisional banyak yg lgsg dari petani

      Hapus
  7. laaah aku baru tau banyak jenis alpukat ya di Indonesia. dan ku etetap tidak bisa membedakan dari mananya. LOL. Isinya sama semuaaa soalnya. Paling alpuket apa tuh yang lonjong-lonjong. kalau yang lain maaah gak bs dibedain deh kalau sama aku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe jgn lupa di subcribe nanti klo beli alpukat bisa lihat artikel ini

      Hapus
  8. Aku gak tahu jenis jenis alpukat ini. Dan aku punya alpukat punya pohonnya tep gak paham mereka jenis apa. Soalnya ada yang Matengnya soklat ada yang masih hijau. Bentuknya juga beda. Yang jelas enak aja kalau dijus. Aku suka dan selalu memeluk mereka agar terus berbuah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh pohon alpukatnya dapet mood booster nih hehehe

      Hapus
  9. Aku baru tahu kalo ada beragam jenis pokat ini. Menarik juga pokat yang tanpa biji ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup alpukat mengikuti jambu dan semangka juga yg ga ada bijinya

      Hapus
  10. Aku baru tahu klo alpukat banyak jenisnya...
    Paling sering makan alpukat mentega

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba jenis yg alpukat mentega biasanya banyak dijual di pasaran

      Hapus
  11. Weleh. Ternyata jenis alpukat ada banyak ya. Saya tahunya cuma alpukat mentega 😆😆 juga baru tahu ada alpukat tanpa biji. ,👍

    BalasHapus
  12. Banyak banget ya ternyata alpukat jenis-jenisnya aku baru tahu mba
    yang paling mahal yang mana mba hehehe yang tanpa biji asik itu, bisa full buahnya banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang miki sama yang non biji lumayan harga pasarannya mba

      Hapus
  13. Aku jadi mikir setelah baca postingan ini, "Biasanya yang aku beli itu alpukat apa yaa...?"
    Hihii...aku gak pernah tau jenis-jenisnya, tapi aku sukaaa buah alpukat.
    Kan salah satu buah yang lemaknya tinggi, jadi cuco buat diet.

    BalasHapus
  14. Ternyata banyak ya jenisnya, setahuku cuma ada 4 macam aja. Tapi paling enak kalo aku sih alpukat mentega. Dilihat dari warnanya, bener gak sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang mendasar bentuk buahnya, warna kulit, dan ketebalan daging buahnya

      Hapus
    2. Alpukat mentega bentuk nya gimana mba Aku penjual buah tp tetep masih terkecoh klo soal alpukat

      Hapus
  15. Informasinya kok menarik banget yah, saya malah mikir semua ya sama aja yang penting enak dan berlemak. Ini namanya juga keren yak, ada pula Miki, Hass apalagi bentuknya menggoda untuk langsung dinikmati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mba kebetulan sy suka buah alpukatalpukat dan iseng nyari jenisnya

      Hapus
    2. Kalau jenis kendil yg sambung pucuk, berapa tahun baru berbuah ?

      Hapus
  16. Ohh ternyata banyak jenisnya ya,, pantes pas aku beli, bentuk dan rasanya agak beda, aku beli alpukat hass,, alpukat hass dalamnya agak keras sih menurut aku, krna dulu sih suka beli alpukat mentega.

    BalasHapus
  17. Dan selama ini aku cuma tau nya alpukat thok tanpa tau jenisnya ada banyak :D. Palingan alpukat mentega lah yg sering denger.

    Ini buah yg paling srg aku olah utk sarapan. Biasanya aku potong dadu dan dicampur Ama muesli. Sarapan sehat :D

    BalasHapus
  18. yang enak tentunya yg kuning and mateng . ehheeh

    BalasHapus
  19. Salam dari alpukat bandar Lampung , info pemesanan 082299282742

    BalasHapus
  20. Mari menanam alpukat untuk investasi masa depan dan untuk menuju Indonesia yg lebih hijau

    BalasHapus
  21. Alpukat di rumah bentuknya panjaaang beda dari semua jenis yg disebut di atas.. Ga tau apa namanya ternyata banyak sekali jenisnya pantesan aja rasa bentuk dan warna dagingnya beda2

    BalasHapus
  22. assalamualaikum.....aku punya alpukat bentuk dan ukuran hampir sama dengan alpuket mentega tapi rasanya sangat legit... kenyal...manis...dan agak kering ..tidak banyak air....kulit agak kasar ..tidak licicn klimis...
    aku mau tanya jenis alpukat apakah yg aku punya ini .? jika belum ada nama ..bisakan nama alpuket saya patenkan....dan caranya bagaimana ? mohon pencerahan

    BalasHapus
  23. aku punya alpuket buahnya lumayan besar bentuk ukuran hampir sama dengan alpuket miki...cuma kulitnya agak kasar buahnya super legit, kadar air nya sedikit , rasanya gurih mantap, warna kuning ...aku mau tanya alpuket jenis apa itu ?

    BalasHapus
  24. Anyway baru tau kalau ada alpukat tanpa biji rasanya gimana ia nyam nyam jadi pengen

    BalasHapus
  25. Kl alpukat yg kulitnya tipis dan warnanya merah setelah tua tu termasuk jenis alpukat apa ya....dhalaman rumah ada 5 pohon buahnya spt ini semua...

    BalasHapus
  26. pingin rasanya nanam buah alpukat yg sangat buanyak ampek ratusan gitu, tp kok msih ragu2 dan takut ya,,??
    takutnya klu tetangga pada marah gitu, soalnya kata berita pohon alpukat harus ditanam di tanah, sedngkan tanahnya punya tetangga semua

    BalasHapus
  27. Ternyata lumayan tau juga aku tentang alpukat. Tahu 7/10. Sayangnya cuma tau modelnya, yg pernah makan cuma beberapa :")

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  29. Jadi tambah tau mengenai per alpukatan

    BalasHapus
  30. Udah lama kayaknya aku ga makan alpukat :D ALpukat mentega kayaknya yang paling wah ya. Apalagi daging buahnya tebal sekali, kenyang deh mengonsumsi beberapa buah.

    BalasHapus
  31. Terimakasih infonya bermanfaat, kebetulan saya sudah budidaya 4 jenis yg jadi buah favorit di Indonesia

    BalasHapus

Posting Komentar